IDENTIFIKASI KORBAN

Komik: Pulang ke rumah setelah dimakamkan

Sore dimakamkan, malamnya Sunarto kembali ke rumah. Padahal akibat kecelakaan lalu lintas lukanya sangat parah.
Sore dimakamkan, malamnya Sunarto kembali ke rumah. Padahal akibat kecelakaan lalu lintas lukanya sangat parah. | Tito Sigilipoe /Beritagar.id

KELIRU | Selesai sudah pemakaman Sunarto sore itu (Senin, 7/10/2019). Dalam usia 40 dia meninggal tersebab kecelakaan lalu lintas di Lamongan, Jawa Timur. Kira-kita 40 kilometer dari tempat tinggalnya.

Setelah urusan di kuburan Desa Gesikan, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Jatim, itu beres, keluarga Sunarto pulang ke rumah. Sambil melepas penat mereka memberesi sisa urusan.

Akan tetapi ketika malam tiba, beberapa jam setelah pemakaman, Sunarto muncul di rumahya. Dia bugar. Tanpa luka kecelakaan. Keluarganya kaget. Juga bingung.

Betul, terjadi salah menguburkan orang. Yang mereka kuburkan adalah jenazah Wartim (35), teman Sunarto. Wartim orang Kecamatan Semanding, juga di Tuban. Ringkasan cerita ada dalam komik.

Masalahnya adalah identifikasi jenazah. Luka Wartim sangat parah sehingga dia sulit dikenali, tapi dia bawa identitas Sunarto.

Setelah jelas bahwa Sunarto masih hidup, esok harinya warga kampungnya berembuk menentukan nasib jenazah Wartim. Petugas polsek dan koramil juga hadir.

Akhirnya ada solusi: warga tak perlu memindahkan jenazah ke makam lain, cukup mengganti nisan. Dari Sunarto menjadi Wartim.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR