FILM HOLLYWOOD

Keanu Reeves kembali dalam The Matrix 4

Keanu Reeves saat menghadiri gala premiere film The Matrix: Reloaded di Ziegfeld Theatre, New York, AS (13/5/2003)
Keanu Reeves saat menghadiri gala premiere film The Matrix: Reloaded di Ziegfeld Theatre, New York, AS (13/5/2003) | Andrew Gombert/EPA

Bertahun-tahun menjadi wacana, akhirnya muncul pernyataan resmi bahwa Film The Matrix 4 segera diproduksi. Keanu Reeves (54) kembali sebagai pemeran Neo alias Thomas A. Anderson.

Toby Emmerich bos Warner Bros. Pictures kepada Variety (20/8/2019) mengatakan, bukan hanya Reeves yang menyatakan kesediaannya untuk kembali, tapi juga aktris Carrie-Anne Moss sang pemeran Trinity, rekan kerja Neo dalam realitas dunia maya hasil rekayasa komputer.

Faktor penting lain yang membuat The Matrix 4 bisa diproduksi adalah keterlibatan The Wachowskis yang terdiri dari kakak beradik Lana dan Lilly Wachowski.

Duo yang sebelum menjadi transgender dikenal dengan nama Laurence dan Andy Wachowski ini merupakan otak di balik waralaba The Matrix.

“Kami sangat bersemangat memasuki kembali dunia The Matrix bersama Lana yang seorang seorang visioner sejati, sineas kreatif, dan orisinal. Tambah lagi dia juga akan menulis naskah, menyutradarai, dan memproduseri bab baru dalam perjalanan di semesta The Matrix ini,” ungkap Emmerich.

Selain The Wachowskis, film ini juga akan diproduseri Grant Hill yang sebelumnya terlibat dalam film, seperti Titanic (1997), The Thin Red Line (1998), dan V for Vendetta (2005). Bantuan dari ruang penulisan skenario datang dari Aleksandar Hemon dan David Mitchell.

Dengan formasi inti yang sudah terbentuk ini, roda produksi dikabarkan siap berputar pada 2020.

“Sejak 20 tahun lalu, saya dan Lilly mengekplorasi banyak sekali ide cerita tentang realitas yang kita alami. Dan tampaknya cerita-cerita itu menjadi semakin relevan sekarang. Terima kasih kepada semua rekan kerja karena saya bisa menghadirkan kembali karakter-karakter ini," ujar Lana Wachowski.

Pada 2017, kabar tentang akan diproduksinya film ini sudah berembus. Reeves yang kala itu masih sibuk dengan proyek film John Wick mengaku bersedia kembali dengan satu syarat; The Wachowskis juga kembali terlibat.

“Mereka harus terlibat sebagai penulis naskah dan sutradara. Lalu kita lihat seperti apa ceritanya. Ini mungkin terlihat aneh, tapi mengapa tidak? Orang bisa mati, tapi cerita tidak mati. Orang di dalam cerita juga tidak mati,” kata Reeves kala itu dalam laman Yahoo! Movies UK.

Tak berselang lama, muncul lagi kabar dari Hollywood Reporter yang menyatakan bahwa Warner Bros. akan menggarap kembali waralaba The Matrix.

Hanya saja kali ini dalam versi reboot alias buat ulang laiknya film-film pahlawan super. Oleh karena itu, mereka tidak melibatkan The Wachowskis.

Aktor Michael B. Jordan menjadi kandidat terkuat sebagai pemeran utama. Sementara posisi sebagai penulis naskah diserahkan kepada Zak Penn yang sebelumnya merancang cerita dalam film The Avengers (2012) dan The Incredible Hulk (2008).

Seiring berjalannya waktu, dua kabar tersebut juga hilang tersapu angin. Hingga terbitlah pengumuman terbaru mengenai kepastian nasib proyek lanjutan The Matrix.

Pengumuman kembali digarapnya sekuel waralaba ini terasa spesial karena tahun ini tepat dua dekade usia perilisan The Matrix yang melambungkan kembali popularitas Keanu Reeves.

Dilansir The Verge, perayaan ulang tahun ditandai pemutaran kembali film pembuka waralaba tersebut sejak 30 Agustus hingga 5 September 2019 melalui jaringan AMC Theatres.

Salah satu jaringan bioskop terbesar di negeri Paman Sam --dan dunia-- itu akan menayangkannya di 135 bioskop milik mereka di seluruh AS yang dalam format Dolby Cinema.

Sementara jaringan bioskop terbesar di Inggris, Cineworld, merayakan 20 tahun perilisan perdana The Matrix dengan menayangkannya dalam format 4DX.

The Matrix - 20th Anniversary - Warner Bros. UK /Warner Bros. UK
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR