Kim Jong-un selalu bawa toilet saat bepergian

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un duduk di kereta bawah tanah di Stasiun Kaeson, Pyongyang, Korea Utara (19/11/2015). Foto ini dirilis oleh koran Rodong Sinmun, koran Partai Pekerja yang berkuasa di Korea Utara.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un duduk di kereta bawah tanah di Stasiun Kaeson, Pyongyang, Korea Utara (19/11/2015). Foto ini dirilis oleh koran Rodong Sinmun, koran Partai Pekerja yang berkuasa di Korea Utara. | Epa/RodongSinmun

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ternyata punya toilet berjalan. Toilet pribadi ini akan mengikuti ke mana pun Kim Jong-un pergi. Toilet Suryeong (pemimpin besar) sebutan untuk Kim Jong-un, setia ikut dalam konvoi.

"Bukan hanya di kereta, tapi juga di mobil kecil, sedang dan mobil khusus untuk jalanan mendaki juga salju," kata sumber di provinsi Pyongan Selatan, sumber ini dekat dengan petugas keamanan Kim Jong-un, dilansir Guardian (13/11/2015).

Saat bepergian, iring-iringan mobil Kim Jong-un selalu beruntun-runtun. Ini trik agar orang-orang tidak mengetahui Kim Jong-un ada di mobil yang mana. Nah, salah satu mobil yang ikut berkonvoi adalah toilet pribadinya. Klaim ini pun dibenarkan sumber lain yang dekat dengan pengawal Kim Jong-un.

Cerita ini berawal dari laporan Dailynk. Menurut laporannya, Kim Jong-un selalu blusukan ke berbagai daerah, inspeksi ke basis militer dan pabrik-pabrik negara.

"Pastilah Suryeong perlu menggunakan toilet pribadi," ujar sumber yang tak disebutkan namanya. "Tidak habis pikir bila dia menggunakan toilet umum."

Adapun Nymag mewartakan jika ada orang yang berani menggunakan toilet berjalan Kim Jong-un ini bisa dihukum mati. Tak pandang bulu. Bahkan pejabat elite Korea Utara.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR