SOROTAN MEDIA

Tol Terpeka Sumatera terpanjang dan tercepat

Foto udara Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung di kawasan Provinsi Lampung, Jumat (15/11/2019)
Foto udara Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung di kawasan Provinsi Lampung, Jumat (15/11/2019) | Muhammad Iqbal /Antara Foto

Jalan Tol Trans Sumatera ruas Lampung-Sumatera Selatan; Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (15/11/2019), mencatatkan dua rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Selain sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia, ruas tol ini juga dikerjakan dalam 2,5 tahun--rekor baru MURI untuk pembangunan jalan tol sepanjang 189 kilometer. Jalan bebas hambatan yang mampu menampung 6.400 kendaraan per hari itu, tepatnya selesai dibangun dalam 841 hari.

Sebelumnya, jalan tol Bakter (Bakauheni - Terbanggi Besar) yang juga bagian dari Tol Trans Sumatera, menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia yang diresmikan pada Maret 2019 dengan panjang kurang lebih 140,94 km.

Bagian dari megaproyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan panjang total 2.704 km ini dibangun PT Hutama Karya (Persero). Kehadirannya akan menghubungkan pusat-pusat produksi dengan pasar, sehingga menumbuhkan perekonomian di Sumatera.

Ringkasan

  • Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung di Kabupaten Mesuji, Jumat (15/11/2019).
  • Tol ini bagian dari megaproyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menyambungkan Lampung hingga ke Aceh pada 2024 mendatang.
  • Dengan total panjang lebih dari 2.704 km, rencananya akan dibangun 24 ruas yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan delapan ruas prioritas.
  • Kehadiran jalan tol tersebut diharapkan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan memfasilitasi sentra produksi dengan pasar yang lebih luas.
  • Selain sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia, ruas tol ini dikerjakan dalam 2,5 tahun--rekor baru MURI untuk pembangunan jalan tol sepanjang 189 kilometer.
  • Presiden dan rombongan memutuskan menuju Bandar Udara Radin Inten II melalui jalur darat menyusuri ruas jalan tol dengan panjang mencapai 189,2 kilometer.
  • Jarak dari gerbang tol KM 240 yang merupakan lokasi peresmian dengan bandara kurang lebih 155 kilometer, tapi rombongan tiba di tujuan dalam dua jam.
  • Balai Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menetapkan tarif tol trans Sumatera ruas Terpeka itu sebesar Rp900 per km untuk golongan mobil pribadi.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 21 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 19 pemberitaan. selanjutnya kompas.com dengan 5 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 33 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh Jokowi%20Resmikan%20Tol%20Terpeka. dengan 7374351 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 6272 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 3988 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR