ULASAN

Bersih paripurna dengan scrub wajah St. Ives

80
Face Scrub
Fresh Skin Apricot Scrub
Rp 56.000
Radiant Skin Pink Lemon and Mandarin Orange Face Scrub
Rp 68.000
Energizing Coconut and Coffee Face Scrub
Rp 79.000
Gentle Smoothing Oatmeal Scrub and Mask
Rp 75.000
RATING
  • KEMASAN 75
  • VARIAN 80
  • KUALITAS 80
  • HARGA 80
  • FITUR 85
Empat varian scrub wajah St. Ives, gentle smoothing oatmeal scrub and mask, radiant skin pink lemon and mandarin orange face scrub, energizing coconut and coffee face scrub, dan fresh skin apricot scrub.
Empat varian scrub wajah St. Ives, gentle smoothing oatmeal scrub and mask, radiant skin pink lemon and mandarin orange face scrub, energizing coconut and coffee face scrub, dan fresh skin apricot scrub. | St. Ives /St. Ives

Untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit, Anda tak perlu menerapkan 10 step Korean skin care. Menurut Doris Day M.D., dermatolog di New York University Langone Medical Centers, Anda hanya butuh empat langkah: membersihkan, eksfoliasi, melembapkan, dan menggunakan tabir surya.

Bicara eksfoliasi, scrub wajah St. Ives--khususnya Fresh Skin Apricot Scrub adalah produk yang menjadi andalan banyak orang, termasuk model Gigi Hadid. Scrub wajah ini juga telah dilabeli terbaik oleh beberapa media kecantikan terpercaya seperti Allure dan Female Daily di Indonesia.

Berawal pada 1955, St. Ives Laboratories, Inc. berdiri di Chatsworth, California, Amerika. Sejak dahulu jenama ini mengandalkan "Swiss formula" dan ekstrak rempah serta tumbuh-tumbuhan sebagai bahan utama.

Di Indonesia, St. Ives memiliki empat varian scrub wajah. Fresh skin apricot scrub, radiant skin pink lemon and mandarin orange face scrub, energizing coconut and coffee face scrub, dan gentle smoothing oatmeal scrub and mask.

Scrub wajah ini punya tiga tingkat faktor eksfoliasi, gentle, moderate, dan deep. Tim Beritagar.id mencoba keempat varian scrub ini, begini hasilnya.

Fresh Skin Apricot Scrub.
Fresh Skin Apricot Scrub. | St. Ives /St. Ives

Fresh Skin Apricot Scrub

Kemasannya bernuansa warna hijau dan oranye. Scrub aprikot ini mengandung kulit kenari sebagai eksfolian alami, dengan aroma aprikot yang lembut dan ikonik.

Butiran scrub yang cukup besar membuat Ronna Nirmala mengira produk pembersih ini diperuntukkan bagi tubuh. Faktor eksfoliasi scrub ini masuk kategori deep.

Teksturnya terlihat creamy, tapi ketika diaplikasikan pada wajah yang sudah dibasahi air, teksturnya terasa kasar. Berbeda dengan scrub wajah pada umumnya yang memiliki tekstur scrub lebih halus.

Sesuai label kemasan, Anda disarankan memijatnya perlahan dengan gerakan memutar. Kulit terasa benar-benar bersih. Dibutuhkan waktu memijat yang cukup lama untuk membuat scrub ini benar-benar kering hingga terasa kulit mati pada wajah terangkat.

Kendati demikian, setelah dibilas dengan air scrub membuat kulit lebih halus. Ada sedikit aroma aprikot yang tertinggal menjadikannya menyenangkan untuk digunakan.

Setelah pemakaian pertama, efek menyegarkannya langsung terasa. Scrub ini berhasil menghilangkan tekstur kulit kasar di bagian hidung dan dagu akibat komedo, asalkan digunakan rutin dua kali dalam seminggu. Selain itu, kulit juga terasa lebih glowing usai pengaplikasian riasan pada wajah.

Namun, ingat-ingat pesan para ahli. Jangan gunakan scrub ini setiap hari. "Saya hanya merekomendasikan menggunakannya dua atau tiga hari sekali," kata Bruce Katz, profesor dermatologi klinis di Mount Sinai Medical Center.

Radiant Skin Pink Lemon and Mandarin Orange Face Scrub
Radiant Skin Pink Lemon and Mandarin Orange Face Scrub | Tasya Simatupang /Beritagar.id

Radiant Skin Pink Lemon and Mandarin Orange Face Scrub

Sesuai nama scrub, kemasannya bernuansa merah muda dan oranye. Khasiatnya menghaluskan kulit kasar dan meratakan warna kulit membuatnya lebih bercahaya.

Tasya Simatupang memiliki kulit yang agak beruntusan. Kondisi ini diperparah karena terpapar debu dan sinar matahari, terutama di daerah dahi dan pipi.

Kali pertama menggunakan scrub dengan faktor eksfoliasi moderate ini, efeknya langsung terlihat. Kulit jadi lebih cerah, ketika disentuh pun terasa lembut.

Merasa cocok, pemakaian pun dilanjutkan. Hingga bulan ketiga, kulit beruntusan tidak kembali lagi.

Energizing Coconut and Coffee Face Scrub.
Energizing Coconut and Coffee Face Scrub. | Indra Rosalia /Beritagar.id

Energizing Coconut and Coffee Face Scrub

Dengan kemasan bernuansa warna cokelat layaknya kelapa dan kopi, scrub wajah ini juga memiliki aroma kopi yang menyegarkan.

Seperti scrub aprikot, varian ini juga mengandung kulit kenari yang berkhasiat mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Indra Rosalia yang jarang menggunakan sabun pembersih wajah dan perawatan kulit lain mencobanya.

Faktor eksfoliasi scrub ini masuk kategori deep. Namun, scrub ini tak terasa kasar pada kulit wajah .

Setelah pemakaian, wajah terasa lebih kesat. Namun, tak terasa kering. Perbedaan lebih jelas terasa pada bagian tepi hidung, tempat minyak wajah menumpuk.

Setelah pemakaian, kulit kusam dan lelah terlihat lebih segar.

Gentle Smoothing Oatmeal Scrub and Mask.
Gentle Smoothing Oatmeal Scrub and Mask. | St. Ives /St. Ives

Gentle Smoothing Oatmeal Scrub and Mask

Varian terakhir scrub wajah St. Ives di Indonesia ini hadir dengan kemasan bernuansa warna krem. Sama-sama mengandung bubuk kulit kenari, scrub ini berkhasiat mengangkat kulit kusam.

Anindhita Maharrani mencoba scrub dengan faktor eksfoliasi kategori gentle ini. Bulir-bulir scrub-nya halus seperti scrub wajah pada umumnya. Teksturnya benar-benar creamy, aroma oatmeal-nya tidak terlalu tajam.

Selain berfungsi sebagai scrub, produk varian ini juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Anda hanya perlu mengaplikasikannya pada wajah, hindari area mata. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Setelah pemakaian pertama, wajah terasa lebih lembap, dan menyegarkan secara keseluruhan. Gunakan scrub ini secara rutin dua sampai tiga kali dalam sepekan untuk mengeksfoliasi kulit sekaligus menjaga kelembapannya.

Setelah melakukan eksfoliasi, kulit wajah memang lebih bersih. Sebab, eksfoliasi mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati sampai lapis terakhir. Rasanya menyenangkan, tapi berbahaya jika dilakukan setiap hari.

Over-exfoliation bisa menyebabkan iritasi. Akhirnya kulit mengalami breakout.

Frekuensi ideal untuk melakukan eksfoliasi adalah tiga kali seminggu. "Saat over-exfoliate, lapisan kulit akan rusak, akibatnya kulit kehilangan hidrasi dan terjadi peradangan," jelas Zeichner Hirsch, asisten profesor klinis dermatologi di Boston University School of Medicine.

Saat ini keempat varian scrub wajah sudah bisa didapatkan di drugstore dan toko kecantikan berbagai pusat perbelanjaan. Anda juga bisa membelinya secara daring dengan harga sekitar Rp45 ribu sampai Rp85 ribu.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR