Langsung: #TerorJakarta: ledakan di kawasan Sarinah

#TerorJakarta: ledakan di kawasan Sarinah

IKHTISAR

© EPA / Roni Bintang
  1. | Oleh

    Berikut sejumlah hal nan penting seputar aksi teror ini:

    • 7 orang tewas: 5 orang pelaku, 1 orang warga negara Indonesia, dan 1 orang Warga negara asing.
    • ISIS mengklaim bertanggung jawab dalam peristiwa ini.
    • Bahrun Naim disebut sebagai perencana aksi teror ini. "Dia mau jadi leader (pemimpin) ISIS di Asia Tenggara," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian.
    • Serangan ini diduga sebagai "konser akhir tahun" yang tertunda. Ada indikasi kuat serangan teroris pada akhir tahun 2015. Selanjutnya, pada Desember 2015, polisi melakukan penangkapan terduga teroris di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

    Kronologi aksi teror ini masih simpang siur. Poin yang berbeda ditemukan dalam keterangan Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Anton Charliyan (dalam wawancara dengan Radio Elshinta) dan Div Humas Polda Metro Jaya, misalnya:

    • Anton menyebut pelaku menggunakan motor. Sementara keterangan Humas Polda Merto Jaya tak menyinggung soal motor.
    • Anton mengaku ada penembakan pelaku teror dari atas gedung. Humas Polda Merto Jaya tidak menyinggung soal penembakan dari atas gedung, kecuali pada saat penyisiran yang dilakukan polisi.

    Ikuti terus perkembangan kabar ini dalam topik "Teror di Jakarta".

  2. | Oleh

    ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang terjadi di Jakarta.

    "Sekelompok tentara khalifah di Indonesia menargetkan kerumunan orang dari aliansi tentara salib yang melawan Negara Islam di Jakarta, dengan menempatkan beberapa alat peledak yang meletus seiring empat orang tentara khalifah menyerang dengan senjata ringan dan sabuk peledak, " demikian bunyi pernyataan ISIS dilansir Reuters.

    Pernyataan ISIS juga menyebut ada 15 orang yang tewas dalam aksi itu. Hal itu berbeda dengan pernyataan resmi pemerintah Indonesia, yang menyebut ada tujuh orang korban tewas.

    Tangkapan layar pernyataan ISIS itu juga bisa dilihat lewat kicauan @CharlieWinter.

  3. | Oleh

    Seorang ahli terorisme, Charlie Winter (@charliewinter), menekankan bahwa klaim yang disampaikan oleh Aamaq tidak bisa dianggap sepele. Menurutnya Aamaq merupakan corong ISIS.

    "Aamaq pasti (kanal) resmi ISIS, bahkan bila mereka membantahnya. Orang yang menjalankan 100 persen bagian dari ISIS," (@charliewinter, pukul 19.46 WIB).

    Sebagai latar informasi, Winter saat ini dikenal sebagai salah satu peneliti senior dari Georgia State University, Atlanta, Amerika Serikat.

  4. | Oleh

    Sejumlah laporan menyebut, Negara Islam Irak Suriah (ISIS, IS, atau Daesh) mengaku bertanggung jawab atas peristiwa teror yang terjadi di Jakarta, Kamis (14/1/2016). Kabar itu merujuk pada kanal Telegram milik kantor berita yang terhubung dengan ISIS, Aamaaq (h/t Independent.co.uk).

    "Pejuang ISIS melakukan serangan bersenjata pagi ini menargetkan warga asing, dan pasukan keamanan yang dianggap melindungi mereka (warga asing) di ibukota Indonesia," demikian terjemahan dari bebas pesan tersebut.

    Meski begitu, sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari ISIS. Konferensi pers pemerintah Indonesia juga tidak menyinggung soal keterlibatan ISIS, Kamis (14/1).

    Spekulasi keterlibatan ISIS sempat disinggung oleh Wakil Kepala Kepolisian RI, Budi Gunawan. Dilansir BBC Indonesia, Budi menyebut bahwa dari hasil deteksi polisi, memang ada komunikasi antara kelompok Suriah, Bahrun Nain dengan Abu Jundi dari kelompok Solo.

    "Kelompok Solo ini membuat persiapan-persiapan dengan anak-anak selnya untuk melakukan apa yang disebut dengan 'konser bom' yang harusnya dimainkan pada malam Tahun Baru.

  5. | Oleh

    Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Tito Karnavian, mengonfirmasi bahwa ledakan pertama yang terjadi lokasi kejadian merupakan bom bunuh diri. Hal itu diungkapkan dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta.

    Turut berbicara dalam konferensi pers itu: Menko Polhukam Luhut Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

    Berikut sejumlah poin penting dalam konferensi pers itu:

    • 7 orang tewas. 5 diantaranya adalah pelaku. 2 korban tewas lain adalah 1 orang WNI dan 1 orang WNA.
    • 1 WNA asal kanada tewas, 1 WNA lainnya terluka.
    • 20 orang luka berat/ringan. 15 orang warga, dan 5 orang polisi.
    • Anggota polisi sempat diserang.
    • Saat penyisiran, polisi menemukan enam bom, lima di antaranya berkekuatan besar.
  6. | Oleh
    Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menko PMK Puan Maharani, tiba di lokasi kejadian, Thamrin, Jakarta Pusat.
    Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menko PMK Puan Maharani, tiba di lokasi kejadian, Thamrin, Jakarta Pusat.
    © Istimewa
  7. | Oleh

    Pemerintah akan menanggung biaya pengobatan korban yang mengalami luka, baik luka berat maupun ringan. Hal itu terjelaskan dalam rilis pers pemerintah yang disampaikan Juru Bicara Presiden, Johan Budi SP.

    Presiden Jokowi juga mempersingkat kunjungan kerja ke Cirebon, dan Majalengka. Saat ini, Jokowi juga sudah berada di lokasi kejadian.

  8. | Oleh

    Aksi teror di kawasan Sarinah berlangsung antara 10.30 - 13.40 WIB. Atau lebih kurang 3 jam 10 menit, terhitung sejak ledakan pertama terdengar, sampai dengan proses pengepungan selesai --pelaku teror berhasil dilumpuhkan.

    Cerita detail aksi teror ini, bisa disimak dalam laporan reporter Beritagar.id, M. Nur Rochmi.

  9. | Oleh
  10. | Oleh
  11. | Oleh

    Daftar korban ledakan Sarinah, dihimpun dari detik.com:

    1. Aiptu Dadi Maryadi (48 tahun), anggota Dirlantas Polda Metro Jaya. Tertembak di bagian perut.
    2. Aiptu Budiono, anggota Provos Dirlantas Polda Metro Jaya. Tertembak di bagian dada sebelah kanan dan perut.
    3. Anggun Artikasari (24), WNI.
    4. Chaerul Islami bin Muhdar (21), WNI. Menderita sobek di bagian punggung dan jari tangan.
    5. Yohanes Antonius Maria (48), WNA, beralamat di Jalan Nangka, Jakarta Selatan. Menderita luka-luka.
    6. Budi Rachmat (35), WNI. Kaki sebelah kanan terkena ledakan.
    7. Mr. X. WNA.

    Seluruh korban dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto, RSCM Jakarta Pusat, dan RS Tarakan Jakarta Pusat.

  12. | Oleh

    Mobil yang diduga digunakan pelaku, dengan nomor kendaraan B2173PZ, terparkir di belakang Gedung Jaya, kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, tidak terdaftar dalam database Samsat DKI Jakarta.

    Tidak ditemukan dalam mobil yang terparkir. Saat ini mobil sudah diamankan pihak kepolisian.

  13. | Oleh
    Seorang tim penjinak bom menyisir sebuah mobil yang diduga milik pelaku, yang terparkir di belakang Gedung Jaya, Jl. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat
    Seorang tim penjinak bom menyisir sebuah mobil yang diduga milik pelaku, yang terparkir di belakang Gedung Jaya, Jl. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat
    © M. Nur Rochmi /beritagar.id
  14. | Oleh

    Reporter Beritagar.id, M. Nur Rochmi, melaporkan bahwa telah terjadi ledakan kedelapan, yang terdengar dari sekitar gedung Djakarta Theatre. Ledakan itu terdengar pada pukul 12.35 WIB.

    Adapun posisi pelaku masih dikepung oleh polisi di Menara Cakrawala, gedung di mana kedai kopi Starbucks berada.

  15. | Oleh

    Palang Merah Indonesia (PMI) mengirim lima unit ambulans untuk mengevakuasi korban ledakan bom di Sarinah - Thamrin, Jakarta. (via @palangmerah, pukul 12:47 WIB)

  16. | Oleh
  17. | Oleh

    Tagar #KamiTidakTakut masuk Tren Twitter Indonesia, sebagai respons atas aksi teror yang terjadi di kawasan Sarinah. Netizen melempar pesan, bahwa mereka tidak takut dengan aksi teror ini.

    Pesan yang sama disampaikan oleh Presiden Jokowi. Dari Majalengka, Jawa Barat, Jokowi menginstruksikan pelacakan dan penangkapan atas aksi ini. "Kita tidak boleh takut, tidak boleh kalah," kata Jokowi.

    Akun Twitter @ReneCC (milik konsultan sumber daya manusia Rene Suhardono) menjadi salah satu yang mempopulerkan tagar #KamiTidakTakut. "Anda bisa mencintai kebencian, tapi Anda tidak pernah membenci cinta," demikian pesan @Rene_CC.

  18. | Oleh
    Kondisi sekitar kawasan Sarinah, Thamrin, saat ini
    Kondisi sekitar kawasan Sarinah, Thamrin, saat ini
    © M. Nur Rochmi /beritagar.id
  19. | Oleh

    Dilansir Radio Elshinta, Presiden Joko Widodo menginstruksikan pelacakan dan penangkapan, dan mengimbau warga untuk tidak takut. Jokowi pun akan segera kembali ke Jakarta dari kunjungannya ke Majalengka, Jawa Barat.

  20. | Oleh

    Pantauan beritagar.id saat ini, regu penembak sedang bergeser ke arah Menara Cakrawala, gedung di mana kedai kopi Starbucks berada.

  21. | Oleh

    Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Anton Charliyan kepada MetroTV, mengonfirmasi tidak ada ledakan di Palmerah dan kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

    Anton juga mengatakan sejauh ini ada enam korban, dengan empat orang tewas, satu polisi dan tiga lainnya warga sipil. Sementara dua korban terluka lainnya saat ini sedang dilakukan perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta

  22. | Oleh

    Sekitar pukul 12.07 WIB terjadi ledakan ketujuh di lokasi yang sama.

  23. | Oleh

    Saksi mata lain di lokasi kejadian, Ali Imran (35) mengatakan, ledakan kedua yang terjadi di pos polisi depan gedung Sarinah, diduga berasal dari ledakan bom bunuh diri yang dilakukan oleh dua orang pelaku.

    "Satu pelaku lainnya yang juga berada di pos polisi, diduga wanita, berlari menuju Starbucks, dan setelah itu ada ledakan ketiga," kata Ali kepada reporter beritagar.id, M. Nur Rochmi.

    Dari dalam kedai kopi Starbucks, terjadi baku tembak, satu peluru menyasar ke seorang penyebrang jalan. Setelah itu ledakan keempat hingga keenam juga terjadi dari dalam kedai kopi, Starbucks.

  24. | Oleh

    Para pengguna Twitter berbagi solidaritas lewat tagar #PrayForJakarta. Akun pencatat tren Twitter, @TrendinaliaID menyebut #PrayForJakarta masuk Tren Twitter Indonesia. kata kunci "Sarinah", dan "Thamrin" juga tampak dalam daftar yang sama.

  25. | Oleh

    Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan pernyataan terkait dengan aksi teror yang terjadi di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Presiden meminta semua pihak untuk tidak berspekulasi apapun, sebelum ada penjelasan dan penyelidikan secara intensif dari pihak Polri.

    "Mari kita beri kesempatan kepada Polri untuk melakukan penyelidikan dan mengusut siapa pelaku sekaligus dalang teror ini," kata Jokowi.

    Perbuatan ini jelas mengganggu ketenangan publik dan menebar terror kepada warga, yang selama ini sudah terjaga. "Apapun motifnya, kita mengutuk perbuatan terror yang mengganggu ketenangan publik dan merusak fasilitas publik."

  26. | Oleh

    Berdasarkan, laporan reporter Beritagar.id di lokasi kejadian, Yunus (43), seorang saksi mata yang juga pengemudi Gojek mengatakan, ledakan pertama terdengar sekitar pukul 10.30 WIB.

    "Ada empat pelaku, tiga pria dan satu wanita," kata Yunus. Menurutnya, ledakan pertama terjadi di gerai kopi Starbucks, kedua di pos polisi perempatan lampu merah Sarinah, dan ledakan ketiga kembali terjadi di kedai kopi Starbucks.

  27. | Oleh

    Berikut poin keterangan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan, yang diwawancarai Radio Elshinta:

    • Ledakan di depan pos polisi, dipastikan bukan merupakan bom bunuh diri.
    • Ledakan itu berasal dari granat yang dilemparkan pelaku dari atas motor.
    • Pelaku dua orang, menggunakan sepeda motor.
    • Ada penembakan dari atas gedung di sekitar Sarinah, lokasi belum bisa dipastikan. Penyisiran sedang dilakukan.
    • Pelaku masih belum dapat diidentifikasi, hanya disebut dari kelompok bersenjata.
  28. | Oleh

    Dilansir Republika.co.id, ledakan di kedai kopi, Starbucks menyebabkan seorang WNA laki-laki terluka parah dan kritis, sementara salah seorang pelayan Starbucks meninggal dunia.

  29. | Oleh
  30. | Oleh

    Kabarnya, di Palmerah juga ledakan serupa. Namun, TMC Polda Metro Jaya belum dapat memberikan jawaban.

    "Belum dapat dikonfirmasikan. Masih menunggu info di lapangan," kata TMC Polda Metro Jaya seperti yang dilansir dalam okezone.com.

  31. | Oleh
  32. | Oleh

    Sutradara, Joko Anwar (@jokoanwar) mengirimkan video suasana di lokasi ledakan, terdengar suara letusan yang diduga suara senjata.

  33. | Oleh
  34. | Oleh
    Ledakan yang terjadi di kawasan Sarinah, Thamrin, hanya berjarak 3,9 kilometer dari Istana Negara
    Ledakan yang terjadi di kawasan Sarinah, Thamrin, hanya berjarak 3,9 kilometer dari Istana Negara
    /Google Map
  35. | Oleh

    Berikut sejumlah poin keterangan saksi yang diwawancarai oleh Radio Elshinta:

    • Bom pertama meledak di pos polisi, perempatan Sarinah. Terdengar dua ledakan.
    • Pelaku diduga lebih dari satu.
    • Dari pos polisi, pelaku menuju ke Starbucks,
    • Selama menuju ke Starbucks, pelaku terlihat menembaki polisi.
    • Senjata laras panjang, jenisnya tidak diketahui.
    • Korban tiga orang, kondisi belum diketahui, tergeletak di sekitar pos polisi.
  36. | Oleh

    Akun Twitter @TMCPoldaMetro menerima laporan pada pukul 10.50, seputar ledakan di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat.

  37. | Oleh
  38. | Oleh

    Ledakan terjadi di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat pukul 10.50. Akibat ledakan, dikabarkan tiga orang terluka.

  39. | Oleh
    Peta udara kawasan Sarinah.
    Peta udara kawasan Sarinah.
    © Istimewa /Google Maps
MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.