Galaxy M20, ponsel dua jutaan berponi dari Samsung

74
Galaxy M20
RATING
  • DESAIN 70
  • DISPLAI 75
  • FITUR 70
  • KINERJA 70
  • MULTIMEDIA 70
  • KAMERA 70
  • BATERAI 90
  • HARGA 80
Samsung Galaxy M20
Samsung Galaxy M20 | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Akhirnya Samsung tunduk pada tren ponsel berponi. Setelah sekian lama masih berpegang pada kaidah layar ponsel bebas gangguan, melalui Galaxy M20, manufaktur Korea Selatan itu resmi memiliki ponsel berponi yang dinamakan Infinity-V.

Awalnya tren seperti ini dimulai oleh iPhone X dan menjamur ke ponsel-ponsel Android keluaran jenama Tiongkok bahkan kini hampir semua jenama-jenama ponsel populer memiliki produk ponsel pintar dengan notch.

Dalam acara peluncurannya di Indonesia, pihak Samsung mengatakan konsep tersebut akhirnya mereka tiru demi rasio layar ke bodi mencapai 90 persen. Menurut pantauan mereka, konsumen ingin ponsel berlayar besar namun tidak berukuran raksasa.

Galaxy M20 dibanderol dengan harga terjangkau untuk ukuran Samsung, yakni Rp2,799 juta. Ini menempatkannya pada pasar ponsel menengah yang telah ramai diisi oleh jenama-jenama Tiongkok sebut saja Xiaomi dan Realme.

Beritagar.id mendapat kesempatan untuk menjajal secara langsung ponsel yang tersedia dalam varian warna biru dan hitam tersebut.

Saat memegang dusnya, memang terasa Samsung “menurunkan derajat” mereka. Hal ini terbukti dengan kotak yang bisa saya katakan ringkih atau mudah sobek karena hanya terbuat dari karton tipis.

Untungnya dalam paket penjualan diberikan aksesoris seperti pengisi daya dengan fitur fast charging, tidak ketinggalan kabel USB Tipe C, dan headset standar. Melalui fitur pengisian cepat, baterai berkapasitas 5.000mAh di M20 dapat terisi penuh dalam kondisi kosong dalam waktu sekitar dua jam saja.

Isi paket penjualan Galaxy M20
Isi paket penjualan Galaxy M20 | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Meski minus aksesori wajib lain untuk sekarang ini seperti anti gores layar dan casing, setidaknya M20 menjadi ponsel terjangkau Samsung pertama yang dibekali antarmuka USB masa depan, layaknya ponsel-ponsel premium zaman sekarang.

Memegang ponsel secara langsung, kesan pertama yang muncul adalah berat dan mengilap. Ya, bobot yang berat merupakan kompensasi dari ukuran baterai yang besar. Lalu ponsel ini seluruh bodinya—kecuali layar—terbuat dari plastik. Bayangkan jika material metal yang digunakan, maka akan menambah bobotnya, yang di atas kertas sebesar 186 gram.

Masih dengan kualitas yang kokoh, hanya saja kurang kekinian seperti dengan efek layaknya kaca. Hal ini sejalan dengan misi Samsung yaitu memberikan pilihan baru bagi pengguna dengan menghilangkan batasan umur.

Jangan berharap ada panel layar andalan Samsung yakni AMOLED di sini. Sebab untuk M20, dibekali layar LCD TFT beresolusi Full HD+ (1080 x 2340 piksel).

Tapi jangan khawatir karena layar ini dapat memberikan tampilan yang tajam dan kontras. Di bawah paparan sinar matahari, layar juga mampu berikan tampilan yang terbaca, apalagi dibantu dengan sensor cahaya yang otomatis mengatur tingkat kecerahan layar.

Tampak depan dan belakang Galaxy M20
Tampak depan dan belakang Galaxy M20 | Yoseph Edwin /Beritagar.id
Sisi bodi Galaxy M20
Sisi bodi Galaxy M20 | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Untuk antarmuka atau UI, belum terpasang Android 9.0 Pie, masih Oreo 8.1. Namun UI-nya sudah merupakan versi terbaru yaitu 9.5 yang dalam sejumlah kecil elemen, seperti ikon di status bar, menyesuaikan posisi tampilan dengan poni.

Meski terasa tanggung dengan spesifikasi RAM 3GB dan memori internal 32GB, dengan bantuan cip prosesor Exynos 7904 (sebanding dengan Snapdragon 636) M20 dapat memberikan performa yang mumpuni di kelasnya.

Tidak bebas sendatan atau lag tapi aktivitas-aktivitas seperti bermain gim 3D dengan pengaturan grafis sedang dan menonton video hingga resolusi Full HD dapat dilahap dengan baik.

Seperti ponsel di kelas ini, M20 turut menyajikan kemampuan dual SIM dengan slot kartu memori terdedikasi.

Untuk kamera, terdapat dua kamera belakang berkonfigurasi kamera utama 13MP fokus otomatis yang mampu memotret di lingkungan rendah cahaya, dan kamera lensa lebar untuk menangkap area pandangan lebih luas, hingga 120 derajat—dari rata-rata ukuran standar yakni 76 derajat. Kamera depan tersedia dengan resolusi 8MP fokus tetap.

Sekilas melihat hasil, dua kamera tersebut dapat berikan foto berkualitas baik, apalagi di lingkungan bercahaya cukup. Foto terlihat tajam dengan karakter warna natural. Fitur Live Focus atau bokeh ala Samsung mengandalkan kemampuan perangkat lunak.

Perbandingan hasil tangkapan kamera utama (kiri) dengan kamera lensa lebar (kanan).
Perbandingan hasil tangkapan kamera utama (kiri) dengan kamera lensa lebar (kanan). | Yoseph Edwin /Beritagar.id
Hasil foto luar ruangan
Hasil foto luar ruangan | Yoseph Edwin /Beritagar.id
Hasil foto kamera depan
Hasil foto kamera depan | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Untuk fitur keamanan biometrik, terdapat sensor sidik jari di bagian belakang body M20 dan kemampuan mendeteksi wajah. Saat saya coba, kecepatan sensor sidik jarinya tidak secepat milik Xiaomi atau Realme.

Saat ini Galaxy M20 masih difokuskan untuk dijual secara daring. Langkah lain yang akhirnya diambil Samsung Indonesia untuk mengikuti tren. Model penjualannya pun penjualan kilat, jadi calon pembeli harus beradu cepat untuk bisa membeli sebelum stok per hari habis.

Kesemuanya ini membuat Galaxy M20 merupakan pion tepat bagi Samsung untuk menggempur pangsa pasar ponsel pintar dua jutaan. Popularitas jenama mereka yang selama ini menjadi andalan utama di ceruk kelas menengah, kini diperkuat dengan spesifikasi dan fitur terkini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR