SOROTAN MEDIA

7 WNI jadi korban jembatan runtuh di Taiwan

Regu penyelamat dan militer setempat mencari korban di bawah reruntuhan jembatan Pelabuhan Nanfangao, Kabupaten Yilan, Taiwan Timur, Rabu (2/10/2019). Jembatan tersebut ambruk pada Selasa (1/10).
Regu penyelamat dan militer setempat mencari korban di bawah reruntuhan jembatan Pelabuhan Nanfangao, Kabupaten Yilan, Taiwan Timur, Rabu (2/10/2019). Jembatan tersebut ambruk pada Selasa (1/10). | TAIWAN MILITARY NEWS AGENCY /EPA-EFE

Sebuah jembatan di Kota Nanfang'ao, Yilan, Taiwan, runtuh Selasa pagi (1/10/2019). Akibat insiden tersebut tujuh Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) menjadi korban.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha mengungkapkan, Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan telah mengirimkan tim ke lokasi kejadian dan menerima informasi terdapat empat WNI ABK yang mengalami luka-luka serta tiga WNI ABK lainnya hilang, diduga terjebak di antara reruntuhan.

KDEI Taiwan terus memberikan bantuan kepada para WNI yang terluka dan berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk pencarian korban WNI yang masih hilang. Mereka juga sedang berusaha mencari identitas ketujuh WNI tersebut.

Ringkasan

  • Total terdapat tiga WNI yang meninggal dunia akibat runtuhnya jembatan di Kota Nanfangao, Yilan, Taiwan, pada Selasa (1/10).
  • Dua dari tiga WNI yang sempat dilaporkan hilang dalam peristiwa jembatan tuntuh di Kota Nanfangao, Yilan, Taiwan, ditemukan meninggal dunia.
  • Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha mengatakan tim pencarian otoritas Taiwan telah menemukan 2 dari 3 WNI yang hilang.
  • Selain dua WNI meninggal dunia dan satu orang yang masih hilang, insiden tersebut juga mengakibatkan empat WNI lain terluka.
  • Kejadian itu terekam kamera pengawas (CCTV). Kabel jembatan sepanjang 140 meter dan setinggi 18 meter itu mendadak putus dan langsung jatuh ke wilayah perairan.
  • Sebanyak 12 orang luka-luka dalam kejadian itu. Mereka terdiri dari enam warga Filipina, tiga warga Indonesia, sopir truk tangki, dan dua anggota penjaga pantai.
  • Sampai saat ini, pihak berwenang belum mengetahui penyebab jembatan yang dibangun pada 1998 itu runtuh. Jembatan itu menjadi simbol daerah itu dan juga beberapa kali digunakan sebagai lokasi syuting sinetron lokal.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 11 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dan medcom.id dengan 6 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 03:00 WIB dengan total 8 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh suarasurabaya.net dengan 3083 interaksi, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 535 interaksi. Selanjutnya inews.id dengan 428 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR