TELATAH

Ketika Partai Revolusi Demokratik memenangi pemilu di kota Neza, 2003, semua polisi di kota itu diwajibkan membaca buku sastra.

Sejauh manakah sistem nilai yang membedakan hal publik dari hal pribadi terinternalisasi ke dalam etos orang Indonesia?

jika ketidakmampuan bersikap objektif ditambahi dengan khayalan-khayalan yang mengerikan, ia akan menjadi lahan subur bagi prasangka dan kebencian.

Bahasa Indonesia terus-menerus mengikis ciri-ciri kedaerahan kita. Pada saat yang sama ia memperkaya dirinya dengan menyerap kosa-kata daerah kita. Paradoksal

Sinergi untuk bertahan
Sinergi untuk bertahan

Sinergi antara raksasa perusahaan angkutan konvensional dan taksi online itu bisa dianggap teroboson dalam menyelesaikan sejumlah masalah di lapangan.

Sabak digital
Sabak digital

Membaca pada dasarnya merupakan gerak perlahan. Gerak seperti itu penting agar orang tidak kagetan, tidak mudah naik darah dan tidak terburu menarik kesimpulan.

Dadu dalam labirin
Dadu dalam labirin

Kita membutuhkan sikap yang lebih optimistis dalam menghadapi banyak persoalan hidup kita. Apalagi yang menyangkut rumah besar Indonesia.

Kiri, kanan, buku
Kiri, kanan, buku

Tiga mahasiswa diskors di kampusnya gara-gara buku. Aneh. Mahasiswa pegandrung buku mestinya mendapat dukungan.

Koran di ruang tamu
Koran di ruang tamu

Internet kelihatannya baru sebatas menciptakan ilusi tentang silaturahmi umat manusia di seantero bumi dalam semacam “desa global”.

Merawat Indonesia dari Jakarta
Merawat Indonesia dari Jakarta

Merawat Indonesia hari ini dari Jakarta bukan perkara mudah. Di depan mata kita sedang terjadi pertarungan berbagai kekuatan yang mengancam keutuhan Indonesia.

Dekonstruksi peer-to-peer lending
Dekonstruksi peer-to-peer lending

Pemakaian aplikasi peer-to-peer lending di sektor keuangan tak boleh dianggap enteng. Inilah tantangan yang akan dihadapi perbankan dan lembaga keuangan nonbank

Jembatan Keledai Dunia-Akhirat
Jembatan Keledai Dunia-Akhirat

Ini urusan duniawi yang sepele: menjadikan masyarakat gemar membaca buku. Sampai saat ini tak ada kebijakan yang sanggup membuat masyarakat gemar membaca buku.

Kembang korejat
Kembang korejat

Sebagaimana galibnya seni, pencak silat membangun solidaritas, bukan saja di antara sesama pegiatnya, melainkan juga di antara sebanyak mungkin orang.

Beragama dengan jempol
Beragama dengan jempol

Kita menggunakan media sosial untuk menyalurkan bukan hanya rindu kita akan Tuhan dan sorga, tetapi juga kebencian kita terhadap yang berlawanan dengan kita.

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.