MUSIK INDONESIA

GAC pamit

GAC saat menerima penghargaan dalam ajang Anugerah Planet Muzik 2018 di Malaysia
GAC saat menerima penghargaan dalam ajang Anugerah Planet Muzik 2018 di Malaysia | Koleksi album foto Twitter akun @gamaliel

Pemilihan judul di atas bukan parodi merespons video milik Ria Ricis yang mendapatkan lebih dari 9,4 juta views hingga menimbulkan banyak parodi. Kelompok vokal GAC memang menyatakan pamit.

Trio yang terdiri dari Gamaliel, Audrey, dan Cantika ini akan menjadikan panggung di Hodgepodge Superfest pada 31 Agustus 2019 di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta Utara, sebagai pementasan terakhir alias perpisahan.

“10 tahun bersama. Sekarang saatnya untuk beristirahat sebentar. Panggung tanggal 31 Agustus 2019 akan menjadi panggung bersejarah, panggung yang akan menuliskan memori baru dalam perjalanan kami bertiga,” tulis Cantika melalui akun Instagram-nya (15/8/2019).

Sebagian penggemar kontan memaknai edisi pamit itu merupakan sinyalemen bubar. Audrey saat melakukan siaran langsung melalui akun Instagram miliknya, @tapiheruaudrey, menyatakan bahwa GAC tidak bubar.

“Kami hanya vakum sampai jangka waktu yang tidak ditentukan,” lanjutnya menjawab berondongan pertanyaan dari para penggemar di Instagram.

Motif serupa banyak digunakan oleh kelompok musik atau grup vokal lain. Salah satu contohnya One Direction ketika mengumumkan vakum empat tahun silam.

Alasan yang dikemukakan boyband asal Inggris itu juga sama dengan yang diungkapkan manajer GAC, Chandra Manitu. Para personel ingin melakukan solo karier setelah bersama merilis tiga album studio.

Dilansir Kompas.com (16/8), Chandra menjelaskan bahwa alasan kevakuman GAC lantaran masing-masing personel ingin menjajal warna musik berbeda.

Eksperimen tersebut tidak mungkin mereka lakukan jika mengusung nama GAC yang kadung memiliki warna musik khas. Alhasil opsi yang paling memungkinkan adalah dengan melakukan solo karier.

Mencoba hal-hal baru yang menantang merupakan salah satu cara seniman mengasah segi kreativitasnya agar tidak jalan di tempat. Mandek. Juga bentuk mengatasi kebosanan.

Harapannya mereka bisa datang membawa ide-ide baru nan segar saat berkumpul lagi sebagai sebuah kesatuan. Perkara demikian diterapkan kelompok Gigi.

Audrey mengamini hal tersebut dengan mengatakan bahwa saat ini mereka telah berada pada titik ingin mencoba sesuatu yang baru. Masing-masing dari mereka juga punya mimpi yang ingin diwujudkan. Salah satunya memiliki karya solo.

Agar nantinya bisa lebih fokus saat merilis proyek pribadi, muncul keputusan untuk memvakumkan GAC.

Chandra Manitu membocorkan bahwa single solo pertama milik Audrey yang akan meluncur lebih dahulu pada September 2019.

Kemudian menyusul Cantika dan terakhir giliran Gamaliel. Semuanya masih di bawah naungan label musik Sony Music Indonesia.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR