PILPRES 2019

Klaim kemenangan berlanjut ke deklarasi diri

Klaim kemenangan 62 persen capres 02 disusul deklarasi diri sebagai pemenang yang akan jadi presiden. Tak mau tunggu KPU tapi menolak quick count.
Klaim kemenangan 62 persen capres 02 disusul deklarasi diri sebagai pemenang yang akan jadi presiden. Tak mau tunggu KPU tapi menolak quick count. | Salni Setyadi /Beritagar.id

WALAH! | "Tidak akan kita gunakan cara-cara di luar hukum karena kita sudah menang!" ujar calon presiden Prabowo Subianto kepada para pendukungnya — termasuk "partai emak-emak" — di Jakarta, dua hari lalu (17/4/2019).

Malam itu Prabowo mengumumkan hasil exit poll bahwa dirinya, bersama cawapres Sandiaga Uno, meraih 62 persen suara.

Lantas senja keesokan harinya, di tempat yang sama, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Prabowo dan Sandiaga Uno mendeklarasikan kemenangan. Sehari sebelumnya, dua kali berpidato Prabowo hanya sendiri. Kali itu dia ditemani Sandi yang lebih banyak diam.

Prabowo Deklarasi Kemenangan Lagi, Sandi Hadir Sambil Terdiam /BeritaSatu

Tak ada kata "presiden terpilih" dalam deklarasi tersebut. Bahkan menyebut diri sebagai presiden pun tidak. Prabowo hanya mengatakan, "Kami akan jadi presiden dan wakil presiden untuk seluruh rakyat Indonesia."

Sebagai pembanding, capres petahana Joko "Jokowi" Widodo, ketika berpidato menanggapi pemilu siang sebelumnya, meminta pendukungnya bersabar. Harus menunggu hasil perhitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hasil Hitung Cepat Pemilu, Jokowi: Kita Harus Bersabar Tunggu Hasil KPU /KOMPASTV

Secara tersurat Jokowi juga tak menyatakan diri sudah menang menurut hasil hitung cepat. Dia hanya mengatakan, "... Dari Indikasi exit poll, dan juga quick count, tadi sudah kita lihat semuanya, tetapi kita harus bersabar..."

Lalu mengapa Prabowo tak menunggu KPU?

"Ini untuk memastikan bahwa angka real count kami sudah naik. Agar masyarakat tahu Prabowo-Sandi sudah 60 persen, jadi enggak perlu khawatir," ujar Andre Rosiade, iuru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR