PERDAGANGAN

Infografik: Bawang putih, rompi putih, dan bau badan

Anggota DPR jadi calo izin impor 20 ribu ton bawang putih. Komisi Rp1.800/kg. Menurut riset, bau pria penggemar bawang lebih maskulin.
Anggota DPR jadi calo izin impor 20 ribu ton bawang putih. Komisi Rp1.800/kg. Menurut riset, bau pria penggemar bawang lebih maskulin. | Antyo® /Beritagar.id

Harga sekilogram bawang putih (BP) di DKI, versi Informasi Pangan Jakarta hari ini (9/8/2019), rata-rata Rp 37.298. Entah berapa harga impornya per kilo karena 95 persen kebutuhan BP dalam negeri dipenuhi dari luar negeri.

Jika niat komplotan pengimpor BP, yang jadi berita pekan ini, terpenuhi, yakni memasukkan 20.000 ton, seorang anggota DPR dari PDI Perjuangan, I Nyoman Dhamantra, akan menuai duit berbau sengar bawang mentah. Dia akan menerima fee Rp36 miliar.

Angka tersebut didapat dengan pengandaian si pengimpor menuruti batas atas fee Rp1.800/kg BP impor. Batas bawahnya sih Rp1.600.

Ringkas cerita urusan rasuah ini sampai ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bisnis calo atawa makelar

Petugas KPK, dengan berbaju lengan panjang hitam dan bersarung tangan hitam, wajah tersarukan masker, kemarin (8/8/2019) di Jakarta, mempertunjukkan beberapa lembar cek barang bukti.

Petugas KPK itu berompi putih. Kalau para tersangka tentu saja berompi oranye.

Masalahnya bukan BP melainkan kencenderungan koruptif. Apa pun yang menyangkut perizinan dan kuota bisa diperjualbelikan. Kuota impor sapi juga pernah jadi pesta rasuah bisnis percaloan, melibatkan petinggi partai syariah.

Bawang putih bikin pria lebih ehm...

BP disuka karena bikin masakan lebih lezat dan sedap. BP juga bagus buat kesehatan. Soal BP bikin bau badan kurang enak, ada yang tak setuju karena tergantung bau keringat si pemilik raga.

Akan tetapi menurut arsip Psychology Today 2015, sebuah percobaan di Skotlandia dan Ceko menunjukkan bahwa bau badan pria yang banyak mengonsumsi BP malah jadi lebih menarik dan maskulin.

Mungkinkah itu faktor ras pemilik aroma badan dan kaum hawa yang menghidu bau?

Bisa saja pria di Bandung dan Jakarta, yang berbau badan khas karena BP, akan ditanya, "Punya lapak BP di Pasar Ciroyom? Atau Pasar Induk Kramatjati?"

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR