INDUSTRI FILM

Disney menghentikan ratusan proyek film Fox

CEO Walt Disney Company Bob Iger saat menghadiri gala premiere film The Lion King di Dolby Theater, California, AS (9/7/2019)
CEO Walt Disney Company Bob Iger saat menghadiri gala premiere film The Lion King di Dolby Theater, California, AS (9/7/2019) | Etienne Laurent/EPA

Beralihnya kepemilikan 21st Century Fox ke tangan Walt Disney Company membuat banyak proyek film terbaru perusahaan yang tadinya milik News Corporation itu dihentikan. Jumlahnya sekitar 276 proyek.

Hal itu merupakan imbas dari tingginya angka defisit yang mereka catatkan dari peredaran film-film terdahulu.Besar pasak daripada tiang.

Satu yang menjadi sorotan besar bos besar Disney, Bob Iger (68), adalah kerugian yang diakibatkan oleh Dark Phoenix (2019).

Bagian pamungkas dari saga X-Men itu memang menunjukkan performa yang melenceng dari ekspektasi. Sebagai penutup, film yang dibintangi Sophie Turner, James McAvoy, Nicholas Hoult, Michael Fassbender, dan Jennifer Lawrence itu malah buntung alih-alih untung.

Ongkos produksi dan pemasarannya menyedot AS$350 juta. Sementara pendapatan kotornya hanya AS$$65,8 juta dalam skala domestik. Total yang berhasil dikumpulkan dari seluruh dunia juga mentok AS$252 juta. Itupun masih harus dikurangi setengahnya karena harus bagi hasil dengan ekshibitor.

Beberapa proyek Fox yang juga mengecewakan Iger adalah Stuber yang dibintangi Iko Uwais, serta ekranisasi The Art of Racing in the Rain.

Alhasil, melansir New York Times (6/8/2019), Iger mengakui pencapaian Fox tersebut sangat jauh dari harapan saat Disney ketika pertama kali melakukan akuisisi.

Untuk mencegah kembali tekor, Disney akhirnya hanya akan fokus meneruskan beberapa proyek tertentu. Dengan kata lain, hanya proyek film dengan prospek menguntungkan secara bisnis yang mendapatkan lampu hijau.

Proyek apa itu? Salah satunya kelanjutan Avatar (2009) arahan James Cameron. Pemegang rekor film terlaris sedunia sebelum dipatahkan oleh Avengers: Endgame. Juga sekuel War for the Planet of the Apes yang beberapa film pendahulunya punya rekam jejak bagus di tangga film terlaris.

Film-film properti Fox lain yang masih diloloskan Disney adalah drama tentang seorang astronot yang dibintangi Brad Pitt dalam Ad Astra, film Amy Adams berjudul Woman in the Window yang bergenre thriller, dan West Side Story arahan Steven Spielberg.

Sementara ratusan proyek yang harus menerima nasib terpaksa dihentikan prosesnya sebagai sajian film layar bioskop, atau bisa jadi tetap dilanjutkan tapi untuk konsumsi layanan streaming seperti Disney+ dan Hulu, antara lain Mega Man, Magic: The Gathering, Assassin's Creed 2, Chronicle 2, Flash Gordon, dan The League of Extraordinary Gentlemen.

“Mungkin butuh satu atau dua tahun lagi untuk membuat semuanya kembali solid, tapi kami semua yakin aksi ini akan memberikan dampak langsung kepada Fox,” pungkas Iger.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR