TELATAH

Kontroversi putusan Mahkamah Agung

Kontroversi putusan Mahkamah Agung

Setelah terbitnya Putusan MA yang inkonsisten dengan MK dalam kasus yang sama, sepertinya dua pemegang kekuasaan kehakiman Indonesia itu mesti memikirkan format baru.

Pahlawan, militerisme, kesusastraan

Dalam novel-novel, terdapat militer yang baik dan idealis, tetapi banyak juga militer yang tidak becus. Militer dalam novel-novel Indonesia itu, karena perbedaan wacana dan formasi politik, digambarkan sebagai pahlawan atau pecundang.

Potret terlarang pahlawan kiri

Potret pahlawan kita adalah potret tanpa kisah diri dan tak punya karakter individual. Dan seluruh kisahnya sering dalam kontrol kuasa rezim yang lebih menonjolkan potret kepentingan politik satu pemerintahan atau rezim.

Deposito bank lari ke ORI015

Ada indikasi pemerintah akan agresif menerbitkan instrumen SBN ritel untuk menyedot dana rupiah dari masyarakat (perbankan). Karena itu perbankan perlu melakukan perubahan strategi dalam memupuk dana.

Ekonomi politik Esemka

Indonesia seharusnya fokus pada pengembangan industri otomotif nasional melalui adaptasi kebijakan yang berorientasi pada peningkatan produksi yang kompetitif di pasar internasional, seperti implementasi standar Euro 4 dan 5.

Genealogi, parodi, kritik sastra

Dalam konteks sastra Indonesia—terlebih-lebih hari ini—hampir tidak pernah saya membaca pengakuan pengarang akan genealogi karyanya yang jujur, cerdas sekaligus mengejek diri sendiri.

Zen Hae