GAYA BUSANA

Prestasi diplomatik: Batik dalam Sidang PBB

Baju batik dikenakan delegasi mancanegara dalam sidang PBB. Tapi busana resmi tetap setelan jas.  Berlaku internasional.
Baju batik dikenakan delegasi mancanegara dalam sidang PBB. Tapi busana resmi tetap setelan jas. Berlaku internasional. | Tito Sigilipoe /Beritagar.id

DIPLOMASI | Benarkah diplomasi Republik Indonesia lembek? Orang yang mengatakan tentu punya contoh alasan.

Sama halnya dengan pihak yang mengatakan diplomasi negeri ini berhasil. Pasti punya rujukan pembenar. Dari pembebasan WNI yang dihukum mati di luar negeri hingga baju batik delegasi dalam Sidang Dewan Keamanan PBB, di New York, Amerika Serikat, Selasa lalu (7/5/2019).

Tentu Anda bisa bilang, halah cuma sekali itu saja. Toh busana resmi rapat tetap setelan jas. Boleh sih bilang begitu. Tapi mendapatkan kesempatan sekali juga tak mudah, kan?

Tentang pakaian modern berbahan batik, tapi untuk acara kasual, majalah Tempo pada 1980-an punya foto menarik. Seorang turis cewek Kaukasian di Indonesia memakai setelan santai dengan bahan batik bermotif seragam Korpri. Padahal saat itu Soeharto sedang jaya, Golkar juga, dan Korpri dianggap sakti.

Coba kalau yang melakukannya orang sini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR