RINGKASAN SETAHUN

Pernikahan terpopuler para pesohor selama 2018

Ranveer Singh (kiri) dan Deepika Padukone dalam perayaan pernikahannya yang mengundang perhatian warganet, Mumbai, India (28/11/2018).
Ranveer Singh (kiri) dan Deepika Padukone dalam perayaan pernikahannya yang mengundang perhatian warganet, Mumbai, India (28/11/2018). | Divyakant Solanki /EPA-EFE

Sejumlah pesohor melangsungkan pernikahan sepanjang tahun ini. Sebagian di antaranya mengundang perhatian sehingga menjadi buah bibir.

Pernikahan adat India

Ada dua pernikahan adat India yang menyedot perhatian warganet pada 2018. Pertama adalah pasangan pesohor Hollywood, Priyanka Chopra dan Nick Jonas, yang digelar di Istana Taj Umaid Bhawan di Jodhpur, India, pada 1 Desember 2018.

Pernikahan ini terbilang mewah dan diadakan lebih dari sehari. Rangkaian acaranya berisi kegiatan adat.

Chopra mengenakan dua gaun, pertama adalah lehenga -- gaun pernikahan adat India rancangan Sabyasachi. Lalu gaun kedua adalah desain internasional dengan tudung sepanjang 22 meter dan 2.380.000 payet mutiara rancangan Ralph Lauren.

Upacara sakral Chopra dan Jonas masuk ke dalam daftar pernikahan yang paling sering dicari orang versi Google.

Kehebohan juga terjadi pada pernikahan dua pesohor India, Deepika Padukone and Ranveer Singh. Mereka digadang-gadang sebagai pasangan paling serasi di India.

Tetap mengusung adat India, Padukone dan Singh menyelenggarakan pesta pernikahan di Villa del Balbianello, Danau Como, Italia. Pernikahan digelar selama dua hari sejak 14 Desember 2018.

Pesta resepsi disebut mewah karena harga villa itu tidak murah. Padukone dan Singh harus menyiapkan bujet sekitar Rs24 juta atau sekitar Rp4,9 miliar. Harga tersebut belum termasuk busana, riasan, katering, dan sebagainya.

Pernikahan ini pun mendapat tagar khusus #DeepVeerWedding dengan lebih dari 22 ribu unggahan di Instagram.

Pernikahan bangsawan

Tahun ini, nama Meghan Markle menghiasi berbagai laman mode dan pernikahan. Gayanya selagi jadi pengantin mampu menginspirasi para perempuan.

Model busana hingga riasannya jadi topik utama sejumlah media mode dan kecantikan bahkan hingga berbulan-bulan setelahnya. Sebut Harper's Bazaar, Vogue, hingga Elle.

Di Inggris saja, ada lebih dari 29 juta orang yang menonton siaran saat Markle menikah dengan Pangeran Harry pada 19 Mei 2018.

Tak hanya ketika menjadi pengantin, nama perempuan asal Amerika Serikat itu juga masuk daftar paling banyak dicari menurut Google dalam kategori Orang, serta Mode dan Kecantikan.

Hal serupa juga dialami oleh Putri Eugenie asal Kerajaan Inggris yang menikah dengan Jack Brookesbank -- seorang lelaki nonbangsawan. Malah, sebagian orang menyebut pernikahan Euginie meniru konsep Markle.

Pernikahan mikro

Menurut Martha Steward Weddings, pernikahan mikro adalah momen saat pasangan mempelai hanya mengundang beberapa orang anggota keluarga dan kerabat terdekat. Konsep ini dipercaya dapat menghilangkan seluruh lapisan stres saat mempelai mempersiapkan acara pernikahan.

Hal ini telah dipraktikan oleh pesohor Hollywood, Emily Ratajkowski. Ia dan sang suami, Sebastian Bear-McClard, hanya melakukan prosesi pernikahan di gedung pengadilan.

"...Saya bahkan tidak bisa membayangkan seperti apa pernikahan 300 orang itu, karena masih terasa sibuk untuk merencanakan pernikahan kami," jelas model dan aktris tersebut kepada Vanity Fair (18/4).

Pernikahan bergaya serupa juga dilakoni oleh pesohor Tanah Air, Suhay Salim. Namanya yang besar sebagai naravlog (vlogger) kecantikan tak memengaruhi dia untuk tampil sederhana pada hari bahagianya.

Pada 2 Desember 2018, ia dan sang suami menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Jakarta dengan berbalut kaus dan celana jins dan tanpa riasan tebal.

Tak pelak, namanya pun langsung jadi buah bibir warganet dan menghiasi sejumlah media lokal tatkala disebut-sebut sebagai trend-setter.

"Menikah sifatnya sangat personal, selama kedua individu yang memutuskan untuk menikah memang sudah memiliki kesiapan yang baik, punya relasi yang sehat, persyaratan menikah terpenuhi, menikah di KUA sebenarnya cukup kok.

"Yang penting pernikahannya sah secara agama, tercatat dan diakui oleh negara," ucap psikolog dari Personal Growth, Wulan Ayu Ramadhani, MPsi, saat memberi tanggapan soal pernikahan ala Suhay Salim, seperti dikutip detikcom, Kamis (6/12).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR