KRIMINALITAS

Komik: penyapu ranjau dapat satu ton paku

Modus lawas: sebagian tukang tambal ban menebar paku di jalan. Ada juga penodong yang pakai cara serupa. Polisi sulit membereskan pelaku.
Modus lawas: sebagian tukang tambal ban menebar paku di jalan. Ada juga penodong yang pakai cara serupa. Polisi sulit membereskan pelaku. | Antyo® /Beritagar.id

SULIT | Pada awal beroperasi tahun 2011, tim Saber (Sapu Bersih) ranjau paku jalanan di Roxy, Jakarta Pusat, dalam 24 jam dapat satu ton paku. Para relawan itu menjadi mitra polisi. Mereka punya pekerjaan namun menyisihkan waktu untuk memunguti paku.

Temuan mereka terus bertambah. Para penebar paku tak pernah lelah. Yang penting ada sepeda motor dan mobil mengalami kempis ban sehingga korban akan mencari tukang tambal ban.

Apa sih susahnya meringkus pelaku yang sebagian besar adalah penambal ban dan sisanya penodong? Yang sulit adalah mengadili lalu mengirim mereka ke bui. Jarang korban yang melapor polisi. Padahal para hamba hukum butuh saksi dan bukti.

Awal tahun ini Polres Jakarta Barat sudah berikrar akan membersihkan para peranjau. Tapi polisi butuh laporan dari masyarakat.

Pernah sih terjadi persekusi. Pada akhir 2013 warga menangkap seorang terduga peranjau, lalu mereka membakar motornya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR