GAYA BUSANA

NYPD dan Polda Bali cermati drone penjahat

GAYA | Tangkapan layar kaus julan di Bukalapak. Kaus berdekorasi NYPD dijual Rp149 ribu per potong. Selain SWAT dan CIA, kaus NYPD juga populer di Indonesia.
GAYA | Tangkapan layar kaus julan di Bukalapak. Kaus berdekorasi NYPD dijual Rp149 ribu per potong. Selain SWAT dan CIA, kaus NYPD juga populer di Indonesia. |

Di New York, Amerika Serikat, drone atau pesawat nirawak hanya digunakan oleh polisi. Demikian menurut Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, di Denpasar, Minggu (15/9/2019).

Polda bicara soal New York Police Department (NYPD) karena Jumat lalu (13/9/2019) Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose bertandang ke NY dan bertemu aparat keamanan. Ada kesepahaman untuk bertukar informasi, kata humas polda.

Penyalahgunaan drone menjadi perhatian karena penjahat, termasuk teroris, menggunakan pesawat itu.

Di luar urusan kerja sama, ada hal lebih yang menarik. Sudah lama di Indonesia atribut NYPD — juga SWAT dan CIA, juga DEA — itu laku. Untuk dekorasi kaus bahkan jaket. Pemakainya merasa sekeren polisi Nu Yok.

Di Bukalapak, misalnya, kaus NYPD dijual Rp149.000 per potong. Penjualnya menyebut diri Lapak Cianjur. Lalu di Tokopedia, pelapak lain menjual kaus NYPD Rp105.000 per potong.

Adapun kaus DEA di Satubaju dijual Rp97.000 per potong. Di Amazon, kaus ala SWAT dan NYPD juga dijual.

Atribut polisi dan militer memang punya penggemar. Busana kasual ala US Army populer setelah Perang Vietnam — dan belakangan digemari lagi. John Lennon, sebagai aktivis antiperang, juga mengenakan baju (bekas) militer.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR