PILPRES 2019

Pernyataan penutup Prabowo

IKHTISAR

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) disaksikan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) sebelum debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) disaksikan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) sebelum debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Antara Foto /Akbar Nugroho Gumay
  1. Pernyataan penutup Prabowo

    Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, menegaskan apresiasi pada kerja keras Capres nomor urut 01 Joko Widodo. Namun, Prabowo menyatakan punya falsafah dan strategi yang lain.

    "Kami berpegang pada keadilan sehingga masyarakat bisa menikmati segalanya. Kami ingin memperbaiki ketimpangan ekonomi dan menjaga kekayaan negeri ini tidak lari ke luar negeri. Instrumen kami adalah pasal 33 UUD 1945," katanya.

    Prabowo pun menyatakan bahwa soal lahan perkebunan pribadinya di sejumlah tempat di Indonesia adalah hak guna usaha. Jadi, pemerintah boleh ambil sewaktu-waktu.

    "Tapi lebih baik saya yang kelola, anak bangsa ketimbang orang asing," pungkasnya.

  2. Jokowi: Saya hanya takut kepada Allah

    Jokowi mengakui bahwa mengelola negara sebesar Indonesia tidaklah mudah. Beruntung, Jokowi memiliki pengalaman baik di level kota, provinsi, hingga pusat.

    Namun di luar, Jokowi menyebut dibutuhkan keberanian yang luar biasa untuk membuat kebijakan.

    "Saya akan gunakan seluruh tenaga yang kita punya untuk kelola negara ini. Tidak ada yang saya takuti, untuk kepentingan rakyat, bangsa, negara. untuk indonesia maju dan rakyat sejahtera," tandasnya.

  3. Prabowo takut unicorn gerus pemerataan ekonomi

    Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto khawatir status unicorn bagi segelintir pengusaha akan menghambat upaya pemerataan ekonomi bagi rakyat luas. Saat ini saja, menurut Prabowo, kekayaan hanya milik sebagian kecil masyarakat Indonesia.

    Unicorn sebenarnya status khusus yang diberikan kepada pengusaha rintisan (startup) yang mendapat suntikan modal di atas AS $1 miliar. Salah satu dari sedikit pengusaha Indonesia yang mendapatkan status unicorn adalah Ahmad Zaky bersama Bukalapak.

    Namun, menurut Prabowo ini membahayakan karena hanya segelintir pengusaha yang mendapatkannya.

  4. Impor pangan untuk menjaga harga dan stok

    Kritikan impor datang dari Prabowo. Menurutnya, dalam beberapa tahun belakangan, gula maupun beras dari luar negeri masuk ke Indonesia dalam jumlah besar.

    Jokowi menanggapi dengan sejumlah data. Pertama, impor jagung dari tahun ke tahun sudah menurun. Jika pada 2014 ada 3,5 juta ton jagung masuk ke Indonesia, maka pada 2018 jumlahnya sudah turun menjadi 180.000 ton.

    "Artinya petani kita telah memproduksi 3,3 juta ton. Sehingga impor itu menjadi sangat jauh berkurang," kata Jokowi.

    Berikutnya tentang produksi beras. jika pada 1984 beras dalam negeri berhasil diproduksi hingga 21 juta ton, maka pada 2018, produksinya naik menjadi 33 juta ton dengan asumsi konsumsi mencapai 29,2 juta ton. Dengan kata lain, Indonesia sebenarnya sudah mengalami kelebihan produksi.

    Namun demikian, Jokowi mengakui bahwa pemerintahnya masih membuka keran impor lantaran hal tersebut demi menjaga ketersediaan stok dan stabilisasi harga ketika terjadi bencana dan gagal panen.

    "Menjaga keseimbangan harga itu memang tak mudah. Bagaimana agar petani senang, masyarakat juga karena bisa menjangkau harga yang dijual," tandas Jokowi.

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah impor tahun 2018 paling tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yakni 2,25 juta ton.

    Jumlah impor beras tiap bulan pada tahun 2018 terus meningkat dibandingkan tahun 2017. Pada Desember 2018 jumlah impor beras sebesar 51,10 juta ton atau meningkat sebesar 4,7 persen dibandingkan Desember tahun sebelumnya.

    Sementara, jumlah impor Desember 2018 menurun dibandingkan bulan sebelumnya yakni sebesar 23 persen.


  5. Prabowo sorot kebijakan impor pangan

    Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, ingin Indonesia bisa memberdayakan pangannya secara mandiri. Itu sebabnya ia menyoroti kebijakan impor bahan pangan ala pemerintahan Capres nomor urut 01 Joko "Jokowi" Widodo.

    Menurut Prabowo, bila produksi pangan Indonesia sudah surplus, sebaiknya jangan impor. Prabowo menegaskan lebih baik menghemat devisa untuk membuka lahan baru membantu benih serta pupuk bagi petani.

    "Kami berpegang pada prinsip ekonomi untuk rakyat, bukan rakyat untuk ekonomi. Petani minta jangan mengimpor saat ada panen," kata Prabowo.

    Ia pun mengingatkan Jokowi untuk memeriksa kebijakan Menteri Pertanian. Prabowo mengatakan saat ini ada kebijakan baru dari Menteri Pertanian yang mengizinkan impor sebulan sebelum dan dua bulan sesudah panen, padahal dulu itu dikendalikan.

  6. Luas kebakaran hutan dan lahan terus menurun

    Jokowi menyebut penegakan hukum terhadap pencemar lingkungan dan pembakar hutan tegas pada masa pemerintahannya. Dalam beberapa tahun terakhir upaya penegakan hukum terhadap korporasi-korporasi skala besar yang terbukti membuka lahan baru dengan cara pembakaran masif dilakukan pemerintah. Alhasil tingkat kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diklaim menurun.

    Menurut data yang diolah Lokadata Beritagar.id, luas kebakaran hutan dan lahan terus menurun dalam empat tahun terakhir. Namun, pada 2018 luas karhutla sempat meningkat dua kali lipat menjadi sekitar 500 ribu hektare dibandingkan pada 2017 yakni 165.464 hektare. Meski demikian, angka ini masih jauh dibawah kebakaran hutan pada 2015, sekitar 2,61 juta hektare.

  7. Jokowi optimis bagi sertifikat tanah 12,7 juta ha

    Calon presiden nomor urut 1 Joko "Jokowi" Widodo optimis memenuhi target pembagian sertifikat tanah seluas 12,7 juta hektare dalam program reforma agraria. Pembagian lahan tersebut untuk membantu masyarakat adat, hak ulayat, petani, dan nelayan.

    “Tujuannya agar mereka (masyarakat) memiliki hak hukum atas tanah yang mereka miliki. Bisa mereka gunakan untuk bangun permodalan ke bank. Target 12,7 juta hektare,” kata Jokowi saat Debat Capres II.

    Pada 2016, ada 80 juta lahan yang belum memiliki sertifikat dan pemerintah mengesahkan 1,06 juta sertifikat tanah di tahun yang sama. Setahun selanjutnya, Jokowi memberikan sertifikat tanah seluas 5 juta hektare. Pada 2018 ada 9,31 juta hektare tanah dari target 7 juta.

  8. Jokowi: Laut adalah masa depan ekonomi negara kita

    Calon presiden nomor urut 1 Joko "Jokowi" Widodo memastikan kesejahteraan nelayan menjadi prioritas utama pemerintahannya. Pasalnya, potensi ekonomi yang ada pada kemaritiman sangat tinggi.

    Salah satu upaya untuk mendukung sektor kemaritiman adalah program penenggelaman kapal asing pencuri ikan. Setidaknya ada 7.000 kapal asing yang melakukan pencurian ikan dikejar dalam empat tahun terakhir, 488 di antaranya sudah ditenggelamkan.

    "Ini memberi kesempatan bagi nelayan kita untuk memanfaatkan sumber daya laut kita untuk lebih sejahtera," kata Jokowi.

    Selain perikanan, ladang minyak offshore juga masih belum banyak tereksplorasi dengan baik. Oleh karenanya, Jokowi menjanjikan ke depannya akan terus mendorong pemanfaatan sumber daya minyak di dasar laut untuk menambah pundi-pundi keuangan negara.

    Ada tiga koreksi yang disampaikan Prabowo dalam menanggapi jawaban Jokowi. Pertama terkait izin hingga akses teknologi, kapal, hingga modal untuk nelayan. Kedua, rencananya membuat BUMN khusus di bidang laut dan perikanan, dan ketiga permodalan dalam hal pengemasan, cold storage, dan prasarana lainnya.

    Jokowi menanggapi dengan menyatakan bahwa saat ini Indonesia telah memiliki BUMN di bidang perikanan, salah satunya Perindo dan Perinus.

    Kedua, persoalan perizinan. Menurutnya, saat ini perizinan hanya diberlakukan untuk nelayan dengan kapal berbobot 30 GT ke atas. Di bawah bobot tersebut, perizinan melaut sudah tidak rumit. "Sehingga kita harapkan semakin cepatnya perizinan, mereka bisa melaut dan mendapatkan ikan lebih banyak lagi," tegasnya.

    Terakhir, pemerintahannya juga telah menyiapkan bank mikro nelayan sebagai akses permodalan khusus untuk nelayan.

  9. Prabowo janjikan BUMN khusus perikanan

    Menjawab pertanyaan soal nelayan, Capresn nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan bakal mendirikan BUMN khusus perikanan. Prabowo ingin nelayan punya akses pada teknologi dan modal.

    Keberadaan BUMN khusus itu disebut Prabowo bisa membuat nelayan leluasa melaut. Kehadiran BUMN itu juga membuat nelayan leluasa melaut, termasuk mendapat prasarana dan bantuan pemasaran hasil laut.

    "Jika kami dipercaya memimpin negara ini, kami akan mengendalikan dan memberdayakan nelayan miskin," papar Prabowo.

  10. Prabowo: Lubang bekas tambang adalah warisan masa lalu

    Mendapat pertanyaan tentang strategi untuk mengatasi masalah lingkungan dan ekonomi akibat lubang-lubang bekas tambang, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan bahwa itu warisan masa lalu.

    "Inilah persoalan yang kita terima dari tahun-tahun yang lalu, seolah-olah negara telah dikooptasi oleh perusahaan swasta. Ini adalah akibat kolusi antara pejabat pemerintah dengan swasta. Sehingga perusahaan-perusahaan itu bisa seenaknya meninggalkan lubang bekas tambang," katanya.

    Prabowo mengapresiasi langkah pemerintah jika memang sudah mengejar perusahaan-perusahaan pelanggar pencemaran lingkungan. "Saya hargai pemerintah yang sudah melakukan itu dan memang itu yang harus dikerjakan," kata Prabowo.

    Namun masalahnya, kata Prabowo, banyak perusahaan itu tidak lagi di Indonesia. "Tapi mungkin kita bisa kejar dengan cara lain, melalui pengadilan internasional, PBB, dan Interpol. Jadi jika saya dipercaya menjadi Presiden, saya akan fokus cari jalan keluar mengatasinya," tukas Prabowo.

  11. Jokowi: Pembagian lahan bukan untuk kelompok besar

    Jokowi menegaskan program bagi-bagi sertifikat lahan yang gencar selama masa pemerintahannya adalah murni untuk kesejahteraan masyarakat. Selama dua tahun terakhir, pemerintahannya telah membagikan sekitar 2,6 juta hekare dari 12,7 juta hektare yang disiapkan.

    Selain untuk pemenuhan hak hukum, sertifikat itu bisa digunakan oleh masyarakat sebagai modal untuk mengakses kredit perbankan.

    "Kita juga mendampingi mereka agar tanah yang kita berikan menjadi produktif. Artinya tidak hanya memberikan konsesi lahan tapi juga ada pendampingan," kata Jokowi.

    Prabowo kemudian menanggapi dengan menyatakan bahwa pembagian sertifikat lahan ini hanya akan bertahan selama 1 atau 2 generasi ke depan. Pasalnya, menurut Prabowo, tanah tidak akan bertambah, sebaliknya populasi terus meningkat.

    "Kami punya pandangan strategis yang berbeda. Menurut kami harus dikembalikan saja ke Undang-Undang Dasar 1945, tanah dikelola masyarakat," ucap Prabowo.

    Menanggapi Prabowo, Jokowi menyatakan bahwa pembagian lahan bukan untuk kelompok besar. Calon petahana ini pun menutup argumennya dengan menyindir kepmilikan lahan ratusan ribu hektare milik Prabowo di Kalimantan Timur dan Aceh.

  12. Prabowo: Tegakkan hukum untuk pencemar lingkungan hidup

    Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, menegaskan bakal menegakkan hukum secara tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang tidak melaksanakan ketentuan. Menurut Prabowo, sudah puluhan tahun banyak pelanggaran terhadap ketentuan dan kolusi dengan petugas pajak.

    "Jadi jika kami diberi mandat memimpin Republik Indonesia, komitmen kami adalah membuat pemerintah bersih agar tidak ada lagi pelanggar lingkungan hidup," katanya.

    Prabowo juga menyatakan bakal memisahkan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Menurutnya, dua bidang itu tidak bisa dijalankan oleh seorang menteri, melainkan harus dua menteri. Lantas Prabowo juga akan memperbaiki proses pengerjaan analisis dampak lingkungan (Amdal) dan izin eksplorasi lingkungan.

    "Jadi bukan Amdal dan izin yang abal-abal," tegasnya.

  13. Prabowo: Banyak infrastruktur bermasalah

    Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang sudah dilakukan Capres nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo. Namun, Prabowo menyatakan banyak infrastruktur yang ada bermasalah.

    "Kemungkinan besar tim Pak Jokowi kurang efisien, pembangunannya grusa-grusu tanpa studi kelayakan. Akibatnya banyak proyek yang tidak efisien, rugi dan banyak masalah. Misalnya, LRT di Palembang dan Bandara Kertajati di Majalengka yang bermasalah," katanya.

  14. 94 konflik pembebasan lahan pembangunan infrastruktur

    Calon presiden nomor urut 1 Joko "Jokowi" Widodo mengatakan pembangunan infrastruktur juga mengedepankan hak rakyat mendapatkan ganti rugi pembebasan lahan.

    "Tidak ada konflik pembebahasan lahan infrastruktur dalam 4 tahun,” ucap Jokowi dalam Debat Capres II.

    Menurut catatan Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), ada 94 konflik akibat pembangunan infrastruktur atau 14 persen dari total 659 konflik sepanjang 2017. Konflik ini terjadi di lahan seluas 52.607,9 hektare di sedikitnya 739 desa di Indonesia.

    KPA mencatat dalam laporan akhir tahun 2017, ada perencanaan yang tidak partisipatif sehingga melahirkan konflik dengan masyarakat. Misalnya, pembangunan Bandara Kertajati, kereta cepat Jakarta-Bandung, Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, dan proses pelapasan tanah untuk pembangunan PLTU di Indramayu.

    Selain itu, ada pula konflik pembebasan lahan dalam pembangunan Bandar Internasional Yogyakarta di Kulon Progo yang menyebabkan Desa Palihan dan Glagah terancam hilang. Pada pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat di Kecamatan Kertajati, Majalengka, 10 desa telah hilang dan menyisakan satu desa yang bertahan karena masih menolak rencana pembangunan.

    “Hilangnya desa-desa ini menandakan bahwa relokasi warga tidak menjadi perhatian serius dalam melakukan pembangunan proyek-proyek infrastruktur,” mengacu pada laporan tersebut.

  15. Perkembangan pembangunan infrastruktur

    Perkembangan pembangunan infrastruktur per Juni 2018
    Perkembangan pembangunan infrastruktur per Juni 2018 | Lokadata /Beritagar.id

    Capres 01 Joko Widodo memberikan pernyataan mengenai kemajuan bidang infrastruktur untuk konektivitas. Dia bicara soal program infrastruktur selama empat tahun, mulai dari pembangunan jalan hingga pelabuhan dan airport. Menurutnya, dengan program itu maka berbagai daerah jadi tersambung.

    Ia juga mengklaim sejauh ini, pemerintah sudah menggelontorkan Rp180 triliun untuk dana desa. Untuk apa? Jokowi mengatakan, dana desa berkontribusi membangun infrastruktur di desa untuk roda ekonomi.

  16. Petani bisa diuntungkan lewat revolusi 4.0

    Calon petahana Joko "Jokowi" Widodo meyakini bahwa hak-hak serta kesejahteraan petani tidak akan tergerus dengan adanya revolusi industri 4.0 yang menjurus pada perkembangan internet dan produk digitalisasi lainnya.

    Sebagai contoh, kata Jokowi, petani dikenalkan pada marketplace sebagai lapak untuk berjualan secara daring. Selain mendekatkan hubungan petani dengan konsumen, panjangnya rantai distribusi juga bisa terpotong lewat sistem ini.

    "Sekarang ini produk pertanian sudah masuk marketplace, sehingga harganya bisa diangkat. Juga kredit yang disalurkan fintech sudah bisa diakses kepada petani. Ini lebih konkrit karena membuka kesempatan bagi petani karena diberikan harga lebih baik, tidak lewat agen-agen di tengah yang terlalu banyak," ujar Jokowi saat menanggapi respons Prabowo.

    Jokowi juga menekankan bahwa dirinya akan terus mendorong usaha kecil untuk ikut memanfaatkan sistem daring, agar tidak tertinggal dengan negara lain.

  17. Jokowi: daya saing bisa naik karena infrastruktur

    Calon presiden nomor urut 1 Joko "Jokowi" Widodo menekankan peningkatan daya saing ekonomi Indonesia bergantung erat pada kesediaan infrastruktur di seluruh pelosok negeri.

    Dari pengalamannya selama menjabat, Jokowi memaparkan sejumlah pembangunan baik jalan umum, jalan tol, pelabuhan baru maupun pengembangan, bandara baru maupun pengembangan, telah dilakukan secara maksimal.

    Selain itu, Jokowi juga menyatakan pembangunan telekomunikasi melalui Palapa Ring. "Tersambungnya backbone dan broadband kecepatan tinggi. Indonesia Barat dan Tengah sudah 100 persen, tinggal Indonesia Timur 90 persen. Kita akan selesaikan tahun ini," tegas Jokowi.

    Ketika Prabowo menanggapi dengan menyatakan pembangunan infrastruktur belum efisien seperti misalnya LRT Palembang dan Bandara Kertajati. Jokowi menjawab persoalan ini berkaitan erat dengan proses perpindahan kebiasaan masyarakat.

    "Semuanya butuh waktu, untuk memindahkan budaya yang senang naik mobil sendiri pindah ke transportasi massal. Di negara lain butuh 20 tahun. Tidak mudah. Kalau belum ramai wong baru 4 bulan dibangun," tukas Jokowi..

  18. Data impor jagung dalam kurun lima tahun terakhir

    Capres 01 Joko Widodo mengklaim pemerintah berhasil menekan angka impor jagung dalam lima tahun terakhir. Jokowi menyatakan pada 2014, Indonesia mengimpor sebanyak 3,5 juta jagung.

    Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pertanian (Kementan) volume impor jagung Indonesia terus menurun dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Pada 2013 volume impor jagung mencapai 3,3 juta ton, jumlah tersebut terus berkurang hingga mencapai 477 ribu ton per September 2018.

  19. Jokowi: promo B20, dana desa, dan stok pangan

    Calon presiden nomor urut 1 Joko "Jokowi" Widodo memaparkan sejumlah pencapaian kerjanya selama menjabat empat tahun terakhir dalam pemaparan visi misinya malam ini.

    Di bidang energi, politisi PDIP ini menjanjikan optimalisasi produksi B20 untuk mengurangi pemakaian energi fosil. "Kalau perlu kita produksi sampai B100, sehingga ketergantungan kita terhadap energi fosil berakhir," kata Jokowi.

    Selanjutnya berkaitan dengan infrastruktur. Penyaluran dana desa yang mencapai Rp187 triliun menurutnya sudah menghasilkan beberapa infrastruktur di tingkat desa seperti 191.000 kilometer jalan produksi dan 58.000 unit irigasi.

    Kemampuan pengurangan impor jagung pada 2018 juga diunggulkan Jokowi. Pasalnya pada 2014, Indonesia mengimpor sebanyak 3,5 juta jagung. "Kita ingin ketersediaan pangan, stabilitas, stok dijaga. saya ingin ucapkan terima kasih kepada petani jagung," ujarnya.

    Terakhir, terkait lingkungan hidup Jokowi menjanjikan jika terpilih lagi nanti, maka kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak bakal terjadi lagi.

  20. Prabowo menjamin kemakmuran Indonesia

    Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan visi-misi. Prabowo menyatakan isu pangan, energi, dan lingkungan hidup adalah isu penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

    Prabowo menyebut visi misinya adalah berdikari dalam bidang pangan, air, dan energi. "Menurut PBB, inilah tolak ukur keberhasilan sebuah negara. Pangan untuk rakyat, air untuk rakyat, dan energi untuk rakyat," katanya.

    Prabowo juga menyatakan bahwa visi misinya adalah menghadirkan kemakmuran ekonomi bagi masyarakat. Dia akan bekerja keras seperti halnya nomor urut 01, Joko Widodo.

    "Saya menghargai usaha Pak Joko Widodo yang sudah bekerja keras. Tapi saya akan melakukan kerja keras pula demi kemakmuran Indonesia."

  21. Jokowi tergantung situasi, Prabowo tak mau panas

    Kedua Capres sudah tiba di lokasi debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, tiba lebih dulu pada sekitar 19.10 WIB. Sedangkan Capres nomor urut 01, Joko "Jkowi" Widodo, tiba pada pukul 19.25 WIB.

    Saat tiba, masing-masing langsung didekati awak pers. Prabowo menyatakan ingin situasi debat berlangsung sejuk. "Kita tak mau suasana panas. Katakan jika benar, katakan jika salah," katanya.

    Sedangkan Jokowi yang tiba didampingi Ibu Negara Iriana belum tahu akan menyerang atau bertahan. "Tergantung situasi," katanya.

  22. Jumlah perbincangan warganet meningkat

    Jumlah perbincangan warganet di media sosial menjelang debat Capres jilid dua meningkat. Bila satu bulan menjelang hingga hari H debat perdana ada 72.534 obrolan, maka mendekati debat jilid dua mencapai 118.112 obrolan (18 Januari hingga 10 Februari 2019)

    Pengamatan yang dilakukan Isentia, lembaga media intelligence, menunjukkan ada 95,9 persen perbincangan soal debat Capres dalam Twitter, 2,2 persen melalui artikel-artikel media daring, 1,6 persen pada Facebook, dan 0,2 persen sisanya pada blog dan forum.

    "KPU" merupakan kata yang paling banyak di-mention, 10.955 kali; diikuti kata "korupsi" 10.536 kali, dan "tim" yang mengacu pada tim pemenangan masing-masing paslon sejumlah 9.802 kali.

    "Penyebutan KPU yang mendominasi tidak terlepas dari berbagai topik yang sempat viral. Misalnya soal penentuan moderator, perubahan format debat, hingga tak ada lagi kisi-kisi pada debat mendatang” ujar Rendy Ezra, Insights Manager dari Isentia Indonesia dalam siaran pers kepada Beritagar.id, Jumat (15/2/2019).

    Sedangkan jumlah mention kata "korupsi" tidak terlepas dari isu-isu terkait yang naik pascadebat perdana dan penggunaan tagar #korupsigaseberapa.

  23. Hanya Capres yang berdebat

    Debat edisi kedua hanya hanya melibatkan kedua Capres; Joko "Jokowi" Widodo (01) dan Prabowo Subianto (02). Sementara kedua Calon Wakil Presiden (Cawapres) hanya menjadi penonton. Ma'ruf Amin (01) dan Sandiaga Uno (02) akan saling berhadapan pada debat edisi ketiga, Maret 2019.

    Moderator debat tetap berlatar belakang news presenter. Pada edisi perdana, peran moderator dijalankan Ira Koesno dan Imam Priyono. Pada debat kedua ini, moderator disandang Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro.

  24. Format tetap enam segmen

    Debat edisi kedua akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Menurut jadwal yang dilansir Komisi Pemilihan Umum (KPU), debat akan berlangsung mulai pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.

    Debat akan membahas isu energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Format debat tetap memiliki enam segmen, meski detailnya relatif berbeda dengan debat perdana.

    • Segmen pertama: pemaparan visi-misi, Masing-masing tiga menit.
    • Segmen kedua: pendalaman visi-misi soal infrastruktur, energi, dan pangan. Moderator akan melempar pertanyaan ke kedua Calon Presiden (Capres). Waktu untuk menjawab pertanyaan dua menit. Kedua Capres juga boleh menanggapi, untuk menjawabnya ada waktu satu menit.
    • Segmen ketiga: pendalaman visi-misi soal sumber daya alam dan lingkungan hidup. Alur dan alokasi waktu segmen ini sama dengan segmen kedua.
    • Segmen keempat: debat eksploratif. Durasinya 15 menit. Pada segmen ini, KPU akan memutar video pendek berdurasi 30 detik yang membahas salah satu tema debat. Kedua Capres akan diminta menanggapi isi video tersebut.
    • Segmen kelima: debat inspiratif. Ini adalah sesi head to head. Masing-masing Capres dipersilakan memberi pertanyaan dengan waktu satu menit dan menjawab dalam dua menit.
    • Segmen keenam: pernyataan penutup dari kedua Capres. Masing-masing punya waktu dua menit.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR