Realme 3, tampil menawan dengan kamera mumpuni

81
Realme 3
RATING
  • DESAIN 90
  • DISPLAI 70
  • FITUR 70
  • KINERJA 80
  • MULTIMEDIA 70
  • KAMERA 90
  • BATERAI 90
  • HARGA 90
Realme 3
Realme 3 | Andreas /Beritagar.id

Pasar ponsel kelas menengah tumbuh subur di Indonesia. Pasar yang menjanjikan tersebut membuat produsen ponsel terus berusaha menarik konsumen sebanyaknya dengan merilis produk yang kompetitif.

Salah satu produsen yang gencar merilis ponsel kelas menengah di Tanah Air adalah Realme. Meski belum genap satu tahun sejak didirikan, Realme sudah merilis beberapa ponsel dengan harga kompetitif yang sukses mencuri perhatian, seperti Realme 2, Realme 2 Pro, Realme U1, dan Realme C1.

Paling anyar, Realme baru saja merilis ponsel Realme 3 di Indonesia. Dengan harga jual yang cukup terjangkau, Realme 3 merupakan ponsel pintar pilihan terbaik di bawah Rp2 juta. Apa saja kelebihan yang ditawarkan Realme 3? Silakan simak ulasan berikut.

Desain

Realme 3
Realme 3 | Andreas /Beritagar.id

Realme 3 hadir dengan desain kekinian, unibodi yang membuat bodi ponsel tampak lebih tipis. Selain itu, finishing mengilap dengan warna gradasi yang menjadi daya tarik utama membuat ponsel ini terlihat mewah. Realme 3 juga terasa ergonomis saat digenggam karena bobotnya yang tidak terlalu berat dan desain membulat pada sekelilingnya.

Tombol power terdapat di sisi kanan dan tombol volume pada sisi kiri ponsel. Posisi tombol mudah dijangkau dan terasa solid saat ditekan. Pada bagian bawah ponsel dilengkapi dengan lubang speaker, lubang audio 3.5mm, dan lubang Micro USB.

Realme 3
Realme 3 | Andreas /Beritagar.id

Realme 3 mengusung layar dengan desain tetesan air di bagian atas sebagai tempat untuk kamera depan. Sedangkan bagian belakang dilengkapi pemindai sidik jari dan dua kamera utama yang dilengkapi dengan LED flash.

Layar

Realme 3
Realme 3 | Andreas /Beritagar.id

Realme 3 memiliki layar jenis IPS LCD berukuran 6.22 inci dengan resolusi 720x1520 piksel. Rasio layarnya 19:9 seperti kebanyakan ponsel masa kini. Layarnya terlihat luas berkat desain tetesan air, sehingga sangat nyaman saat digunakan untuk bermain game atau saat memutar video. Tidak ada masalah berarti pada layarnya selain tingkat kontras yang perlu ditingkatkan sedikit. Satu fitur yang menarik adalah sudah tersedia tiga pengaturan warna layar, yaitu normal, cool, dan warm, yang dapat disesuaikan selera pengguna.

Performa

Realme 3 yang dijual di Indonesia mengusung prosesor Mediatek Helio P60 AI (Artificial Intelligence) octa-core, GPU Mali-G72 MP3, dan RAM 4GB. Sistem operasinya sudah mengadopsi Android Pie 9.0 dengan balutan antarmuka ColorOS 6.

Saat uji performa menggunakan aplikasi benchmark, Realme 3 mampu menghasilkan skor yang lebih baik dibandingkan beberapa ponsel di rentang harga yang sama. Selain itu, saat pengujian benchmark menggunakan aplikasi seperti AnTuTu atau Geekbench, Realme 3 tidak terasa panas sama sekali. Berikut hasil uji benchmark Realme 3.

Hasil uji benchmark Realme 3
Hasil uji benchmark Realme 3 | Irsan /Beritagar.id

Pada uji pakai sehari-hari, ponsel ini terasa gegas dan mampu melahap aplikasi-aplikasi yang umum kami pakai. Kami juga sempat mencoba kemampuannya saat menjalankan game PUBG Mobile, game tersebut kami pilih karena termasuk yang paling populer dan banyak dimainkan saat ini. Hasilnya game dapat berjalan lancar dengan pengaturan grafis: HD dan frame rate: High.

Pengaturan grafis game PUBG Mobile
Pengaturan grafis game PUBG Mobile | Irsan /Beritagar.id

Kamera

Realme 3 dibekali dua kamera di belakang dan satu kamera swafoto (selfie). Bicara kamera ada dua hal yang patut kami acungi jempol.

Pertama, teknologi Chroma Boost yang ditanamkan oleh Realme. Dengan bantuan AI, teknologi tersebut membantu hasil jepretan kamera menjadi lebih baik. Warna pada foto menjadi lebih vibran dengan kontras yang juga lebih baik berkat dukungan HDR (High Dynamic Range).

Saat digunakan foto pada kondisi cahaya yang cukup, hasil tangkapan kamera Realme 3 sangat bisa diandalkan dalam berbagai kondisi atau objek. Hasil foto dengan kondisi pencahayaan cukup dapat Anda lihat di bawah ini.

Hasil foto Realme 3. Kondisi sore hari dengan fitur Chroma Boost
Hasil foto Realme 3. Kondisi sore hari dengan fitur Chroma Boost | Irsan /Beritagar.id
Foto makanan. Kondisi dalam ruangan dengan cahaya cukup.
Foto makanan. Kondisi dalam ruangan dengan cahaya cukup. | Irsan /Beritagar.id
Foto bokeh (Portrait) kondisi luar ruangan pada sore hari
Foto bokeh (Portrait) kondisi luar ruangan pada sore hari | Irsan /Beritagar.id

Kedua, fitur Nightscape. Fitur ini yang membuat kami geleng-geleng kepala karena berkat fitur ini, kamera Realme 3 seperti mampu melihat dalam gelap. Saat Nightscape aktif, jepretan foto akan memakan waktu tiga detik, karena kamera akan menangkap beberapa foto sekaligus dengan berbagai tingkat exposure dan menggabungkannya menjadi satu foto yang berkualitas. Hasilnya? Sulit dipercaya jika ponsel dengan harga di bawah Rp2 juta mampu menghasilkan foto malam yang mengagumkan. Berikut hasil foto malam hari atau rendah cahaya menggunakan fitur Nightscape.

Hasil foto malam hari menggunakan fitur Nightscape
Hasil foto malam hari menggunakan fitur Nightscape | Irsan /Beritagar.id
Hasil foto malam hari menggunakan fitur Nightscape
Hasil foto malam hari menggunakan fitur Nightscape | Irsan /Beritagar.id
Hasil foto malam hari menggunakan fitur Nightscape
Hasil foto malam hari menggunakan fitur Nightscape | Irsan /Beritagar.id

Dapat Anda lihat bahwa dengan fitur Nightscape, Realme 3 mampu menghasilkan foto yang detail dalam kondisi rendah cahaya atau di malam hari dengan mengangkat detail di bagian yang gelap (shadow) sembari menjaga keseimbangan highlight foto secara keseluruhan. Perhatikan lampu-lampu yang ada di dalam foto, semuanya terekspos dengan baik sehingga detailnya tetap terjaga. Sangat impresif untuk ponsel dengan harga di bawah Rp2 juta.

Catatan: semua hasil foto di atas tidak melalui proses editing sama sekali.

Baterai

Keunggulan lain dari Realme 3 adalah kapasitas baterainya yang besar, yakni 4.230mAh. Selama uji pakai, ponsel ini dapat bertahan satu hari penuh (24 jam) secara konsisten setiap hari untuk penggunaan komunikasi, media sosial, gaming sekitar 2 jam, dan penggunaan YouTube rata-rata 2 jam.

Saat ponsel sedang tidak digunakan atau dalam keadaan stand-by, daya baterai juga terjaga dengan baik tanpa ada penurunan besar karena ColorOS yang teroptimalisasi dengan baik. Bagi pengguna yang tidak bermain game atau dengan penggunaan ringan untuk komunikasi saja, Realme 3 dapat bertahan lebih dari satu setengah hari sampai pengisian daya kembali.

Kesimpulan

Realme cukup serius menghadirkan ponsel berkualitas dengan harga terjangkau di kelas menengah. Setelah mencuri perhatian dengan produk pendahulunya seperti Realme 2 dan Realme 2 Pro, ponsel terbaru Realme 3 juga kami prediksi akan diburu banyak orang.

Ponsel ini menawarkan performa yang gegas, desain yang cantik, dukungan triple slot (dual sim card + micro SD), dan kemampuan kamera yang baik dalam kondisi rendah cahaya atau malam hari. Sedikit yang disayangkan adalah tidak adanya fitur fast charging dan warna layar yang sedikit kurang kontras.

Realme 3 merupakan ponsel pintar pilihan terbaik di bawah Rp2 juta. Kami rekomendasikan Realme 3 bagi Anda yang sedang mencari ponsel kelas menengah dengan kualitas yang melampaui harganya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR