3 restoran populer di Pulau Dewata

Ilustrasi restoran di Bali
Ilustrasi restoran di Bali | liseykina /Shutterstock

Kongko dan makan-makan di Bali pasti jadi salah satu agenda wajib dalam jadwal liburan. Setelah bermain di pantai atau mengunjungi objek wisata, waktunya mengisi perut sambil menikmati suasana santai di Bali.

Tak sulit menemukan kafe dan restoran di Bali. Namun, jika yang dicari adalah tempat kekinian dan populer, berikut tiga di antaranya:

Restaurant Locavore Ubud dan Swept Away at The Samaya Ubud

Dua restoran ini masuk dalam 10 Best Fine Dining Restaurants versi Travelers Choice Awards 2016. Locavore, menyajikan makanan Eropa modern yang dipadukan dengan bahan lokal organik.

"Semuanya masih segar. Dan bahan makanan kami ambil dari petani lokal agar berdampak pada meningkatnya penghasilan para petani Ubud," ungkap Executive Chef, Eelke Plasmeijer.

Beberapa menu yang disajikan di Locavore adalah gnocchi, bonito, pateen croute, duck comsomme, herb lobster, pork combination, hingga beetroot sorbet.

Sementara itu, menu di Swept Away antara lain eggs benedict, burrito, quiche, aneka roti, mini wagyu, aneka es krim, salad, dan masakan nusantara seperti nasi goreng, ayam panggang, dan pepes gurami.

Ketan Susu Coeg

Masih bernuansa menu tradisional, di Bali juga ada ketan susu. Salah satu yang tersohor karena kelezatannya adalah Ketan Susu Coeg di Jalan Marlboro Barat, Timur Perempatan Gunung Salak depan Banjar Tegal Lantang Denpasar, dan Jalan Tukad Pakerisan nomor 116 A, Panjer Denpasar.

Menu ketan susu memang tradisional, namun Ketan Susu Coeg menyajikannya secara modern. Dengan tambahan cokelat, stroberi, toblerone, cadbury, dan nutella dengan kuah susu murni, rasa ketan jadi lebih istimewa.

Anda bisa memesan ketan susu dengan rasa sesuai selera. Dua menu yang paling populer adalah ketan nutella kuah susu green tea dan ketan toblerone kuah susu taro.

Kunyit Bali Restaurant

Terletak di dalam kompleks The Anvaya Beach Resort, Kuta, Bali. Kunyit Bali menjadi satu-satunya restoran di hotel bintang lima yang menghadirkan nuansa Bali kuno.

Bagi yang ingin suasanan makan santai, jauh dari hiruk-pikuk Kuta, restoran ini bisa jadi alternatif. Soal makanan, beberapa di antaranya ada bebek goreng kunyit, bebek betutu, sop buntut, nasi goreng, gado-gado dan lain-lain.

Keunikan lain dari restoran ini adalah mempertahankan tradisi megibung, duduk makan bersama dan saling berdiskusi dan berbagi pendapat bersama banyak orang. Ini adalah cara makan adat di Bali zaman dulu. Makan cara Megibung kini hanya diterapkan di beberapa acara adat saja.

A photo posted by Lisa 'O (@lisa_odah) on

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR