KRIMINALITAS

Infografik: Senjata ala ninja yang digunakan penyerang Wiranto

Penyerang Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto diduga menggunakan pisau ala ninja saat melakukan penusukan pada Kamis (10/10/2019), di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Berdasarkan foto yang beredar, pisau tersebut berukuran kecil dan memiliki ujung runcing serta tajam. Pada bagian gagang, tampak seperti dililit dengan tali warna merah, di bagian ujung lainnya, berbentuk bulatan warna hitam.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Kabid Humas Polda) Banten Komisaris Besar (Kombes) Edy Sumardi bilang, "Benar (pisau itu yang digunakan pelaku)".

Senjata tajam yang digunakan pelaku dikenal dengan nama kunai. Apakah itu?

  • Senjata tajam itu kerap muncul di serial animasi Jepang, satu di antaranya Naruto. Benda itu dikenal juga dengan sebutan Pisau Lempar Kunai Red Ninja Naruto.
  • Kunai populer digunakan oleh para ninja dalam animasi tersebut sebagai senjata pertarungan jarak dekat. Dalam serial Naruto, kunai lebih populer digunakan dalam bertarung, ketimbang pedang.
  • Dalam buku ‘Classical Weaponry of Japan: Special Weapons and Tactics of the Martial Arts’, karya Sergei Moi, kunai tergolong sebagai perkakas yang biasa digunakan untuk menggali, mirip sekop, namun berbentuk datar.
  • Kunai yang dikenal dalam serial animasi Naruto sebetulnya sebuah senjata di dunia nyata. Buku Battle for Power karya Kazuo Koike, mengungkap kunai sudah ada dan digunakan sejak abad ke-11 Masehi.
  • Biasanya, berukuran sekitar 10-18 cm. Namun, ada juga kunai yang panjangnya 35-45 cm. Lantaran ukurannya cukup kecil, bisa dibawa ke mana-mana dengan disembunyikan di balik baju.
  • Kunai dijual bebas di sejumlah toko daring alias e-commerce dengan kisaran harga Rp55 ribu (ukuran kecil) hingga Rp120 ribu (ukuran besar).
  • Pengamat terorisme Al Chaidar mengatakan kunai mudah didapatkan karena banyak diproduksi di Cirebon.

Lantas apa alasan pelaku memakai kunai?

Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Purwanto mengatakan penggunaan kunai untuk menusuk Wiranto bertujuan agar tak mudah untuk dilacak.

“Tidak sembarangan senjata karena kalau dibeli dari lokasi mana-lokasi mana mudah dilacak. Tapi dengan menggunakan senjata khas yang gaya sendiri untuk private di kelompok itu,” ujarnya, dikutip Kompas.com, Jumat (11/10).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR