UU ITE

Rekaman asmara guru berbaju ASN jadi perkara

Foto ilustrasi
Foto ilustrasi | Max Pixel /CC0 Public Domain

Sebenarnya yang dilakukan sepasang kekasih, kebetulan keduanya guru SMK, itu urusan pribadi. Namun akhirnya menjadi perkara polisi di tingkat provinsi.

Apa boleh buat, kenangan visual mereka menyebar ke mata khalayak. Si pria, seorang guru teknik otomotif di Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu lalu (14/9/2019) menyebarkan foto serta video bermesraan dengan pacarnya, guru bahasa Inggris, di Twitter.

Klise: sakit hati

Alasan si pria, RI (31), menurut perwira Polda Jabar, di Bandung, Jumat (20/9/2019), karena sakit hati akibat jalinan asmaranya diputuskan RJ. Rekaman visual pasangan itu dibuat Juni lalu.

Menurut Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar, AKBP Hari Brata, RI yang ditangkap di Purwakarta lalu dibawa ke Bandung itu menjadi tersangka. Adapun RJ menjadi saksi.

Jerat hukum untuk RI adalah Pasal 45 UU ITE (pelanggaran pasal 27 ayat 1), dengan ancaman hukuman pol-polan enam tahun penjara dan/atau denda Rp1 miliar.

Orang partikelir

Kasus Purwakarta ini mengemuka karena dua hal: pelaku dalam gambar berseragam aparatur sipil negara (ASN), dan si perempuan berkerudung. Pemprov Jabar malu karena ada logo provinsi di seragam itu. Lalu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) melacak identitas pelaku.

Dengan bantuan polisi siber Polda Jabar, BKD mengaduk data pegawai, untuk mencocokkan foto, akhirnya didapat titik terang. Namun seorang pejabat BKD, Dedi Mulyadi, mengatakan, "Setelah ditelusuri, yang bersangkutan bukan ASN Pemprov Jabar."

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR