KONTEN KREATIF

Wahana Kreator melangkah bersama Fremantle Indonesia

Salman Aristo (kiri) selaku CEO Wahana Kreator Nusantara saat penandatanganan kerja sama dengan Fremantle Indonesia di Jakarta (5/8/2019)
Salman Aristo (kiri) selaku CEO Wahana Kreator Nusantara saat penandatanganan kerja sama dengan Fremantle Indonesia di Jakarta (5/8/2019) | Fremantle Indonesia

Setelah ikut menggarap film Dua Garis Biru yang hingga sekarang meraih 2,4 juta penonton, Wahana Kreator Nusantara mengumumkan langkah terbaru mereka membentuk usaha patungan dengan Fremantle Indonesia (5/8/2019).

Usaha tersebut berupa pengembangan beberapa skrip baru untuk proyek mereka mendatang. Proses penandatanganan berlangsung di Jakarta.

Menurut Chris Oliver-Taylor, CEO Fremantle Asia Pacific, kemitraan tersebut akan menjadi pengubah permainan untuk segenap teman dan kolega mereka di Indonesia.

“Kolaborasi antara tim dari Fremantle Indonesia dan Wahana akan menjadi kekuatan kreatif yang tak terhentikan,” lanjut Oliver-Taylor dalam siaran pers.

Oliver-Taylor yang bergabung dengan Fremantle sejak tahun lalu memiliki reputasi mentereng dalam industri pertelevisian, khususnya di Australia.

Sebelum bergabung dengan Fremantle, ia tujuh tahun bekerja menjadi Managing Director di Matchbox Pictures yang sekarang di bawah naungan NBCUniversal.

Beberapa yang dihasilkannya selama bekerja di sana, antara lain serial Glitch (tayang di ABC/Netflix), Deadline Gallipoli (Foxtel), Nowhere Boys (ABC/BBC/Amazon), dan Secret City (Foxtel/Netflix). Alhasil tiga kali Oliver-Taylor mendapatkan anugerah “Producer of the Year”.

“Dia menghadirkan berbagai hiburan menarik yang diputar di Australia dan juga seluruh dunia,” puji Ian Hogg, mantan CEO of Fremantle Media Australia.

Dilanjutkan Sakti Parantean, Co-Managing Director Fremantle Indonesia, kemitraan dengan Wahana Kreator merupakan satu wujud lagi dari kesiapan pihaknya memperluas pasar dengan merambah konten digital.

“Selama beberapa dekade terakhir, Fremantle telah menjadi pemain utama di arena gameshow dan reality tv di Indonesia. Dukungan dari Chris Oliver-Taylor dan kemitraan dengan Wahana Kreator adalah katalis bagi kami memasuki pasar layanan pengaliran video,” tambah Sakti.

Di tempat yang sama, Victor Ariesza, Direktur Co-Managing Director Fremantle Indonesia, juga menyambut suka cita langkah mereka bersama Wahana Kreator.

“Kemitraan ini merupakan babak baru yang luar biasa bagi Fremantle Indonesia dan dari perjalanan yang mengasyikkan bagi kami untuk memulai,” ujarnya.

Salman Aristo selaku CEO Wahana Kreator Nusantara juga tak bisa menyembunyikan kegembiraan yang sama saat meneken komitmen kerja sama mereka ini.

Menurutnya, penting bagi Wahana Kreator bisa menjalin kesepakatan kerja sama dengan Fremantle, salah satu perusahaan penghasil dan distributor konten hiburan terbesar di dunia.

"Kemitraan dengan Fremantle memungkinkan kami untuk mengembangkan dan menyampaikan naskah cerita yang baru, imajinatif, dan kaya," ujar Aris (43).

Salah satu contoh hasil kerja sama kedua belah pihak ini adalah drama radio Klub Kecanduan Mantan.

Sajian drama audio ini telah tayang sepanjang Ramadan lalu di layanan pengaliran musik Joox dengan total 1.197.501 kali didengarkan. Mulai 8 Agustus 2019, drama tersebut akan diputar ulang oleh stasiun radio Gen FM.

Terdiri dari 30 episode yang masing-masing berdurasi sekitar 10 menit, Klub Kecanduan Mantan diisisuarakan oleh Sheryl Sheinafia (sebagai Raysa), Kunto Aji (Kevin Timun), dan Vidi Aldiano (Asep).

Masih ada beberapa judul konten lagi yang akan diumumkan oleh Wahana Kreator dan Fremantle.

Kepada Beritagar.id yang menghubunginya melalui pesan singkat (6/8), Gina S. Noer selaku Co-Founder dan EVP Business Development Writer di Wahana Kreator menyebut komposisi utama dari kerja sama ini adalah pembuatan naskah serial.

“Serial yang ditayangkan untuk layanan Over the Top (OTT). Fremantle Indonesia mulai merambah OTT karena selama ini mereka lebih banyak mengerjakan reality show untuk stasiun televisi,” lanjut Gina yang juga seorang penulis skenario dan sutradara.

Apa saja proyek serial tersebut akan diumumkan dalam acara ContentAsia Summit yang berlangsung di Singapura pada 28-29 Agustus 2019.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR