Infografik atau infografis?

Foto ilustrasi membuat infografik.
Foto ilustrasi membuat infografik.
© Pixabay

Kata bahasa Inggris infographic adalah lakuran (portmanteau) dari kata information dan graphic. Istilah yang memiliki bentuk jamak infographics ini didefinisikan oleh Oxford Dictionaries sebagai a visual representation of information or data, e.g. as a chart or diagram (representasi visual atas informasi atau data, misalnya dalam bentuk bagan atau diagram).

Penyajian informasi dalam bentuk visual menyegarkan mata pembaca dan memudahkan penyampaian informasi. Oleh sebab itu, akhir-akhir ini banyak media massa Indonesia yang memanfaatkan infographics untuk menyampaikan sekaligus mempercantik tampilan artikel mereka. Namun, penerjemahan istilah ini dalam bahasa Indonesia belum seragam: ada yang memakai "infografik", tetapi ada pula yang memakai "infografis". Mana yang benar?

Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, kita lihat dulu entri "grafik" dan "grafis" pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (KBBI).

grafik n lukisan pasang surut suatu keadaan dng garis atau gambar (tt turun naiknya hasil, statistik, dsb)

grafis a 1 bersifat graf; bersifat huruf; dilambangkan dng huruf; 2 bersifat matematika, statistika, dsb dl wujud titik-titik, garis-garis, atau bidang-bidang yg secara visual dapat menjelaskan hubungan yg ingin disajikan secara terbaik tt penyajian hasil penghitungan; bersifat grafik

Tampak bahwa "grafik" ditandai sebagai nomina (kata benda), sedangkan "grafis" ditandai sebagai adjektiva (kata sifat). Graphic pada infographic merupakan nomina sehingga "grafik" lebih cocok sebagai padanannya. Hal ini berbeda dengan graphic pada graphic design yang merupakan adjektiva sehingga dipadankan dengan "grafis" (desain grafis).

Sifat mendua kata graphic pada bahasa Inggris yang dapat berfungsi sebagai nomina dan adjektiva membuat penerjemahan istilah yang mengandung kata ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Perhatikan apa kelas kata yang diwakili oleh graphic pada istilah yang akan diterjemahkan.

Jadi, padanan yang tepat untuk infographic sebagai kata benda adalah "infografik". Kalau mau tetap menggunakan kata infografis, kata ini dapat dipakai sebagai kata sifat, misalnya, "Infografik itu menyajikan data secara infografis." Oke, contoh tersebut bukanlah kalimat yang efektif, tetapi mudah-mudahan dapat menggambarkan perbedaan penggunaan "infografik" dan "infografis".

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.