BUDAYA KERJA

Komik: Bukan cuma PLN yang mendenda karyawan

Sanksi keuangan adalah bagian dari perawatan etos kerja. Bisa karena aturan kerja, bisa juga cuma kesepakatan karyawan.  Ada pula cara PLN.
Sanksi keuangan adalah bagian dari perawatan etos kerja. Bisa karena aturan kerja, bisa juga cuma kesepakatan karyawan. Ada pula cara PLN. | Tito Sigilipoe /Beritagar.id

HUKUMAN | Patutkah keputusan direksi Perusahaan Listrik Negara mencengklong insentif pagawai, untuk membayar kompensasi kepada konsumen yang merugi akibat pemadaman listrik, biarlah para ahli yang berdebat.

Pertama, ahli hukum perburuhan. Kedua, ahli manajemen pelbagai spesialisasi, termasuk ahli keuangan. Ketiga, bila diperlukan, ahli listrik -- termasuk instalatir kalau boleh. Kalau masih kurang, dan biar makin ramai, tambahkanlah politikus.

Dunia kerja memang mengenal aneka sanksi informal atas nama etos kerja. Belum tentu tercantum dalam peraturan perusahaan maupun perjanjian kerja, namun sebagai praktik bisa diterima. Ada kesepakatan.

Apa yang tercuplik dalam komik itu sungguh-sungguh ada. Setidaknya pernah ada. Entahlah dengan kasus kedai bebek peking: itu kesepakatan pegawai dan juragan ataukah keputusan sepihak dari tuan majikan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR