SOROTAN MEDIA

KA Galunggung anjlok di daerah Garut

Foto Ilustrasi. Pekerja meluruskan rel Kereta Api (KA) yang mengalami pergeseran di Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (18/12/2018).
Foto Ilustrasi. Pekerja meluruskan rel Kereta Api (KA) yang mengalami pergeseran di Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (18/12/2018). | Siswowidodo /Antara Foto

Kereta Api (KA) Galunggung relasi Bandung-Tasikmalaya anjlok di sekitar Stasiun Bumiwaluya, Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019). Saat kejadian KA ekonomi tersebut membawa 77 penumpang.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero), Noxy Citrea mengungkapkan peristiwa anjloknya kereta itu dilaporkan sekitar pukul 08.14 WIB. KA itu mengangkut 77 penumpang tujuan Stasiun Tasikmalaya.

Akibat anjloknya KA yang melayani perjalanan Stasiun Kiaracondong-Stasiun Tasikmalaya tersebut, KA Lodaya relasi Bandung-Yogyakarta-Solo sempat tertahan di Stasiun Warungbandrek, Kabupaten Garut. Begitu juga dengan KA Argo Wilis tujuan Surabaya.

Ringkasan

  • PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi Daop 2 Bandung melalui Manajer Humas Noxy Citrea memohon maaf atas insiden tersebut.
  • Noxy mengatakan, anjloknya KA Galunggung disebabkan oleh adanya dua as yang keluar rel pada kereta nomor tiga dari belakang. Akibatnya, gerbong kereta anjlok.
  • Sebanyak 77 penumpang KA Galunggung dipindahkan ke kereta yang tidak anjlok dan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Tasikmalaya pada pukul 09.44 WIB.
  • Sementara KA Lodaya yang sempat tertahan juga telah melanjutkan perjalanan ke Solo. KA Lodaya diketahui tertahan sekitar 40 menit.
  • KA Argo Wilis yang hendak kembali ke Surabaya juga tertahan sekitar 30 menit akibat anjloknya KA Galunggung.
  • Noxy pun menjelaskan bahwa jalur selatan kini sudah bisa dilalui meskipun kecepatan harus dibatasi di lokasi anjloknya KA Galunggung.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 6 pemberitaan, diikuti peringkat kedua republika.co.id dan bisnis.com dengan 4 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 15:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 7 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh radartasikmalaya.com dengan 56 interaksi, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 37 interaksi. Selanjutnya wowkeren.com dengan 36 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR