ULAH MASYARAKAT

Netflix imbau warganet hentikan Bird Box Challenge

Ilustrasi Bird Box Challenge.
Ilustrasi Bird Box Challenge. | LightField Studios /Shutterstock

Menanggapi maraknya permainan Bird Box Challenge, Netflix pun langsung mengeluarkan imbauan. Layanan pengaliran video manasuka (on demand) itu mengimbau agar para penonton tak lagi melakukan permainan berbahaya tersebut.

"Tolong jangan menyakiti diri Anda dengan Bird Box Challenge," tegas akun Twitter resmi Netflix Amerika Serikat (AS), yang diunggah pada Rabu (2/1/2019).

Cuitan Netflix merupakan reaksi terhadap permainan para warganet yang terinspirasi film Bird Box (2018). Tantangan ini ramai di media sosial dengan tagar #BirdBoxChallenge.

Film ini dibintangi Sandra Bullock yang berperan sebagai Malorie. Sebagai ibu, Malorie berjuang menyelamatkan dua anaknya dari sebuah kekuatan misterius yang mengancam eksistensi manusia di Bumi.

Makhluk misterius itu menyerang dengan memanfaatkan penglihatan manusia. Jika melihatnya, manusia akan kehilangan akal dan membunuh orang lain atau diri.

Itu sebabnya untuk menyelamatkan diri, Malorie dan dua anaknya, Boy dan Girl, selama bertahun-tahun harus menutup mata, apalagi ketika berada di ruangan terbuka.

Adapun cara bermain Bird Box Challenge adalah menantang setiap orang untuk melakukan tugas sehari-hari sambil menutup mata. Ini persis seperti para pemeran dalam film yang diklaim berhasil menggaet 45 juta penonton selama tujuh hari sejak penayangan perdana pada 13 Desember 2018 itu.

Pertama, pemainnya harus menutup mata dengan apa saja, baik penutup mata untuk tidur atau sehelai kain. Setelah itu, pemain bisa melakukan apa saja.

Video tantangan yang paling banyak dilihat berasal dari YouTuber Morgan Adams yang ditonton hingga 2,4 juta kali sampai artikel ini ditayangkan, Jumat (4/1).

Naravlog yang memiliki 2,3 juta pengikut ini menantang dirinya untuk menutup mata dan berkegiatan seperti biasa selama 24 jam. Adams berjalan di mal, menaiki eskalator, dan sebagainya.

Meski ada seseorang yang bertugas mengambil gambar dan membimbingnya agar tak melakukan hal-hal berbahaya, dia tetap tak luput dari celaka. Contohnya, di salah satu adegan, tangannya sempat nyaris terjepit pintu otomatis.

Selain Adams, masih ada beberapa warganet yang melakukan hal serupa dengan harapan videonya bisa menjadi viral. Mereka mengenakan penutup mata, berjalan terhuyung-huyung melalui rumah mereka dan meraba-raba di luar rumah.

Dalam beberapa kasus, permainan ini menyebabkan kecelakaan. Mereka yang menirunya beberapa kali menabrak sesuatu hingga membahayakan lalu lintas.

Sementara itu, dalam video lain ada juga gambar yang memperlihatkan beberapa remaja tampak berkeliaran di sekitar Walmart dengan mata tertutup. Belum lagi perempuan yang berusaha menutup matanya sambil memotong rambut. Ada juga yang mengajak anak balitanya, persis seperti di film, dan mencelakakannya.

"Kami tidak tahu bagaimana ini berawal dan kami menghargai cinta Anda. Tapi Boy dan Girl hanya memiliki satu keinginan untuk 2019 dan itu adalah agar Anda tidak berakhir di rumah sakit karena meme," ujar Netflix memberi tanggapan.

Sayangnya, peringatan Netflix tampaknya tak mendapat respons yang serius dari warganet. Mereka hanya menganggap hal tersebut adalah permainan yang lucu.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR