OTONOMI DAERAH

Komik: Memang kecil gaji kepala daerah, tapi...

Bupati Banjarnegara pamer amplop gaji di Instagram. Eh, gaji resmi memang bisa cekak. Tapi kan ada tunjangan operasional.
Bupati Banjarnegara pamer amplop gaji di Instagram. Eh, gaji resmi memang bisa cekak. Tapi kan ada tunjangan operasional. | Tito Sigilipoe /Beritagar.id

GAJI | Akun Instagram atas nama Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pekan lalu memamerkan foto amplop gaji Bupati Budhi Sarwono.

Budhi bilang, "Kalau sudah viral ya nggak papa. Mudah-mudahan pemerintah malu dan melipatkan 10 atau 20 kali (dari gaji sekarang)."

Kalau cuma gaji resmi bulanan kepala daerah, termasuk gubernur, mungkin kecil. Namun mereka mendapatkan tunjangan ini dan itu. Tak pusing dengan tagihan listrik. Sopir dan biaya mobil dinas sudah ada yang menanggung.

Bahkan untuk menyumbang pengantin saat pesta pernikahan pun bisa diambil dari dana operasional. Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama dulu kerap dapat undangan dari warga. Di selalu mengamplopi setidaknya Rp2 juta dari dana operasional.

Gaji gubernur DKI sekarang Rp8,4 juta per bulan, namun tunjangan operasional bisa sampai Rp2,7 miliar per bulan. Di luar itu masih ada komisi dari Kemendagri untuk pendapatan pajak bumi dan bangunan. Banyak gubernur punya pendapatan halal ratusan juta rupiah.

Bupati dan wali kota juga bisa dapat ratusan juta rupiah saban bulan, tergantung pendapatan asli daerah.

View this post on Instagram

GAJIAN BUPATI BULAN OKTOBER 2019.

A post shared by Kabupaten Banjarnegara (@kabupatenbanjarnegara) on

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR