Saat selebgram terlilit utang puluhan miliar rupiah

Ilustrasi kesusahan ditimpa masalah.
Ilustrasi kesusahan ditimpa masalah.
© Aslysun /Shutterstock

Nama Angela Lee belakangan sedang ramai dibicarakan oleh sebagian kalangan. Ia adalah salah seorang selebritas media sosial, terutama di Instagram.

Jumlah pengikutnya mencapai 616 ribu orang hingga artikel ini diterbitkan, Senin (13/11/2017). Akun @angelalee87 miliknya pun telah terverifikasi.

Namun, bukan hal tersebut yang membuatnya wara-wiri di berbagai laman berita lokal belakangan ini. Angela dikabarkan terlilit hutang hingga ratusan miliar rupiah dan sempat dilaporkan melakukan penggelapan uang oleh beberapa rekannya.

Angela kemudian menggelar jumpa pers. Perempuan berusia 30 tahun ini membeberkan awal mula dirinya terlilit hutang dengan jumlah yang besar. Seperti dilansir Liputan6, Angela mengakui lilitan utang itu akibat kesalahannya yang teledor dalam bisnis.

Awal mula utang

Beberapa tahun belakangan, ia menjalankan bisnis tas mewah tanpa modal pinjaman. Tak berapa lama Angela mendapat pinjaman sekitar Rp45 miliar dengan bunga 4-7 persen per pekan. Bunga ini harus tetap dibayar meskipun tas tak laku terjual.

"Memang aku salah, ada (tas) yang belum dan sudah laku. Yang belum aku nombokin," ucap Angela dalam jumpa pers di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Senin (6/11).

A post shared by Angela Lee (@angelalee87) on

Salah satu kesalahannya adalah tidak memiliki perjanjian hitam di atas putih alias surat perjanjian. Angela juga melakukan kesalahan berupa "gali lubang tutup lubang" atau meminjam uang kepada orang lain untuk melunasi utang kepada pihak lain.

Pada awalnya cara ini diakuinya bisa menutup utang awal sedikit demi sedikit. "Angel sudah mengembalikannya sebesar Rp43 Miliar dengan 600 kali transaksi," ungkap Henry Indraguna, pengacara Angela Lee.

Namun, bunga yang terus membengkak membuat Angela akhirnya kembali berutang sebesar Rp115 miliar kepada seseorang berinisial S.

Henry menjelaskan bahwa utang itu sudah dilunasi sekitar Rp103 miliar, beserta uang administrasi sebesar Rp176 juta dan bunga sebesar Rp4 miliar. Utang dilunasi dengan mencicil sebanyak 126 kali.

"Sudah dibayar nyicil sebanyak 126 transaksi. Tetapi S kok malah melaporkan Angel ke Polres Sleman, Yogyakarta, dengan pasal penipuan dan penggelapan," katanya seperti ditulisViva.

Selain itu S juga memaksa Angela menyerahkan rumah, mobil, dan harta bendanya.

"Angela dipaksa untuk menyerahkan rumahnya atau diambil secara paksa. Rumah diserahkan dan dibuat nota penjualan sebesar Rp1,4 miliar. Setelah itu, mobilnya diambil paksa juga, itu sebesar Rp246 juta. Bahkan, uang endorse dia sebagai artis itu ditungguin, begitu masuk langsung diambil," sambung sang pengacara.

Untuk membayar semua utangnya, lagi-lagi Angela meminjam uang dari beberapa pihak. Mulai dari orang terdekat hingga mereka yang mau meminjamkan dengan bunga.

Ia bahkan meminjam kepada rekannya Lee Jeung Hoon, selebritas Indonesia asal Korea yang populer karena perannya di serial Kelas Internasional. Uang Rp200 juta yang dipinjamnya dari Lee pun tak sanggup menutup bunga dari utang-utangnya.

Nyaris bunuh diri

Merasa malu dan stres, Angela menarik diri hingga dituduh melarikan diri. Tak banyak yang tahu, kasus ini sempat membuatnya depresi hingga ingin bunuh diri.

Ironisnya, ide bunuh diri ini dicetuskan sang suami sebanyak tiga kali.

"Suami ngajak aku dan anak bunuh diri bareng-bareng biar nggak ngerasain utang lagi. Tapi aku takut," ujar perempuan yang juga sempat menjadi pembawa acara D'Academy Celebrity, D'Box, dan Lambe Pagi ini.

Ide bunuh diri justru menjadi titik balik Angela. Ia bangkit, berani keluar, dan dan bertanggung jawab.

Angela kemudian menggugat cerai sang suami dengan alasan tak mau memberi beban kepada pasangannya. Lewat jumpa pers, acara televisi Pagi Pagi Pasti Happy, dan unggahan Instagram, Angela meminta maaf kepada seluruh pihak yang terlibat.

Ia pun mulai bekerja kembali untuk melunasi seluruh utangnya. "Saya minta diberi kesempatan buat bekerja yang halal karena saya mau menyelesaikannya dengan cara halal pula dan saya ada itikad baik menyelesaikan semuanya.

"Saya mohon pengertiannya. Manusia tak luput dari kesalahan. Tetapi saya mau memperbaiki kesalahan saya. Mohon teman teman mengerti dan memberi saya kesempatan buat saya bisa bekerja seperti sediakala," tulisnya di Instagram.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.