BJ HABIBIE WAFAT

Ilham Habibie: Marilah kita belajar dari seorang guru bangsa

IKHTISAR

Ilham Habibe (kiri), putra sulung Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, menaburkan bunga ke makam ayahnya dalam upacara pemakaman di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).
Ilham Habibe (kiri), putra sulung Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, menaburkan bunga ke makam ayahnya dalam upacara pemakaman di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). EPA-EFE /Adi Weda
  1. Ilham Habibie: Marilah kita belajar dari seorang guru bangsa

    Ilham Habibie, putra sulung Bacharuddin Jusuf Habibie, mengajak masyarakat Indonesia untuk "belajar dari seorang guru bangsa" saat memberikan sambutan dalam pemakaman jasad ayahnya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). BJ Habibie, Presiden ke-3 RI, wafat pada Rabu (11/9) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

    "Marilah kita belajar dari seorang guru bangsa. Bagaimana beliau punya sikap. Pertama, sampai akhir hayat, bapak tidak pernah mau berhenti untuk belajar. Selalu ada hal baru yang harus kita mengerti, mulai tantangan masalah sampai dengan solusi," tutur Ilham.

    Sang ayah, menurutnya, tak kenal lelah untuk mencapai tujuan. Habibie juga, di usia senjanya, selalu siap jika diminta memberi masukan dan nasihat yang diperlukan.

    Habibie juga terbuka dan mau merangkul semua pihak, tidak membedakan--menerima hal baik dari siapapun dan selalu berupaya untuk memerbaiki segala yang buruk.

    "Dari kaca mata kami, (Habibie) memberikan contoh mengenai cinta. Cinta suami kepada istri, cinta kepada sanak saudara, cinta kepada pekerjaan, kepada negara dan bangsa, cinta kepada dunia, seluas-luasnya. itulah bapak, Habibie. yang dicintai dan mencintai," kata Ilham.

    Perjuangan untuk kebaikan ditambah rasa cinta yang ditunjukkan sepanjang 83 tahun hidupnya itulah yang, menurut Ilham, membuat Habibie balik dihormati dan dicintai oleh semua pihak. Ilham meminta semangat Habibie itu bisa menjadi inspirasi dan diterapkan untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan negara.

    "Sampai jumpa di akhirat, bapak, eyang tercinta. Selamat jalan dan kita mencintai papa dan eyang semuanya. Mudah-mudahan husnul khotimah. Mohon maaf atas semua yg kita buat kepada eyang. kita cinta bapak," pungkas Ilham Habibie.

  2. Jokowi: Selamat jalan Mr Crack, selamat jalan sang pionir

    Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyampaikan pesan penghormatan terakhir untuk mendiang Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, saat upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9/2019).

    “Saya mengajak seluruh rakyat untuk mengucapkan terima kasih dan memberi penghormatan yang tinggi atas darma bakti almarhum. Selamat jalan, Mr Crack, selamat jalan sang pionir,” ujar Jokowi, dilaporkan wartawan Beritagar.id, Ronna Nirmala.

    Jokowi juga mengenang BJ Habibie sebagai orang yang visioner. Habibie mampu menjadi negarawan sekaligus ilmuwan yang menciptakan beragam inovasi.

    “Almarhum tidak hanya berpikir dirinya sendiri, tapi sudah memikirkan bangsa Indonesia. Tidak hanya berpikir apa yang terjadi di Indonesia saat ini, satu atau dua tahun mendatang, tapi sudah berpikir dan bekerja untuk membangun Indonesia untuk 50-100 tahun ke depan untuk Indonesia bisa lepas landas,” katanya.

    Insinyur pesawat ini sempat bekerja di Messerchmitt-Bolkow-Blohm di Hamburg, Jerman. Saat itu, ia berhasil berkontribusi pada dunia penerbangan: menemukan penyebab keretakan di badan dan sayap pesawat dengan menghitung crack propagation on random, yang kemudian menjadi julukannya, Mr Crack.

    Sepulang ke Indonesia, Habibie membangun industri penerbangan di Indonesia, PT Dirgantara dan PT Pindad. Pada April 2015, Habibie merilis rancangan pesawat terbang yang dinamakan R80.

    “Dari visi beliau, lahir industri-industri strategis. Pesawat Gatot Kaca mengudara pada 50 tahun kemerdekaan Indonesia. Sebuah sejarah yang tertanam, menginspirasi kita untuk percaya diri, untuk menjadikan Indonesia berdiri sejajar dengan negara besar di dunia,” katanya.

    Jokowi mengingat pesan Habibie untuk tak terlalu banyak diskusi, tapi menerjunkan ide ke dalam proses nilai tambah secara konsisten sehingga “Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan dunia.”

  3. Penghormatan terakhir warga pada Habibie

    Tak hanya para pejabat dan tokoh-tokoh besar nasional yang berkumpul di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada pemakaman Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Kamis (12/9/2019). Ratusan warga biasa--mulai dari mahasiswa hingga ibu rumah tangga--juga tampak membanjiri pemakaman tersebut untuk memberikan penghormatan terakhir.

    Walau tak kenal secara pribadi, mereka semua menyatakan datang ke pemakaman karena Habibie telah menginspirasi hidup mereka.

    “Yang pasti kaget, awalnya enggak percaya yah. Karena sebelumnya banyak berita hoaks segala macam. Pas nonton semalam, oh iya, bener ternyata. Ngerasanya sedih banget karena kita benar-benar merasa kehilangan sesosok orang yang penting di Indonesia ini,” kata Feby Arlia Nanda, mahasiswa jurusan arsitektur dari Institut Teknologi Indonesia, kepada Nunung Nur, reporter magang Beritagar.id.

    “Beliau itu orang yang berani. Dia selalu membela negaranya, selalu mencintai negaranya. Dia enggak pernah putus asa dan pintar dalam segala hal apapun."

    Taufik, seorang pengemudi ojek online (ojol) juga hadir dalam pemakaman tersebut. Dia menyatakan mewakili ojol Jabodetabek untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Habibie. Sebenarnya, menurut Taufik, ada sekitar 50 ojol yang datang, tetapi tak semua masuk ke area pemakaman.

    "Kita karena hati sendiri aja, bukan karena apa-apa. Karena kan BJ Habibie, bapak pahlawan teknologi dan kita ojol Jabodetabek (menyampaikan) simpati,” kata Taufik.

    Habibie, menurutnya, adalah sosok panutan bagi nusa dan bangsa. “Dia cinta tanah air, cinta istri. Walaupun dia dibutuhkan di luar negeri tapi dia tetap cinta indonesia.”

    Sementara, Rahayu Yudoko, seorang ibu rumah tangga menyatakan bahwa Habibie adalah negarawan yang patut diacungi jempol.

    “Kita semua tahu beliau sangat disegani oleh dunia dengan segala kekurangan dan kelebihan. Beliau patut dihargai sebagai pahlawan kita, terutama pahlawan dalam bidang teknologi," tuturnya.

    Rahayu juga menyatakan mengagumi keromantisan Habibie kepada sang istri, Hasri Ainun, setelah menonton film biopik Habibie & Ainun (2012).

    “Semoga beliau tenang di sisi allah mendapatkan pahala sesuai amal ibadahnya,” pungkas Rahayu.

    BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, dalam usia 83 tahun.

  4. Jenazah BJ Habibie tiba di TMP Kalibata

    Jenazah Bacharuddin Jusuf Habibie tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada pukul 13.32 WIB, Kamis (12/9/2019). Tembakan salvo satu kali dari berbagai matra Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengiringinya. Warga yang memadati area di sekitar pintu masuk TMP pun menggemakan "la ilaha illallah".
    Jenazah Bacharuddin Jusuf Habibie tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada pukul 13.32 WIB, Kamis (12/9/2019). Tembakan salvo satu kali dari berbagai matra Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengiringinya. Warga yang memadati area di sekitar pintu masuk TMP pun menggemakan "la ilaha illallah". | Rommy Roosyana /Beritagar.id
  5. Jokowi siap pimpin upacara pemakaman Habibie

    Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada pukul 13.05 WIB, Kamis (12/9/2019). Jokowi akan menjadi inspektur upacara pada prosesi pemakaman Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyusul sekitar tiga menit setelah kedatangan Jokowi.

    Reporter Beritagar.id, Ronna Nirmala dan Rommy Roosyana, melaporkan bahwa para pejabat dan mantan pejabat pemerintahan, serta berbagai tokoh lainnya telah berdatangan ke Kalibata untuk mengikuti prosesi pemakaman--mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Ashiddiqie, hingga pesohor Jaja Miharja.

    Beberapa perwakilan dari negara-negara sahabat, seperti Singapura, Tunisia, dan Turki juga tampak hadir.

    Upacara pemakaman dijadwalkan dimulai pada pukul 13.30 WIB.

    BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Soebroto dalam usia 83 tahun.

  6. Selesai disalatkan, jenazah Habibie dibawa ke TMP Kalibata

    Jenazah Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie selesai disalatkan dan siap dibawa dari rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, menuju TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019).
    Jenazah Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie selesai disalatkan dan siap dibawa dari rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, menuju TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019). | Aghnia Adzkia /Beritagar.id

    Salat jenazah Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, digelar di rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9/2019) pukul 12.08 WIB. Kemudian, prosesi disusul dengan upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke pemerintah pada pukul 12.30 WIB.

    "Saya atas nama keluarga menyerahkan jenazah BJ habibie kepada pemerintah untuk dimakamkan di TMP Kalibata secara upacara militer," ucap Thareq Kemal Habibie, putra kedua BJ Habibie, di rumah duka.

    Kemudian, jenazah diterima oleh Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman. "Atas nama negara, saya menerima jenazah almarhum Profesor Doktor BJ Habibie. Dengan ini jenazah akan diberangkatkan ke TMP Kalibata untuk dimakamkan secara militer," ucap Anwar saat prosesi upacara.

    Mobil jenazah berwarna putih sudah disiapkan untuk membawa jenazah. Rencananya, Habibie akan dikebumikan di sebelah mendiang istrinya, Hasri Ainun.

    Prosesi upacara pemakaman di TMP Kalibata akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo pukul 13.30 WIB.

    Situasi di rumah duka tampak hiruk pikuk pelayat dan aparat berjaga ketat. Mereka membentuk barikade untuk membuka dan mengosongkan jalur mobil jenazah.

  7. Rekayasa lalu lintas seputar TMP Kalibata

    Jelang pemakaman Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019), rekayasa arus lalu lintas diberlakukan di area TMP Kalibata sejak pagi hari.

    Dua jalur kendaraan di depan TMP sudah ditutup. Kendaraan dari arah timur, akan diputar balikan ke traffic light (TL) Dewi Sartika. Sedangkan dari arah Barat masih bisa menggunakan lajur sebelah kiri menuju timur. Demikian dilaporkan wartawan Beritagar.id, Rommy Roosyana, dari lokasi pemakaman.

    Sedangkan untuk iring-iringan jenazah ada dua rute alternatif. Pertama, kediaman Habibie – Jalan Patra Kuningan – Jalan Rasuna Said – TL Kuningan – Jalan Gatot Subroto – TL Pancoran – Kalibata Raya – TL Kalibata – Kalibata Raya – TMP Kalibata.

    Rute alternatif kedua yakni, kediaman Habibie – Jalan Patra Kuningan – Jalan Patra Kuningan VII – Jalan Dukuh Patra – Jalan Mandala Raya – Jalan Rasamala Raya – Jalan Gatot Subroto – TL Pancoran – Kalibata Raya – TL Kalibata – Kalibata Raya – TMP Kalibata.

    Petugas kepolisian tengah mengawasi lalu lintas di kawasan Taman Makam Pahlawan Kalibata menjelang upacara pemakaman jenazah Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Kamis (12/9/2019).
    Petugas kepolisian tengah mengawasi lalu lintas di kawasan Taman Makam Pahlawan Kalibata menjelang upacara pemakaman jenazah Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Kamis (12/9/2019). | Rommy Roosyana /Beritagar.id
  8. Habibie di mata para tokoh nasional

    Meninggalnya presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, membuat masyarakat Indonesia berduka, termasuk tokoh-tokoh nasional. Ucapan bela sungkawa hingga kalimat kenangan mengalir untuk Habibie, sang pemikir dan pengayom bangsa.

  9. Perangko perjalanan cinta Habibie-Ainun

    Thareq Kemal Habibie, putra mendiang Presiden ke-3 RI, BJ Habibie memesan perangko perjalanan cinta kedua orang tuanya kepada PT Pos Indonesia. Sedianya, perangko diserahkan kepada sang ayah pada Kamis (12/9/2019), tapi takdir berkata lain karena sang ayah wafat pada Rabu malam (11/9/2019).

    "Kami buat 100 ribu keping yang mengabadikan perjalanan cinta beliau (Habibie dan istrinya, Hasri Ainun) dari 5.000 foto. Sebenarnya ada delapan seri dan baru jadi satu seri dan hari ini janji menyerahkan ke beliau (BJ Habibie)," kata Kepala Regional IV PT Pos Indonesia, Oni Hadiono, usai melayat di rumah duka, Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

    Ide pembuatan perangko ini muncul dua tahun lalu atas permintaan Thareq. Kini, PT Pos sedang memproses tujuh seri lainnya.

    Perangko ini belum dijual ke publik. PT Pos akan meminta izin dan membicarakan mekanisme penjualan tersebut kepada Thareq setelah masa berkabung.

    Tidak hanya itu, PT Pos juga akan menerbitkan Replika Prangko Emas Habibie & Ainun, masing-masing sebanyak 18 keping dengan empat jenis desain yang berbeda, atau total akan diterbitkan sebanyak 72 keping Replika Prangko Emas Habibie & Ainun.

    Prangko Habibie-Ainun dibuat dalam jumlah terbatas dan dicetak melalui proses security printing oleh pihak Peruri. Keluarga Habibie telah berkomitmen untuk tidak mencetak ulang perangko tersebut dengan alasan apapun. Setiap lembar edisi Prangko Habibie & Ainun dilengkapi dengan QR code yang dapat dipindai untuk link yang ditentukan, dan dilengkapi quote tentang cinta Habibie-Ainun yang inspiratif.

    Kisah cinta Habibie dan Ainun juga digoreskan oleh sang suami dalam sebuah buku. Kemudian, buku tersebut diangkat ke dalam layar lebar dan rilis dalam dua seri.

    Dalam sebuah wawancara dengan mantan presenter MetroTV, Najwa Shihab, Habibie menunjukkan kasihnya kepada sang istri dengan menginginkan pemakaman dirinya kelak di sebelah kavling Ainun di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

    “Saya sudah tidak takut mati lagi. Andaikata saya sampai waktunya masuk ke dalam dimensi dan keadaan Ainun, saya tahu yang akan menemui saya bukan hanya ibu saya dan keluarga tapi Ainun akan menyapa, ‘Hei, kamu sekarang sudah di sini ya’," ucap Habibie dalam wawancara tersebut.

  10. Pelayat mulai datangi TMP Kalibata

    Para pelayat berdatangan ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). Mereka akan mengikuti prosesi pemakaman Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.
    Para pelayat berdatangan ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). Mereka akan mengikuti prosesi pemakaman Presiden ke-3 RI, BJ Habibie. | Rommy Roosyana /Beritagar.id

    Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019), mulai didatangi para pelayat yang ingin mengikuti prosesi pemakaman Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie.

    BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto dan rencananya prosesi pemakaman berlangsung mulai pukul 12.30 WIB. Jenazah Bapak Teknologi Indonesia itu akan dikuburkan di samping makam istrinya, Hasri Ainun Habibie, yang lebih dulu wafat sembilan tahun lalu.

    Pemakaman akan dilakukan dengan upacara kenegaraan yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

    Wartawan Beritagar.id, Rommy Roosyana, melaporkan dari TMP Kalibata bahwa aparat gabungan dari Polri, TNI, dan Paspamres telah menyiapkan dan menyisir area pemakaman. Mereka juga mempersiapkan diri untuk upacara pemakaman.

    Denma Paspampres juga telah memasang tenda dan alat pemindai di pintu masuk makam untuk memeriksa orang-orang yang akan mengikuti prosesi tersebut.

    Bendera Merah Putih telah di TMP Kalibata telah diturunkan setengah tiang dan tampak pula layar video raksasa terpasang menampilkan rangkaian ucapan belasungkawa bagi Habibie.

  11. Prosesi pemakaman

    Berikut ini rangkaian proses pemakaman BJ Habibie yang disampaikan Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, Kamis (12/9/2019).

    - Pukul 12.30 WIB. Upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah dipimpin Ketua MK Anwar Usman. Tempat di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jakarta Selatan.

    - Pukul 13.00 WIB. Jenazah diberangkatkan dari rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jaksel, menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata.

    - Pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata, dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo.

  12. Tamu terus berdatangan, pengajian digelar

    Lantunan ayat suci Alquran, surat Yasin, melalui pengeras suara terdengar dari dalam rumah duka mendiang Presiden ke-3 RI, BJ Habibie dimulai Kamis (12/9/2019) pukul 10.30 WIB. Beberapa tamu ikut mengaji, beberapa berkunjung menunjukkan bela sungkawa.

    Tamu terus mengalir sejak pagi pukul 09.00 WIB hingga berita ini terbit. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, ikut menunjukkan duka citanya dan mengapresiasi keberhasilan insinyur pesawat ini untuk mengembangkan teknologi.

    "Kita kenang segala karya beliau di bidang teknologi, ada PT Dirgantara dan PT PINDAD (bidang penerbangan)," ujar Budi di rumah duka di Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jakarta Selatan

    Sejumlah tokoh yang lebih dulu hadir di antaranya Presiden Joko Widodo, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, dan mantan Menteri Perhubungan, Agum Gumelar. Selain para tokoh, sejumlah warga juga ikut melayat.

  13. Erick Thohir dan Pramono Anung kenang BJ Habibie soal kebebasan pers

    Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, berbicara kepada wartawan usai melayat ke rumah BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).
    Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, berbicara kepada wartawan usai melayat ke rumah BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). | Aghnia Adzkia /Beritagar.id

    Pebisnis media, Erick Thohir, mengenang mendiang Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, sebagai sosok yang membuka kebebasan pers, usai masa represif saat Orde Baru selama 32 tahun.

    "Saya rasa Pak Habibie adalah putra terbaik bangsa apalagi kalau kita sambungkan dunia pers, beliau membuka kebebasan pers. Saya punya hubungan personal, media beliau dititipkan ke saya dan akan saya jaga," ujar Erick saat melayat ke rumah duka di Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

    Erick berharap anak muda Indonesia meniru Habibie yang juga bapak inovasi teknologi. Tanpa keduanya, Indonesia akan jadi pasar dan bukan produsen.

    Hal senada diungkapkan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung usai melayat di rumah duka sekitar pukul 09.45 WIB.

    "Pak Habibie meninggalkan hal yang luar biasa di jabatannya yang pendek. Itu bukti konkret kebebasan pers, ini kita harus rawat dan jaga. Beliau meninggalkan bangsa Indonesia demorkasi dan kebebasan pers. Selamat jalan Pak Habibie," katanya.

    Pramono menyebut, banyak karya yang sudah ditinggalkan oleh insinyur pesawat tersebut. Jika dirumuskan dalam lima kata yang menggambarkan: inovasi, inspirasi, demokrasi, teknologi, dan SDM.

  14. Jokowi tiba di rumah duka

    Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan) dan Mensesneg Pratikno (kiri) melayat ke rumah duka almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).
    Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan) dan Mensesneg Pratikno (kiri) melayat ke rumah duka almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). | Aditya Erick /Antara Foto
  15. Jokowi dan SBY melayat ke rumah duka BJ Habibie

    Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo bersama ibu negara, Iriana Jokowi, tiba di rumah duka Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Jl Patra Kuningan XIII/3, Jakarta, pada pukul 09.06 WIB.

    "Pagi hari ini saya kembali bertakziah di kediaman rumah duka BJ Habibie. Meskipun tadi malam saya juga sudah ke RSPAD, tapi ini adalah sebuah kehormatan besar kita dari seluruh rakyat Indonesia terhadap pengabdian beliau," kata Jokowi kepada wartawan, termasuk Aghnia Adzkia dari Beritagar.id.

    "Nanti siang di TMP Kalibata, saya akan bertindak sebagai inspektur upacara. Kita semuanya seluruh masyarakat Indonesia, saya ajak untuk berdoa bersama agar beliau diterima di sisi Allah, di tempat yang paling baik di sisi-Nya."

    Setelah Jokowi, pada pukul 09.32, hadir pula Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, bersama dengan kedua anak, menantu, dan keluarga lainnya.

    "Kita sungguh kehilangan. Beliau bukan hanya bapak reformasi, demokrasi, tapi juga bapak teknologi. Saya memiliki kedekatan secara pribadi, baik sebelum menjadi presiden, juga setelah menjadi presiden dan bahkan ketika kami berdua tidak ada di pemerintahan," kata SBY di rumah duka.

    Hubungan keduanya makin dekat sejak kepergian istri Habibie, Ainun, dan istri SBY, Ani Yudhoyono. "Saya sebagai sahabat dan adik beliau berdoa semoga Pak Habibie hidup tenang di sisi Allah," ujarnya.

    Situasi di rumah duka tampak dijaga ketat aparat keamanan. Pagar rumah tertutup dan awak media hanya diperbolehkan meliput dari luar.

    Sejumlah tokoh lain lalu lalang hadir sebelumnya untuk menunjukkan simpatinya kepada negarawan tersebut, seperti Ketua PB Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

    Puluhan karangan bunga tampak memadati sepanjang jalan dari Jl Patra Kuningan Utara, Jakarta Selatan menuju ke rumah duka, Jl Patra Kuningan XIII/3, Jakarta Selatan.

    Habibie meninggal di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada Rabu (11/9/2019)pukul 18.03 WIB .

    Rencananya, pukul 12.30 WIB, proses penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke pemerintah akan dilakukan. Kemudian, pukul 13.00 WIB, jenazah akan diberangkatkan dari rumah duka ke Taman Makam Pahlawan.

    Sesuai dengan permintaan Habibie, ia akan dimakamkan di sebelah makam istrinya, Ainun. Pukul 13.30, prosesi upacara akan dilangsungkan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR