BUDAYA KERJA

17 tahun perjalanan cuti bersama

Cuti paksa berlaku sejak 2002. Harus diambil dan jangan protes jika kuota cuti terdebit. Supaya bolos kolektif tahunan  jadi legal?
Cuti paksa berlaku sejak 2002. Harus diambil dan jangan protes jika kuota cuti terdebit. Supaya bolos kolektif tahunan jadi legal? | Antyo® /Beritagar.id

Lebaran tahun ini Anda bisa prei sembilan hari tanpa tambahan mangkir.

Durasi itu terhimpun dari dua hari libur Lebaran 2019, ditambah dua hari Sabtu (jika setiap Sabtu adalah hari libur,) dan dua hari Minggu, serta... tiga hari cuti bersama. Ada sepekan lebih dua hari.

Oh, cuti bersama. Orang sinis menyebutnya "cuti paksa".

Sungguh istilah yang mengulum pertentangan makna karena cuti adalah hak, bukan kewajiban. Dan sering terjadi di banyak lingkungan kerja, cuti wajib itu memangkas jatah cuti karyawan.

Inilah cerita seputar cuti bersama (CB)....

  • CB muncul pertama pada masa kepresidenan Megawati Soekarnoputri, 2002. Melalui surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri, para pegawai swasta dan terutama pegawai negeri sipil (PNS), harus mengambil CB hari raya tahun itu. Tiga hari untuk Lebaran, sehari untuk Nata).
  • Pertimbangan SKB waktu itu: "dalam rangka efisiensi dan efektivitas hari kerja dan hari libur". Saat itu masalah PNS membolos sebelum dan setelah hari raya tak kunjung teratasi.
  • Maka jalan keluarnya adalah memberikan tambahan hari libur semu tanpa menambah jatah libur yang sudah diatur aturan ketenagakerjaan maupun aturan internal setiap lembaga. Maka jadilah cuti wajib yang berlaku kolektif.
  • Dalam praktik, ada lembaga partikelir yang menerapan CB dengan menyunat jatah cuti karyawan dan ada pula yang tidak karena langsung menerapkan libur internal berbarengan CB.
  • CB tanpa memotong jatah cuti, secara resmi, terjadi pada 2017 (Keppres No. 18/2017) dan 2018 (Keppres 13/2018). Namun hal itu berlaku bagi PNS. Swasta boleh mengikuti.
  • Pertimbangan pemerintah memberlakukan CB sebagai hari libur, karena tak mengambil jatah cuti karyawan, adalah kemacetan lalu lintas sekitar hari raya.
  • Untuk tahun 2019, CB "akan mengurangi hak cuti tahunan pegawai/karyawan/pekerja"
  • CB terlama terjadi pada 2007: sebelas hari — padahal jatah cuti karyawan adalah 12 hari. Infografik perbandingan durasi CB sila tengok arsip.

Kini jalan tol sudah bertambah. Perjalanan mudik mestinya lebih lancar — tak seperti menjelang Tahun Baru 2016 (Desember 2015), di mana-mana macet sehingga keluar drai Jakarta pun sulit. Lalu Dirjen Perhubungan Darat Djoko Sasono pun mengundurkan diri.

Lalu apakah Lebaran tak ada karyawan, baik amtenar berpangkat tinggi maupun kerani partikelir, yang mengulur durasi libur dan cuti?

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR