Mencermati kata penghubung dan/atau

Ilustrasi tentang kata penghubung,
Ilustrasi tentang kata penghubung, | Pixabay

Saya sering merasa janggal saat menemukan kata penghubung atau konjungsi "dan/atau" dalam, misalnya, suatu dokumen hukum. Sebagai orang yang pernah belajar ilmu mantik, saya merasa bahwa frasa ini mubazir: operator logika"atau" (OR) sudah cukup untuk melambangkan dua proposisi yang bernilai benar jika keduanya atau hanya salah satunya benar.

Pada KBBI pun entri "dan/atau" ini tidak ada dan yang ada hanya lema "dan" serta "atau". "Dan" adalah penghubung satuan bahasa (kata, frasa, klausa, dan kalimat) yang setara sedangkan "atau" adalah kata penghubung untuk menandai pilihan di antara beberapa hal (pilihan).

Buku Praktis Bahasa Indonesia 2 terbitan Pusat Bahasa menyebutkan bahwa kata penghubung "dan/atau" dapat diperlakukan sebagai "dan" serta dapat juga diperlakukan sebagai "atau". Tanda garis miring itu mengandung arti pilihan, misalnya "A dan/atau B" yang berarti "A dan B" atau "A atau B". Misalnya, kalimat

Barang siapa meniru dan/atau memalsukan produk ini ...

dapat mengandung salah satu makna berikut:

(1) Barang siapa meniru dan memalsukan produk ini ..., atau

(2) Barang siapa meniru atau memalsukan produk ini ....

Dalam ragam tulis, tanda garis miring harus digunakan untuk menunjukkan pilihan dan tidak boleh hanya ditulis "dan atau". Saya belum menemukan rujukan tentang (1) apakah boleh dituliskan "dan atau atau", serta (2) bagaimana pengucapannya dalam ragam lisan : "dan atau", "dan atau atau", atau "dan garis miring atau".

Melihat makna dalam KBBI, "atau" memang dapat berfungsi sebagai operator logika "atau inklusif" atau "atau eksklusif" (exclusive or , XOR). Mungkin ketaksaan ini yang membuat lahirnya frasa "dan/atau" (and/or dalam bahasa Inggris) dalam ragam bahasa yang sedapat mungkin menghindarinya, seperti dalam dokumen hukum, perbankan, dll.

Dalam ragam lain, saya rasa "atau" saja sudah cukup melambangkan pilihan salah satu atau keduanya. Aneh juga kalau kita bertanya kepada teman, "Kamu mau makan ayam dan/atau tempe?"

Ilustrasi: Diagram Venn untuk operator logika OR (atau). Sumber: Wikimedia Commons.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR