Wisata kopi di Bali Pulina

Kopi Luwak dan teh di Bali Pulina.
Kopi Luwak dan teh di Bali Pulina. | AKKHARAT JARUSILAWONG /Shutterstock

Tempat ini tidak menawarkan pantai, bar, kuliner lokal, maupun atraksi tari. Bali Pulina adalah salah satu alternatif wisata agrowisata kopi dan cokelat di Bali.

Jika ingin menyepi dari hingar-bingar Bali dan berwisata ke tempat yang berbeda, Bali Pulina bisa jadi tujuan yang tepat. Lokasi kebun ini ada di Desa Banjar Pujung Kelod, Tegalalang, Gianyar, Bali.

Di kebun ini, pengunjung bisa mendapat pengalaman dengan bonus pengetahuan soal kopi. Dimulai dengan melihat pohon kopi, pohon cokelat, serta tanaman rempah seperti kunyit, jintan, ketumbar, kayu manis, serai, dan ginseng.

Begitu Anda melangkahkan kaki di Bali Pulina, akan ada petugas yang menemani dan menjelaskan secara singkat tentang tanaman-tanaman dan proses pembuatan kopi. Para pelancong juga diperbolehkan untuk menggoreng dan menumbuk biji kopi pada sebuah gubuk kecil.

Dilanjutkan dengan kegiatan seru lain di Bali Pulina, yakni melihat proses pembuatan kopi luwak yang tersohor dan mahal harganya.

Kopi luwak adalah kopi yang berasal dari sisa kotoran binatang luwak. Proses pembuatan kopi luwak di Bali Pulina bisa disaksikan mulai dari melihat kotoran luwak dikeluarkan dari kandang-kandang, dilanjutkan dengan proses pencucian dan penjemuran. Proses penjemuran kotoran luwak berlangsung hingga seminggu.

Setelah kotoran dijemur seminggu, biji kopi akan disangrai lalu ditumbuk hingga halus dan siap diseduh. Pengunjung juga bisa mampir ke dapur. Di sana lah proses penumbukkan dan penyaringan kopi terjadi. Bila penasaran, boleh mencoba menumbuk kopi sendiri.

Bila selama ini hanya mengenal nama kopi luwaknya saja, di Bali Pulina Anda berkesempatan untuk melihat hewan luwak secara langsung. Total, ada 17 luwak di kebun tersebut.

Selain melihat proses pembuatan kopi, di Bali Pulina, tentunya pengunjung dapat menikmati kopi itu sendiri. Ada 8 jenis kopi yang disajikan dalam setiap set, yaitu teh lemon, teh jahe, kopi jahe, kopi ginseng, cokelat kopi, kopi murni, kopi vanila, dan kopi asli Bali.

Untuk mencoba pengalaman minum kopi luwak, Anda bisa memesan secara terpisah dari set kopi di atas. Harganya pun masih terjangkau, yaitu Rp50 ribu per cangkir. Anda bisa menikmatinya di area restoran yang didesain layaknya warung di pedesaan, berteman pemandangan hamparan sawah nan hijau.

Ada juga toko oleh-oleh yang menjual kopi luwak dalam kemasan, teh, vanila, madu, minyak, dan produk perawatan tubuh.

Bila tertarik datang ke Bali Pulina, kebun ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 - 19.00 WITA. Tiket masuknya adalah Rp100 ribu, sudah termasuk biaya tur di kebun dan mencicipi 8 jenis kopi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR