PERLINDUNGAN KONSUMEN

Rezeki tiban saat Ramadan

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Tutup botol minuman dibuang jadi kaleng, dismpan pun jadi kaleng - dan (mungkin) uang.
Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Tutup botol minuman dibuang jadi kaleng, dismpan pun jadi kaleng - dan (mungkin) uang. | Tito Sigilipoe /Beritagar.id

HADIAH | Yang penting dalam promosi undian berhadiah adalah tak merepotkan apalagi mengecoh konsumen. Termasuk dalam merepotkan misalnya pajak ditanggung pemenang, bahkan calon pemenang harus hadir dalam pengundian.

Sedangkan pengecohan misalnya pemenang undian harus membeli produk tertentu. Atau bisa juga ini: tak disebutkan di muka bahwa hadiah tak dapat ditukar tunai dan tak dapat dialihkan. Umpamanya hadiah berupa paket perjalanan wisata -- termasuk wisata religi.

Dalam bisnis, undian berhadiah adalah promosi. Biaya dibebankan kepada harga jual. Artinya orang yang tak menang ikut membiayai kemenangan si untung. Bahkan undian berhadiah sejumlah mobil oleh bank pun sudah terhitung biayanya: tetap jauh lebih murah ketimbang menaikkan bunga simpanan satu persen.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR