TELATAH

Nilai tukar cermin kekuatan bangsa

Nilai tukar cermin kekuatan bangsa

Jadi menyalahkan faktor eksternal, yakni perubahan kebijakan moneter Bank Sentral Amerika, sebagai penyebab menurunnya nilai tukar rupiah juga sangat tidak tepat. Sebagian besar masalah dari kelemahan daya tahan ekonomi kita justru berada di tangan kita sendiri.

Imajinasi populer dalam politik kita

Arah politik, dalam banyak hal juga ditentukan oleh imajinasi. Politik yang digerakkan oleh imajinasi kolektif tentang kebangsaan dan kemanusiaan, niscaya akan membentuk pola dan perilaku politik yang bertumpu pada nalar sehat dan berorientasi pada transformasi sosial.

Problem konservatisme keberagamaan

Pelajaran agama, idealnya tidak hanya berkutat pada pengetahuan agama yang bersifat hafalan, dan fokus pada pembentukan kesalehan pribadi siswa. Lebih dari itu, pelajaran agama idealnya mampu menjadi basis bagi pengembangan karakter.

Perpustakaan, kampus dan pembajakan buku

Kebutuhan akan ketersediaan buku di dunia akademik seperti kampus memang cukup tinggi. Dengan demikian pembajakan dan penggandaan besar-besaran seringkali terjadi di dalamnya. Bukan berarti bahwa peristiwa ini dapat dibiarkan.

Dua ekstrem pemanggungan teater kita

Panggung adalah dunia baru yang kita bangun untuk menyelamatkan, setidaknya, impian dan imajinasi kita tentang manusia. Namun, hasrat kepada “apa-apa-yang-bukan-realisme” kemudian menghancurkan semua itu.

Zen Hae

Ketakutan terhadap vaksin

Apa yang terjadi belakangan ini, terkait penolakan vaksin dan hubungannya dengan konspirasi global, tidak jauh berbeda dengan apa yang pernah terjadi dua abad lalu. Itulah kenapa, sampai batas tertentu, untuk urusan ini sepertinya kita tidak bergerak ke mana-mana.

Jangan gemuk kalau mau berjuang

Pada awalnya orang bertubuh gemuk mendapat predikat sebagai manusia “sehat”. Gemuk didefinisikan sebagai penanda kesejahteraan. Menjadi gemuk pun tak jadi soal hingga bukti-bukti ilmiah muncul membawa fakta negatif akibat kelebihan berat badan.

Kekuatan narasi negara

Kelompok terpelajar menjadi unsur kekuatan narasi yang efektif karena bekerja dengan pengetahuan dan data. Wawasan yang luas memungkinkan mereka memilih teori mana yang bisa digunakan untuk merasionalkan kebijakan pemerintah yang didukungnya.

Setan bernama surplus dana tunai

Secara tidak langsung korporasi Amerika -termasuk dana pensiun dan perusahaan asuransi ini, dengan membeli SBN, sesungguhnya menjadi kreditur banyak negara berkembang untuk membiayai pembangunan mereka.