KESELAMATAN BERKENDARA

Komik: Bukan salah hewan jika menyeberangi jalan

Lembu untuk Iduladha lari ke jalan tol, tertabrak taksi. Ada tip menyetir jika Anda dalam situasi macam itu. Bagaimana cara menolong korban?
Lembu untuk Iduladha lari ke jalan tol, tertabrak taksi. Ada tip menyetir jika Anda dalam situasi macam itu. Bagaimana cara menolong korban? | Tito Sigilipoe /Beritagar.id

MENYEBERANG | Sebelum menjadi kurban, sapi itu sudah menjadi korban. Kemarin pagi buta (1/8/2019) di jalan tol dalam kota Jakarta, di Tomang, seekor sapi untuk kurban Iduladha terlepas lalu mengambur ke jalan raya. Lalu sebuah taksi menabraknya. Sopri selamat. Mobil tak rusak.

Si sapi terluka parah. Tergeletak di atas jalan aspal. Bersimbah darah. Lalu pemiliknya memutuskan mengakhiri penderitaannya dengan menyembelih si sapi.

Salahkah si lembu? Tentu tidak.

"Kondisi dynamic external distraction yang harus diwaspadai oleh pengemudi salah satunya adalah hewan. Harus di pahami bahwa hewan seperti sapi tersebut bukan di habitatnya dan lelah akibat stres selama perjalanan," kata Sony Susmana kepada GridOto.com.

Sony adalah direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) di Jakarta. Dia punya nasihat, jika Anda melihat sapi atau kambing di jalan saat Anda berkendara, "Kurangi kecepatan."

Saat yang sama bersiaplah menghindar. Beri ruang agar si binatang tenang.

Kalau apa boleh buat Anda tak dapat menghindar dan menabrak hewan itu? Menurut Sony, "Jangan berusaha membantu apabila tidak mempunyai kompetensi dalam penanganan atas binatang tersebut."

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR