Survei: milenial ingin digaji Rp3 juta - Rp3,9 juta

© San dy Nurdiansyah /Beritagar.id

Rentang gaji bulanan yang diinginkan pekerja di Jabodetabek adalah Rp3 juta hingga Rp3,9 juta. Kata siapa?

Begitulah menurut hasil survei terhadap 33.000 pekerja yang terekam dalam pangkalan data Helpster Indonesia, sebuah layanan daring yang menghubungkan para pencari kerja jangka pendek.

Penyigian dilakukan Oktober 2017 dan siaran persnya diterima Beritagar.id November lalu. Tersimpulkan bahwa 46 persen pekerja ingin digaji dengan rentang segitu.

Ada hal yang tak terjelaskan dalam laporan itu, yakni sektor pekerjaan, serta jenis dan jenjang pos para pekerja. Namun ada keterangan, kebanyakan responden berusia 18-21 tahun ( 29 persen) dan 22-25 tahun (23 persen).

Kelompok usia 18-21 itu adalah Generasi Z atau Gen Z. Sedangkan kelompok usia 22-25 tahun termasuk Generasi Y atau Gen Y alias generasi milenial.

Jika dibandingkan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta, Rp3,9 juta itu masih sedikit di atasnya, selisih Rp250.000.

Isu seputar Gen Y dan Gen Z masih sama: kebebasan. Maka survei itu mendapati 71 persen pekerja ingin keleluasaan dalam berkarier, bisa bekerja dengan jadwal fleksibel.

Mereka itulah kaum langgas, ingin bebas, bekerja tanpa terlalu terikat. Istilah langgas dipopulerkan oleh Yoris Sebastian, melalui buku Generasi Langgas: Millennials Indonesia (2016).

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.