REFORMA AGRARIA

Jokowi kehilangan sertifikat tanah, lalu minta ganti

SERTIFIKAT | Foto arsip: Presiden Joko Widodo  saat penyerahan 40.172 sertifikat tanah di Pondok Cabe Ilir, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (25/1/2019).
SERTIFIKAT | Foto arsip: Presiden Joko Widodo saat penyerahan 40.172 sertifikat tanah di Pondok Cabe Ilir, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (25/1/2019). | Puspa Perwitasari /Antara Foto

Ada dua pesan Presiden Joko "Jokowi" Widodo setiap kali menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat. Pertama: sampul plastik harus dijaga, supaya dokumen awet — misalnya, "Genting bocor aman."

Kedua: segera setelah menerima sertifikat, fotokopilah dokumen itu. Fotokopian itu diperlukan ketika, misalnya saja, sertifikat hilang sehingga pemilik harus mengurus ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Jokowi sudah mempraktikkan nasihat kedua. Dua sertifikat tanahnya di Surakarta, Jawa Tengah, hilang. Kemudian melalui kuasa Ir. Wahyudi Adrianto, Jokowi mengajukan permohonan untuk mendapatkan sertifikat baru.

Silakan protes

Kamis (29/8/2019) Kantor Pertanahan Surakarta mengumumkan di koran Solopos tentang penerbitan sertikat baru — nama resmi dokumen adalah "sertipikat", pakai "p" — untuk Jokowi.

Pengumuman di media adalah prosedur baku BPN. Dalam pengumuman tersebutkan, jika ada pihak yang berkeberatan dengan penerbitan sertifikat baru Jokowi silakan protes. Temponya dalam 30 hari setelah pengumuman.

"Silakan bagi masyarakat yang merasa keberatan atas kepemilikan sertifikat itu bisa melaporkan ke kami," kata Kepala Kantor Pertanahan Surakarta Sunu Duto Widjomarmo.

Dua bidang lahan

Sertifikat yang hilang itu merupakan bukti pemilikan dua bidang lahan di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari.

Sertifikat HM 2304, dengan tanggal pembukaan 10 Oktober 1998, seluas 365 meter persegi. Sedangkan sertifikat HM 3980, dengan tanggal pembukaan 11 Juni 1998, seluas 716 meter persegi.

Bila menilik tahun sertifikat, saat itu Jokowi belum jadi Wali Kota Surakarta apalagi presiden.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR