PAKAN TERNAK

Kotoran ayam dicampur kecoak jadi pakan ternak

MAKAN | Foto ilustrasi: Sapi memakan sampah di Desa MataIe, Kecamatan Meureuboe, Aceh Barat, Aceh, Rabu (23/1/2019).
MAKAN | Foto ilustrasi: Sapi memakan sampah di Desa MataIe, Kecamatan Meureuboe, Aceh Barat, Aceh, Rabu (23/1/2019). | Syifa Yulinnas /Antara Foto

Rumput basah sulit didapat. Itulah keluhan peternak sapi di Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah. Maka Cahya Setya Utama (37), seorang dosen peternakan pun tergerak. Selama ini dia meluangkan waktu setiap Sabtu dan Minggu untuk mengembangkan pakan alternatif.

Lalu setelah mencoba, jadilah pakan itu: dari kotoran ayam. Dosen Perternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang, itu sudah mencobanya di sejumlah wilayah eks-Karesidenan Pati.

"Setelah diujicobakan di Rembang, hasilnya tidak ada masalah bagi ternak," ujar Cahya di Dukuh Pelang, Desa Margorejo, kepada Radar Kudus baru-baru ini.

Diberi tetes tebu dan urea

Inilah rumus pakan sapi dari kotoran ayam. Satu ton kotoran dia keringkan, lalu ditambahi pupuk urea enam kilogram, tetes tebu 15 liter, mineral enam kilogram, garam tiga kilogram, dan starter enam kilogram.

Setelah campuran itu diaduk lalu ditutupi dalam wadah. Dibiarkan selama tiga pekan untuk fermentasi.

Hasil uji laboratoris menunjukkan kandungan protein per liter menu baru itu 17 persen, lagi pula bebas dari bakteri patogen.

Tak hanya sapi yang doyan pakan alternatif itu. Pak Dosen bilang, "Alhamdulillah domba peliharaan saya sangat lahap makannya."

Tahi ayam plus kecoak

Kotoran ayam memang bisa jadi pakan. Di Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mahasiwa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang, menerapkannya untuk pakan lele. Kotoran itu dicampur dengan ceremende, sejenis kecoak.

Adapun di Di Desa Doplang, Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, Jateng, menurut tabloid Tunas Bangsa, kelompok peternak ayam dan kelompok peternak lele bekerja sama. Betul, limbah kandang ayam dijadikan pelet pakan lele.

Universitas Setia Budi Surakarta mempertemukan kepentingan Kelompok Budidaya Lele Mina Usaha Tani dan Kelompok Peternak Ayam Mulya Jaya. Yang satu butuh pakan, yang lain membuang kotoran.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR