RINGKASAN SEPEKAN

Vino Bastian, IBOMA 2019, hingga nilai buruk Dumbo

Vino Bastian, Buya Hamka hingga Chandra Liow
Vino Bastian, Buya Hamka hingga Chandra Liow | Robotorial /beritagar.id, Green Glow Pictures, Max Pictur

Soal perfilman mendominasi berita dari dunia seni hiburan yang paling menarik perhatian pembaca Beritagar.id sepanjang pekan lalu (24-29 April 2019).

Mulai dari soal film-film Indonesia yang bakal tayang sepanjang April 2019, IBOMA 2019, hingga Vino G. Bastian yang akan berperan sebagai Buya Hamka, berikut adalah ringkasan 6 berita populer dalam sepekan lalu:

Deretan film Indonesia tayang April 2019

Sebuah adegan dari film 27 Steps of May memperlihatkan aktor Lukman Sardi (kiri) dan Raihaanun
Sebuah adegan dari film 27 Steps of May memperlihatkan aktor Lukman Sardi (kiri) dan Raihaanun | Green Glow Pictures, Go Studio

Bulan April akan segera tiba. Ada satu film yang sangat dinanti pada bulan tersebut, yaitu Avengers: Endgame; film terakhir dari fase ketiga semesta Marvel Cinematic Universe (MCU).

Pendahulunya, yaitu Avengers: Infinity War, membuat bioskop se-Indonesia penuh sesak oleh penggemar Marvel. Infinity War berhasil meraup $25,3 juta di negeri ini; kemungkinan merupakan film terlaris sepanjang masa di Tanah Air.

Tak heran jika produser film lokal menghindari Endgame, yang diperkirakan akan tayang pada 24 April. Menurut pantauan Beritagar.id, ada 11 film nasional yang tayang pada bulan April. Hanya ada satu film yang tayang perdana dalam pekan yang sama dengan Endgame, yaitu 27 Steps of May.

Baca selengkapnya disini.

Vino Bastian akan perankan Buya Hamka

Aktor Vino G. Bastian akan memerankan tokoh ulama Buya Hamka dalam film Buya Hamka.
Aktor Vino G. Bastian akan memerankan tokoh ulama Buya Hamka dalam film Buya Hamka. | Andreas Yemmy Martiano /Beritagar.id

Satu lagi biopik tokoh nasional segera hadir. Aktor Vino G. Bastian akan memerankan tokoh cendekiawan Islam, Buya Hamka, dalam film Buya Hamka. Film ini akan diproduksi oleh Starvision dan Falcon Pictures.

Dari segi fisik, Vino berusaha menambah berat badannya agar mirip dengan sang tokoh. Ia juga akan menggunakan prostetik. Ini diperlukan, sebab sosok Buya yang diperankan Vino akan memiliki dua fase kehidupan, yaitu saat muda dan ketika ia sudah jadi tokoh besar.

"Jadi fisiknya itu ada dua fase ketika Buya harus kurus dan lebih berisi. Semoga prostetik ini bisa membantu," ujar suami aktris Marsha Timothy itu.

Baca selengkapnya disini.

IBOMA 2019 cari film terbaik dari deretan terlaris

Sebuah adegan dalam film Dilan 1990 menampilkan aktor Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla
Sebuah adegan dalam film Dilan 1990 menampilkan aktor Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla | Max Pictures

Film laris tak selalu identik dengan kualitas mumpuni. Sebaliknya, film berkualitas memadai belum tentu laris ditonton di bioskop. Sebuah ajang bernama Indonesia Box Office Movie Awards (IBOMA) berusaha menjembatani kedua hal ini.

Digelar tiap tahun sejak 2016, acara ini adalah ajang penghargaan yang bersifat kualitatif dari 10 film terlaris. Dalam IBOMA 2019, yang berhak masuk nomine adalah film-film terlaris pada 2018.

Film-film itu punya cakupan genre yang luas. Mulai drama romantis, horor, drama komedi, hingga film aksi.

Baca selengkapnya disini.

Dumbo menurut kritikus

Sebuah adegan dalam film Dumbo versi live action, yang dirilis di Indonesia sejak Rabu (27/3/2019).
Sebuah adegan dalam film Dumbo versi live action, yang dirilis di Indonesia sejak Rabu (27/3/2019). | Disney

Dumbo telah tayang di Indonesia sejak Rabu (27/3/2019). Film garapan sutradara Tim Burton ini adalah versi live action dari film berjudul sama yang dirilis pada 1941.

Ternyata, Dumbo diponten merah oleh para kritikus. Saat artikel ini ditulis, angka Tomatometer Dumbo di situs pengepul ulasan Rotten Tomatoes hanya 52 persen dengan nilai rata-rata 5,76 dari 10 poin. Dari 82 ulasan, ada 39 yang bernada negatif.

Salah satu kritikus menganggap Burton bekerja tak maksimal, tapi bukan sepenuhnya merupakan kesalahan sutradara Batman Returns (1992) itu.

Peter Travers dari Rolling Stones punya anggapan bahwa Dumbo mungkin merupakan karya Burton yang paling 'manis' tapi juga paling 'aman'.

Burton dikenal sebagai penggarap film dengan tema yang gelap, cenderung bergaya gothic. Sebut saja Batman (1989), Beetlejuice (1988), Edward Scissorhands (1990), Ed Wood (1994), The Nightmare Before Christmas (1993), dan Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007).

Baca selengkapnya disini.

Chandra Liow tertantang film Hit N Run

Chandra Liow berkesempatan adu akting dengan Joe Taslim dalam film Hit N Run
Chandra Liow berkesempatan adu akting dengan Joe Taslim dalam film Hit N Run | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Spesialis kreator konten di YouTube, Chandra Liow, akhirnya tergugah kembali bermain film. Judulnya Hit N Run. Masih punya kadar komedi seperti filmnya terdahulu, hanya kali ini lebih menantang karena mengandung adegan aksi laga alias action.

Alasan mengapa ia baru kembali lagi bermain film selepas Single (2015) yang menjadi debutnya bukan karena tidak ada tawaran.

Khawatir waktu dan konsentrasinya memproduksi konten akan terganggu jika bermain film, maka ia memutuskan rehat dari layar lebar.

Baca selengkapnya disini.

Us berdiri di posisi teratas pada debutnya

Sebuah adegan dalam film Us menampilkan Lupita Nyong'o , Evan Alex, dan Shahadi Wright Joseph
Sebuah adegan dalam film Us menampilkan Lupita Nyong'o , Evan Alex, dan Shahadi Wright Joseph | Universal Pictures, Blumhouse Pictures

Us mendominasi tangga film teratas di Amerika Serikat pada akhir pekan lalu (periode 22-24 Maret). Film horor garapan sutradara Jordan Peele ini memperoleh $70,25 juta (Rp998,7 miliar), dua kali lipat perolehan Captain Marvel yang duduk pada posisi kedua.

Dilansir dari Box Office Mojo, Us berhasil menjadi debut ketiga terbesar untuk film bergenre horor dengan rating R (restricted; berarti penonton usia di bawah 17 tahun harus ditemani orangtua atau orang dewasa saat menonton di bioskop).

Us hanya kalah dari It (2017, $123,4 juta) dan Halloween (2018, $76,2 juta). Pendapatan pekan perdana Us juga berhasil mengalahkan Get Out, film Peele sebelumnya yang juga termasuk sukses. Get Out (2017) hanya memperoleh $33,3 juta pada pekan perdananya.

Baca selengkapnya disini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR