ULASAN

Mi Mix 2S: performa ngebut, kualitas audio dan kamera depan buruk

81
Mi Mix 2S
6GB - 64GB
Rp 7.500.000
RATING
  • DESAIN 90
  • DISPLAI 70
  • FITUR 80
  • KINERJA 90
  • MULTIMEDIA 75
  • KAMERA 75
  • BATERAI 80
  • HARGA 85
Xiaomi Mi Mix 2S.
Xiaomi Mi Mix 2S. | Ivan /Beritagar.id

Mi Mix 2S merupakan salah satu ponsel flagship 2018 penerus Mi Mix dan Mi Mix 2 yang telah dirilis beberapa bulan yang lalu oleh Xiaomi. Sama seperti kedua pendahulunya, ponsel ini memiliki desain bezelless.

Layar Mi Mix 2S lebih luas hingga 12,5 persen dibandingkan Mi Mix pertama tetapi memiliki bodi yang lebih ringkas. Itu artinya, ponsel ini memiliki rasio layar terhadap bodi yang lebih besar dibandingkan pendahulunya yang hanya 83 persen.

Namun apakah Mi Mix 2S layak dikatakan sebagai ponsel flagship? Berikut adalah ulasan Mi Mix 2S yang telah saya coba selama beberapa hari. Unit yang saya pegang ini merupakan unit versi global dan bergaransi distributor, bukan versi resmi.

Spesifikasi:

  • GSM / HSPA / LTE
  • Dual SIM dan Dual 4G on
  • Layar 5,99 inci (18:9) FHD+ 1080x2160 piksel IPS LCD
  • MIUI 9.5 (Android 8.0 Oreo)
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 845 octa-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 385 Silver)
  • Adreno 630
  • RAM 6GB ROM 64GB (tidak mendukung microSD)
  • Kamera belakang ganda 12MP+12MP
  • Kamera depan 5MP
  • Sensor pemindai sidik jari, USB Type-C
  • Baterai 3.400 mAh, Quick Charge 3.0, pengisian daya nirkabel

Paket penjualan

Handset, charger, kabel data, kitab-kitab, sim Ejector, adapter USB Type-C to audio jack, ucapan dari CEO Xiaomi, Lei Jun, dan kover gratisan.
Handset, charger, kabel data, kitab-kitab, sim Ejector, adapter USB Type-C to audio jack, ucapan dari CEO Xiaomi, Lei Jun, dan kover gratisan. | Ivan /Beritagar.id

Desain mewah

Xiaomi Mi Mix 2S
Xiaomi Mi Mix 2S | Ivan /Beritagar.id

Saat kemunculannya, Mi Mix generasi pertama mencuri perhatian lewat desain yang diadopsi. Backplate ceramic dan layar bezelless jadi kombinasi yang membuat Mi Mix original diganjar gold award pada ajang “International Design Excellence Award”.

Penghargaan tersebut membuat Xiaomi mempertahankan desainnya pada Mi Mix 2 dan Mi Mix 2S.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Mi Mix 2S tampil agak berbeda. Selain memiliki layar yang lebih besar, bodi Mi Mix 2S lebih terasa ringkas dan mudah digenggam. Hal tersebut mungkin dikarenakan rasio layar terhadap bodinya yang kini lebih besar dan rasio ukuran layar 18:9 yang digunakannya.

Namun, Mi Mix 2S terasa lebih berat dibandingkan Mi Mix generasi pertama dan Mi Mix 2. Rupanya versi terbaru ini lebih tebal (8,1 mm) dibandingkan Mi Mix (7,9 mm) dan Mi Mix 2 (7,7 mm). Walau demikian, pemasangan kover bawaan tidak membuatnya semakin tebal.

Material belakang menggunakan bahan keramik, tidak seperti Mi Mix 2 yang hanya menggunakan bahan plastik. Hal inilah yang menurut saya membuat Mi Mix 2S terlihat semakin elegan, apalagi jika Anda memilih warna hitam. Xiaomi hanya memberikan dua warna pilihan, yakni hitam dan putih.

Masalah dari bahan keramik adalah mudah menempelnya sidik jari sehingga cepat tampak kotor, meski tak terlalu mengganggu.

Kemewahan lain pada Mi Mix 2S adalah lapisan emas 18 karat pada bagian cincin yang melindungi lensa kamera utama.

Aspek desain lainnya tidak berbeda jauh dari pendahulunya, hanya saja penempatan kameranya yang berubah. Pada Mi Mix 2S, posisi kamera belakang terletak di bagian kiri, sama seperti yang digunakan di Apple iPhone X. Selain itu posisi sensor pemindai sidik jari masih ada pada bagian tengah bodi belakang.

Kamera depan dan belakang Mi Mix 2S.
Kamera depan dan belakang Mi Mix 2S. | Ivan /Beritagar.id

Sementara kamera depannya masih ditempatkan di bagian bawah layar sehingga ponsel ini harus diputar ketika ingin melakukan swafoto agar posisi kameranya berada di atas dan lebih bisa menangkap wajah Anda dengan sudut yang tepat.

SIsi-sisi Xiaomi Mi Mix 2S.
SIsi-sisi Xiaomi Mi Mix 2S. | Ivan /Beritagar.id

Di bagian sisi bawah ponsel ini terdapat lubang speaker, satu lubang USB Type-C, dan mikrofon. Sama seperti Mi Mix 2, Xiaomi tak menyediakan lubang audio 3.5 mm.

Entah ini trik pemasaran Xiaomi, atau hanya sekadar ikut-ikutan tren kekinian. Menurut saya, dengan ketebalan 8,1 mm, seharusnya Xiaomi masih bisa menyediakan lubang audio 3,5 mm tersebut.

Akan tetapi, Xiaomi sudah menyediakan converter khusus agar headphone atau earphone yang menggunakan jack audio 3,5 mm masih bisa digunakan. ini artinya Anda tidak bisa menggunakan headphone sambil mengisi daya. Seperti biasa, Xiaomi tidak menyertakan headset dalam paket penjualan.

Layar

Layar menjadi salah satu kekuatan utama Mi Mix generasi pertama berkat desain bezel-less yang digunakannya kala itu. Hal itu juga yang akan membuat Mi Mix terus diingat sebagai salah satu pelopor tren yang kini banyak diadopsi ponsel kelas flagship bahkan sebagian kelas menengah.

Tentu saja Xiaomi mempertahankan desain tanpa tepi pada penerusnya ini. Mi Mix 2S menggunakan aspek rasio layar kekinian 18:9 dan layar penuh berukuran 5,99 inci dengan resolusi 1080x2160 piksel.

Meski kembali menggunakan earpiece setelah digantikan speaker piezoelectric ceramic pada generasi pertama, namun bezel bagian atas Mi Mix 2 masih merupakan salah satu yang paling tipis di jajaran ponsel bezelless.

Dengan tingkat kerapatan piksel mencapai 401 piksel per inci (ppi), layar Mi Mix 2S mampu menyajikan gambar yang mendetail. Meski di kelas flagship, beberapa kompetitor memiliki tingkat kerapatan piksel mencapai 500-an ppi.

Tapi percayalah, untuk rata-rata ukuran layar ponsel, Anda tidak membutuhkan tingkat kerapatan piksel setinggi itu dan kebanyakan pengguna tidak akan menyadari perbedaan antara 400 ppi dan 500 ppi.

Kontras dan produksi warnanya juga terlihat baik. Yang tak kalah penting tingkat kecerahannya mampu mengakomodasi penggunaan di bawah sinar matahari langsung.

Sementara di bagian bawah atau dagu, bezel ponsel ini lebih tipis 12 persen persen dibanding pendahulunya. Ini berkat modul kamera yang ukurannya hanya setengah dari ukuran modul kamera yang umumnya digunakan untuk kamera depan.

Tiga pilihan One Handed Mode.
Tiga pilihan One Handed Mode. | Ivan /Beritagar.id

Jika Anda memiliki ukuran tangan yang kecil dan kesulitan untuk menjangkau beberapa area tertentu di layar, Anda bisa mengaktifkan One Handed Mode pada pengaturan yang memberikan Anda pilihan untuk menyusutkan layar dengan pilihan 3,5, 4, dan 4,5 inci. Layar 5,99 incinya yang tergolong luas membuat penggunaan mode split screen juga jadi lebih nyaman.

Tampilan antarmuka

Tangkapan layar tampilan antarmuka Mi Mix 2S
Tangkapan layar tampilan antarmuka Mi Mix 2S | Ivan /Beritagar.id

Saya tidak merasa banyak dikejutkan ketika menggunakan MIUI 9 di Mi Mix 2S. Perubahan yang dihadirkan tidak begitu terasa secara tampilan. Ikon dan tema yang disajikan masih sama dan posisi antarmuka masih tetap tidak berubah.

Hanya saja karena layar Mi Mix 2S sangat besar, ikon tersebut terlihat lebih kecil dan tidak terasa memenuhi layar. Saya sendiri sangat puas dengan ukuran ikon di Mi Mix 2S kali ini karena wallpaper yang saya pasang bisa terlihat sangat jelas dan cerah serta tampilannya terlihat lebih minimalis.

Xiaomi juga menyediakan fitur barunya kali ini di Mi Mix 2S yaitu sistem gestur, yang menurut saya hampir sama dengan gestur yang digunakan di iPhone X. Full Screen Gestures namanya, Xiaomi sediakan empat gestur di ponsel ini, antara lain: go to home screen, open recents, go back, dan trigger app's action.

Saat saya mencoba gestur tersebut, hal pertama yang saya rasakan adalah gesturnya sangat lancar dan mulus tanpa lag, baik saat kembali ke layar utama atau masuk ke mode app's action. Karena saya sendiri juga menggunakan iPhone X, saat mencoba fitur itu di Mi Mix 2S, saya lebih mudah beradaptasi.

Performa ngebut

Gim PUBG Mobile di Mi Mix 2S
Gim PUBG Mobile di Mi Mix 2S | Ivan /Beritagar.id

Ditenagai Qualcomm Snapdragon 845 yang didukung RAM 6GB, Mi Mix 2S bisa melibas semua pekerjaan-pekerjaan berat. Selama dua hari saya menggunakan Mi Mix 2S, saya tidak merasakan lag.

Membuka tutup aplikasi media sosial, kamera, pesan instan dapat dijalankan dengan sangat mudah dan tanpa masalah sama sekali. Apalagi dengan ditambahnya gestur yang membuatnya menjadi semakin smooth.

Performa tersebut sama halnya saat saya menggunakan Xiaomi Black Shark. Performa yang dihasilkan setara. Berbagai gim berat seperti PUBG Mobile, Mad Out Big City 2, dan Into The Dead 2, Mi Mix 2S mampu melibas itu semua tanpa kendala.

Hanya saja, ada minus yang menurut saya harus diperbaiki Xiaomi pada perangkat selanjutnya. Audio yang digunakan jauh di bawah standar sebuah flagship. Suara yang keluar terdengar cempreng. Bahkan saat mendengarkan lagu, suara yang keluar dari dua speaker seperti tak seimbang.

Xiaomi mesti lebih memperhatikan bagian pengeras suara ini karena Mi Mix 2S termasuk dalam kategori ponsel multimedia.

Berikut adalah hasil pengujian performa Mi Mix 2S dibandingkan dengan ponsel lainnya melalui beberapa aplikasi pengujian:

  • AnTuTu Benchmark: 266151
  • Geekbench 4: 4170
  • Basemark OS II: 2433 (single-core), 8461 (multi-core)
Tangkapan layar hasil pengujian Mi Mix 2S
Tangkapan layar hasil pengujian Mi Mix 2S | Ivan /Beritagar.id

Ada lagi keunggulan Mi Mix 2S selain perfomanya yang ngebut, Mi Mix 2S sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya nirkabel (wireless charging). Saat saya mencobanya, baterai ponsel baru terisi penuh dalam waktu cukup lama, 2,5 jam.

Pengisian daya nirkabel (wireless charging) Mi Mix 2S
Pengisian daya nirkabel (wireless charging) Mi Mix 2S | Ivan /Beritagar.id

Kamera utama lebih baik

Kali ini, Xiaomi telah menyediakan pengaturan kamera ganda, tidak seperti dua pendahulunya yang masih menggunakan satu kamera saja di bagian belakangnya.

Sepasang kamera dengan tata letak mirip iPhone X dapat dijumpai di sisi belakang Mi Mix 2S. Satu berupa lensa sudut lebar/normal dengan bukaan f/1.8, satu lagi lensa tele f/2.4. Masing-masing mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal 12MP. Kamera yang memanfaatkan sensor Sony IMX363 itu mengadopsi teknologi dual pixel.

Sementara itu, kamera di sisi muka Mi Mix 2S beresolusi hanya 5MP. Sama dengan pendahulunya, kamera untuk berswafoto tersebut berada di sisi kanan bawah layar. Ketika hendak berswafoto, pengguna disarankan memutar ponsel terlebih dahulu.

Mode bokeh berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) juga telah ditambahkan ke aplikasi kamera. Kamera Mi Mix 2S bisa menghasilkan foto bokeh yang disebut dengan Depth Effect.

Selain itu, ada mode dinamis tempat pengguna dapat menyimpan foto mereka sebagai GIF dan aplikasi memungkinkan pengguna untuk mengubah bentuk keburaman latar belakang. Foto yang dihasilkan juga sudah bagus bahkan potongan bokehnya pun rapi.

Tangkapan layar pengaturan kamera Mi Mix 2S
Tangkapan layar pengaturan kamera Mi Mix 2S | Ivan /Beritagar.id
Tangkapan layar pengaturan kamera Mi Mix 2S
Tangkapan layar pengaturan kamera Mi Mix 2S | Ivan /Beritagar.id

Setelah saya mengggunakan kamera tersebut, impresi pertama saya adalah "Akhirnya Xiaomi punya kamera bagus juga, mengingat di beberapa ponsel Xiaomi, kameranya standar-standar saja". Namun sayang resolusi kamera depannya tergolong kecil dan performanya tak maksimal dalam keadaan minim atau berlebih cahaya.

Berikut beberapa foto yang saya ambil menggunakan Mi Mix 2S dan perbandingannya dengan dua ponsel yang saya pakai sehari-hari, yakni Pixel 2 XL dan iPhone X:

Hasil foto objek dengan menggunakan mode portrait di luar ruangan (ki-ka): Mi Mix 2S, Pixel 2 XL, dan iPhone X.
Hasil foto objek dengan menggunakan mode portrait di luar ruangan (ki-ka): Mi Mix 2S, Pixel 2 XL, dan iPhone X. | Ivan /Beritagar.id
Hasil foto objek dengan menggunakan mode portrait di luar ruangan (ki-ka): Mi Mix 2S, Pixel 2 XL, dan iPhone X.
Hasil foto objek dengan menggunakan mode portrait di luar ruangan (ki-ka): Mi Mix 2S, Pixel 2 XL, dan iPhone X. | Ivan /Beritagar.id
Hasil foto dengan menggunakan metode automatic (atas-bawah): Mi Mix 2S, Pixel 2 XL, dan iPhone X.
Hasil foto dengan menggunakan metode automatic (atas-bawah): Mi Mix 2S, Pixel 2 XL, dan iPhone X. | Ivan /Beritagar.id
Hasil foto dengan menggunakan metode automatic (atas-bawah): Mi Mix 2S, Pixel 2 XL, dan iPhone X.
Hasil foto dengan menggunakan metode automatic (atas-bawah): Mi Mix 2S, Pixel 2 XL, dan iPhone X. | Ivan /Beritagar.id
Hasil foto objek dengan menggunakan mode portrait di luar ruangan (ki-ka): Mi Mix 2S, Pixel 2 XL, dan iPhone X.
Hasil foto objek dengan menggunakan mode portrait di luar ruangan (ki-ka): Mi Mix 2S, Pixel 2 XL, dan iPhone X. | Ivan /Beritagar.id
Hasil foto pada sore hari
Hasil foto pada sore hari | Ivan /Beritagar.id
Foto dengan menggunakan mode portrait
Foto dengan menggunakan mode portrait | Ivan /Beritagar.id
Foto lowlight pada malam hari.
Foto lowlight pada malam hari. | Ivan /Beritagar.id
Foto lowlight pada malam hari.
Foto lowlight pada malam hari. | Ivan /Beritagar.id

Ini contoh hasil foto saat menggunakan mode AI pada kamera Mi Mix 2S. Saat kamera diarahkan ke dedaunan, AI langsung berubah menjadi gambar daun.

Mode AI kamera pada Mi Mix 2S
Mode AI kamera pada Mi Mix 2S | Ivan /Beritagar.id

Dukungan ARCore

Mi Mix 2S adalah ponsel pertama di Tiongkok yang mendukung kemampuan realitas tertambah (augmented reality/AR). Fitur ini serupa dengan yang digunakan di Google Pixel. Dengan fitur ini, banyak aplikasi dan gim yang mendukung penggunaan AR.

Mi Mix 2S layak dimiliki?

Melihat performanya yang sangat kencang dan berbagai aspek lainnya, Mi Mix 2S memang menggiurkan. Apalagi dengan harganya yang hanya dipatok di kisaran Rp7 jutaan untuk varian 6/64GB.

Terlepas dari kualitas audionya yang di bawah standar dan kamera depan yang kurang mumpuni, Mi Mix 2S sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari atau untuk bermain gim berkat penggunaan prosesor Snapdragon 845 yang ada di dalam bodinya.

Untuk Anda yang ingin terlihat tampil beda bisa membeli ponsel ini. Alasannya, tidak ada poni (notch) yang tren digunakan ponsel flagship saat ini.

Untuk ketersediaannya di Tanah Air, Xiaomi belum memberikan informasi lebih lanjut. Pasalnya, Xiaomi jarang memasukkan ponsel flagship-nya contohnya Mi 6 ke Indonesia.

Saat dikonfirmasi oleh Liputan6, pihak Xiaomi mengatakan ingin fokus di pasar Tiongkok terlebih dahulu. Padahal ponsel ini telah hadir sejak awal April 2018.

Kelebihan

  • Desain bezelless yang sangat unik
  • Performa ngebut
  • Daya tahan baterai yang cukup kuat
  • Kamera ganda AI
  • Dukungan ARCore

Kekurangan

  • Tidak ada lubang audio jack 3,5 mm
  • Kamera depan kurang mumpuni
  • Kualitas audio cempreng
  • Tidak dilengkapi sertifikasi IP68
  • Posisi kamera depan yang merepotkan
BACA JUGA