FILM INDONESIA

Alasan pemilihan Gading Marten sebagai pemeran Naga Bonar

Gading Marten tak lupa meminta izin kepada Deddy Mizwar saat mendapatkan kesempatan bermain dalam Naga Bonar Reborn
Gading Marten tak lupa meminta izin kepada Deddy Mizwar saat mendapatkan kesempatan bermain dalam Naga Bonar Reborn | Gempita Tjipta Perkasa

Sosok fiktif nan ikonis Naga Bonar yang pernah dihidupkan oleh aktor Deddy Mizwar kini dilahirkan kembali oleh rumah produksi Gempita Tjipta Perkasa. Sosok yang dipercaya memerankannya adalah Gading Marten (37).

Dalam jumpa pers peluncuran cuplikan film Naga Bonar Reborn yang berlangsung di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat (20/8/2019), Juniver Girsang sebagai eksekutif produser mengatakan alasan terpilihnya Gading karena berbagai pertimbangan.

“Pertama dia harus punya nama baik, lalu disenangi oleh masyarakat. Urusan ganteng atau tidak enggak masalah. Asalkan pemeran ceweknya harus cantik,” ungkap Juniver yang juga seorang pengacara dari Law Offices Juniver Girsang & Partners.

Berdasarkan kriteria yang disampaikan tadi, tim casting kemudian mulai mencari pemain. Saat melihat nama Gading Marten, para penggawa Gempita Tjipta Perkasa langsung terpikat.

“Gading pas memerankan Naga Bonar. Dia lucu, ganteng, dan sedang naik daun. Kami tak perlu wajah baru. Lebih baik ambil pemain yang sudah terkenal sehingga filmnya punya nilai jual,” tambah Juniver.

Ketika mendapat tawaran untuk membintangi film ulang buat Naga Bonar, Gading yang pernah mendapatkan Piala Citra sebagai aktor terbaik mengaku kaget. Musabab membintangi film yang sudah ikonis selalu gampang-gampang susah.

“Pilihannya antara film versi baru ini nantinya akan sukses banget. Bisa juga malah diomongin orang karena gagal menyamai film terdahulu,” kata Gading.

Merasa berada dalam posisi dilematis, Gading akhirnya meminta saran ayahnya, Roy Marten, yang juga seorang aktor. “Soalnya konsultasi dengan beliau selalu gratis,” kelakar Gading.

Dari sang ayah, Gading mendapat dorongan untuk mengiyakan tawaran memerankan sosok Naga Bonar.

“Papa bilang enggak usah nonton versi yang lama dan menjadikan Naga Bonar yang sekarang versi saya sendiri,” ujar Gading.

Ketika resmi ditunjuk sebagai pemeran Naga Bonar, Gading tak lupa menghubungi secara personal Deddy Mizwar, pemeran Naga Bonar pada 1986. Semacam bentuk minta izin kepada sosok yang pertama memberikan ruh dan nyawa kepada tokoh fiktif ini.

Belakangan hubungan antara pihak Deddy, dalam hal ini diwakili PT Demi Gisela Citra Sinema (DGCS), dengan PT Gempita Tjipta Perkasa berujung gugatan ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Dalam salah satu isi petitumnya, DGCS mengaku sebagai penerima sah atas pengalihan hak cipta karya tulis skenario Naga Bonar yang ditulis oleh Asrul Sani.

Gusty Randa selaku produser Naga Bonar Reborn menanggapi santai gugatan tersebut. Pasalnya mereka menyajikan Naga Bonar yang berbeda dari skenario film bikinan mendiang Asrul Sani.

“Lagi pula kami mengantongi izin dari istri mendiang Asrul Sani. Jadi, proyek Naga Bonar Reborn jalan terus,” tegas Gusty yang ikut pula bermain dalam film ini.

Mutiara Sani (71), istri mendiang Asrul Sani, yang turut hadir dalam konferensi pers mengaku gembira setelah menonton cuplikan film Naga Bonar Reborn. Pujian pun ia layangkan kepada Gading.

“Melihat Gading memerankan Naga Bonar seolah merasakan kehadiran Asrul Sani di dekat saya. Bagus sekali,” kata Mutiara yang mengaku mengetik naskah film Naga Bonar.

Film Naga Bonar Reborn yang disutradarai Dedi Setiadi direncanakan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Oktober 2019.

Para pemainnya, selain Gading, menghadirkan Citra Kirana, Delano Daniel, Ence Bagus, Roy Marten, Ray Sahetapy, Donny Damara, Rita Matumona, Elly Sugigi, Robby Tremonti, Harry Ponto, serta penampilan khusus dari Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR