FILM BULAN INI

Beragam film Indonesia tayang Juli 2017

Pamela Bowie (kanan) berpasangan dengan Ge Pamungkas dalam film Mars Met Venus (Part Cewe) yang tayang mulai 20 Juli 2017.
Pamela Bowie (kanan) berpasangan dengan Ge Pamungkas dalam film Mars Met Venus (Part Cewe) yang tayang mulai 20 Juli 2017. | MNC Pictures

Jumlah film Indonesia yang siap tayang di bioskop sepanjang Juli 2017 meningkat satu judul dibandingkan bulan sebelumnya. Selain itu genre yang diusung lebih bervariasi sehingga penonton lebih punya banyak pilihan.

Mulai dari suguhan drama dengan nuansa religi, pasang surut hubungan persahabatan antara dua laki-laki pemilik kedai kopi, komedi tentang pasangan yang hendak menikah, teror menyeramkan dari boneka, hingga aksi laga dari para model melawan teroris.

Semua itu bisa menjadi alternatif hiburan bagi para penggemar film nasional di bioskop. Menyuguhkan cerita dan genre beragam juga diperlukan untuk bersaing dengan sejumlah film asing, terutama produksi Hollywood, yang juga telah mengantre tayang.

Beberapa film asing yang diprediksi cukup dinantikan penayangannya bulan ini, antara lain Spider-Man: Homecoming, War for The Planet of the Apes, Valerian and the City of a Thousand Planets, dan Dunkirk arahan Christopher Nolan.

Dari jadwal yang tercantum, Kamis pekan pertama Juli tidak menghadirkan satu pun film Indonesia. Kehadiran film pahlawan super Spider-Man yang dibintangi Tom Holland dan Robert Downey Jr. tampaknya jadi salah satu penyebab.

Pasalnya Sony Pictures Indonesia telah mengumumkan 5 Juli alias Rabu sebagai waktu penayangan.

Memilih waktu tayang sehari setelah pemutaran Spidey yang kemungkinan masih dibanjiri penonton hingga akhir pekan jelas tindakan penuh risiko.

Agar napas mengarungi layar bioskop jadi lebih panjang alih-alih hanya bertahan beberapa hari karena kekurangan penonton, langkah terbaik adalah menghindar dan tidak berhadapan langsung dengan tokoh adaptasi komik Marvel yang sudah kadung populer itu.

Kemunculan film Indonesia terjadi pada 13 Juli yang menghadirkan Bukan Cinta Malaikat dan Filosofi Kopi 2: Ben & Jody. Film yang dituliskan pertama adalah produksi dua negara antara Indonesia (Ganesa Perkasa Films) dan Malaysia (Ace Motion Pictures SDN BHD).

Sementara Ben & Jody merupakan sekuel dari ekranisasi cerpen "Filosofi Kopi" karya Dewi Lestari. Berbeda dengan film pertama yang rilis 2015, Angga Sasongko sebagai sutradara sekaligus salah satu penulis skenario kali ini menyajikan kisah yang berdiri sendiri. Tidak lagi mengadaptasi cerpen.

"Mereka hanya memakai karakter Ben dan Jody dari cerpen saya. Sementara dari segi cerita murni hasil pengembangan para penulis naskah film," jelas Dee, sapaan Dewi.

Pembeda lain film ini dengan yang pertama adalah kehadiran dua tokoh perempuan, Brie (diperankan Nadine Alexandra) dan Tarra (Luna Maya).

Chicco Jerikho yang memerankan Ben mengibaratkan kehadiran dua tokoh baru tersebut sebagai penyeimbang.

"Kalau mau minum kopi hitam doang tanpa gula, mungkin yang enggak biasa akan merasakan pahit. Tapi kalau melihat mereka berdua serasa cappuccino dan latte," kata Chicco.

Dua film lain yang menyusul tayang pekan berikutnya (20/7) adalah Mars Met Venus (Part Cewe) dan The Doll 2.

Laiknya film The Disappearance of Eleanor Rigby yang menghadirkan sudut penceritaan dari sisi perempuan dan pria, MNC Pictures juga memecah Mars Met Venus jadi dua bagian. Versi cewek rilis terlebih dahulu. Sementara bagian cowok hadir pada 3 Agustus 2017.

Kisahnya tentang Kelvin (diperankan Ge Pamungkas) yang berencana menikahi Mila (Pamela Bowie). Dalam rangka melamar Mila, Kelvin merekam perjalanan cinta mereka dengan membuat video blog dibantu Lukman (Wisnu Adji Hidayat).

Ternyata pembuatan vlog membuka hal-hal yang selama ini tidak diperhatikan Kelvin dan Mila. Banyak salah paham dan perbedaan sudut pandang yang menghiasi kisah asmara menuju pelaminan.

Cerita pasangan suami istri (pasutri) yang mendapat teror dari boneka hantu kembali jadi menu utama The Doll 2.

Melanjutkan prekuelnya yang berhasil meraup 550.252 penonton, Hitmaker Studios memercayakan Herjunot Ali dan Luna Maya sebagai tokoh pasutri baru menggantikan Denny Sumargo dan Shandy Aulia.

Boneka Ghawiah yang jadi penebar teror pada seri terdahulu juga digantikan Sabrina. "Hanya Laras (diperankan Sara Wijayanto, red.) yang menjadi benang merah dari cerita pertama," ungkap Rocky Soraya selaku sutradara, penulis naskah, dan produser.

Sajian penutup yang hadir memasuki pekan terakhir Juli adalah ekranisasi Petak Umpet Minako (horor) dan TEN: The Secret Mission (aksi laga).

Menurut Billy Christian yang dipercayakan menjadi sutradara, film Petak Umpet Minako bukan sekadar menyajikan horor.

"Intinya film ini tentang persahabatan, cinta, dan cita-cita. Saya akan berusaha setia dengan versi novelnya. Tapi novel dan film itu beda, jadi pasti ada yang harus disesuaikan. Kalau dipersentasi ya 80 persen filmnya akan sama dengan novelnya," ungkap Billy.

Lain lagi dengan TEN: The Secret Mission. Dalam film ini, 10 perempuan yang jadi tokoh utama merupakan model jebolan program pencarian dan pengembangan bakat Miss POPULAR 2015.

Agar dapat bermain maksimal, semua model yang terlibat mendapat pelatihan intensif. Enam hari dalam seminggu mereka berlatih selama lima jam. Kegiatan rutin itu berlangsung hingga 2,5 bulan.

Setiap model juga mendapatkan gemblengan ilmu bela diri yang berbeda-beda, mulai dari pencak silat, kungfu, taekwondo, parkour, muay thai, krav maga, karate, hingga keahlian memanah dan menembak.

Jika tidak ada perubahan jadwal, berikut enam judul film Indonesia yang mengisi berbagai layar di jaringan bioskop kurun Juli 2017.

1. Bukan Cinta Malaikat (Aziz M Osman dan Herdanius Larobu) | Pemain: Fachri Albar, Nora Danish, Ashraf Muslim, Donita, Dewi Amanda, Dewi Irawan, Joshua Pandelaki, Iqbal Pakula, Eddi Brokoli, Dynas Mokhtar, Bonda Afida | Genre: Drama | Produksi: Ganesa Perkasa Films dan Ace Motion Pictures SDN BHD | Tayang: 13 Juli

Official Trailer BUKAN CINTA MALAIKAT /Ganesa Perkasa Films

2. Filosofi Kopi 2: Ben & Jody (Angga Dwimas Sasongko) | Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Luna Maya, Nadine Alexandra, Ernest Prakasa, Westny DJ, Aufa Assegaf, Muhammad Aga, Melissa Karim, Tyo Pakusadewo, Otig Pakis | Drama | Visinema Pictures dan 13 Entertainment | 13 Juli

FILOSOFI KOPI 2: BEN & JODY - OFFICIAL TRAILER (Di Bioskop 13 Juli 2017) /Visinema Pictures

3. Mars Met Venus (Part Cewe) (Hadrah Daeng Ratu) | Ge Pamungkas, Pamela Bowie, Ria Ricis, Rani Ramadhany, Reza Nangin, Ibob Tarigan, Steve Pattinama, Martin Anugrah, Fadi Iskandar, Pong Harjatmo, Ayu Dyah Pasha | Drama komedi | MNC Pictures | 20 Juli

MARS met VENUS TEASER TRAILER #2 | MULAI TAYANG 20 JULI PART CEWEK & 3 AGUSTUS PART COWOK /MNCP Movie

4. The Doll 2 (Rocky Soraya) | Luna Maya, Herjunot Ali, Sara Wijayanto, Maria Sabta, Ira Ilva Sari, Rydhen Afexi, Shofia Shireen, Wati Sudiyono, Princess Martinez, Mega Caferansa, Ferdian Ariyadi | Horor | Hitmaker Studios | 20 Juli

THE DOLL 2 OFFICIAL TRAILER /Hitmaker Studio

5. Petak Umpet Minako (Billy Christian) | Miller Khan, Wendy Wilson, Hans Hosman, Herichan, Nicky Tirta, Regina Rengganis, Cindy Valery, Natasha Gott, Gandhi Fernando, Tia Muller | Horor | Rakbuku Production | 27 Juli

TEASER FILM PETAK UMPET MINAKO (OFFICIAL) /Petak Umpet Minako

6. TEN: The Secret Mission (Helfy Kardit) | Ismi Melinda, Svitlana Zavialova, Lavenia Oviola, Gege Fransisca, Ayunia El Farz, Putri Riri, Putri Zairah, Rere Valentia, Echa Frauen, Karenina Maria, Roy Marten, Jeremy Thomas | Aksi | 0708 Films, Majalah Popular, dan Starvision | 27 Juli

TEN: The Secret Mission Official Trailer /0708 Films

Catatan redaksi:

Film Petak Umpet Minako batal mengisi jadwal tayang 27 Juli. Sebagai gantinya masuk Psikopat yang juga bergenre horor. Film tersebut disutradarai dua orang. "Satunya kuat di drama, satunya lagi suka bikin film horor," kata produser Duke Rachmat.

7. Psikopat (Ekadi Katili dan Jito Banyu) | Kezia Karamoy, Iqbal Perdana, Aga Dirgantara, Marsya Doeni, Baby Margaretha, Mila Cheah, Mbah Mijan, Joe P Project, Shelda Vaizha, Gary Iskak, David Karo Karo, Andy Boim, Pasha Van Krab | Horor | Citra Visual Sinema 27 Juli

Official Trailer Film Psikopat /Citra Visual Sinema
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR