TELATAH

Tiga mahasiswa diskors di kampusnya gara-gara buku. Aneh. Mahasiswa pegandrung buku mestinya mendapat dukungan.

Orang yang berpikir akan menggunakan pikirannya untuk menemukan pemecahan jika mendapatkan masalah. Orang yang kurang berpikir lebih suka menggunakan dengkul.

Di tengah kota yang berubah sangat cepat, semacam Jakarta, kesadaran sejarah itu penting.

Internet kelihatannya baru sebatas menciptakan ilusi tentang silaturahmi umat manusia di seantero bumi dalam semacam “desa global”.

Merawat Indonesia dari Jakarta
Merawat Indonesia dari Jakarta

Merawat Indonesia hari ini dari Jakarta bukan perkara mudah. Di depan mata kita sedang terjadi pertarungan berbagai kekuatan yang mengancam keutuhan Indonesia.

Dekonstruksi peer-to-peer lending
Dekonstruksi peer-to-peer lending

Pemakaian aplikasi peer-to-peer lending di sektor keuangan tak boleh dianggap enteng. Inilah tantangan yang akan dihadapi perbankan dan lembaga keuangan nonbank

Jembatan Keledai Dunia-Akhirat
Jembatan Keledai Dunia-Akhirat

Ini urusan duniawi yang sepele: menjadikan masyarakat gemar membaca buku. Sampai saat ini tak ada kebijakan yang sanggup membuat masyarakat gemar membaca buku.

Kembang korejat
Kembang korejat

Sebagaimana galibnya seni, pencak silat membangun solidaritas, bukan saja di antara sesama pegiatnya, melainkan juga di antara sebanyak mungkin orang.

Beragama dengan jempol
Beragama dengan jempol

Kita menggunakan media sosial untuk menyalurkan bukan hanya rindu kita akan Tuhan dan sorga, tetapi juga kebencian kita terhadap yang berlawanan dengan kita.

Neng Amoy dan Jang Lamsijan
Neng Amoy dan Jang Lamsijan

Agama dan politik bisa membetot cerita ke dalam pusaran sentimen, sedangkan bahasa dan kebudayaan dapat melanggengkan kebersamaan, setidaknya dalam kenangan.

Harmoni pindang bandeng
Harmoni pindang bandeng

Perbedaan ras dan agama bukan lagi soal bagi orang Betawi sebab, sejak semula, kota yang mereka diami ini adalah kota kosmopolitan terpenting di Hindia Belanda.

Jakartanya Chairil, Jakarta kita
Jakartanya Chairil, Jakarta kita

Apa yang dikatakan Chairil lebih dari 60 tahun silam tidak sepenuhnya usang hari ini. Meski sudah lebih baik dan membetahkan namun tetap menyisakan masalah.

Doa tolak hoax
Doa tolak hoax

Di tengah keleluasaan berkomunikasi hari ini, maukah kita bekerja dengan standar yang keren, termasuk standar etikanya?

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.