Asap yang tak kunjung hilang

Asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tak kunjung selesai ditangani. Bahkan pada September dan Agustus 2019, jumlah titik api menjadi yang terbanyak ditemui. Sejak 1 Agustus hingga 14 September 2019, sebanyak 151.862 titik api muncul. Masyarakat di Kalimantan dan Sumatra menjadi yang paling terdampak dalam bencana tahunan ini. Berikut adalah penampakan sejumlah kota yang hampir setiap hari dikepung oleh asap dari kebakaran hutan dan lahan.

Editor Foto :
Asap yang tak kunjung hilang
Wahdi Septiawan /Antara Foto

MUARO JAMBI | Di Puding, Kumpeh Ilir, Muarojambi, Jambi, Rabu (11/9/2019), petugas SAR Direktorat Sabhara Polda Jambi berusaja memadamkan kebakaran lahan gambut milik salah satu perusahaan pemilik lahan. Telah berlangsung lama, asap dari kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi telah membuat aktivitas belajar mengajar di beberapa kota/kabupaten setempat terganggu dan terpaksa diliburkan, sementara upaya pemadaman masih terus dilakukan.


Asap yang tak kunjung hilang
Nathan /Antara Foto

OGAN ILIR | Asap pekat membubung tinggi di atas lahan yang terbakar di Indralaya Utara, Ogan Ilir (OI), Sumatra Selatan, Jumat (13/9/2019). Berdasarkan pantauan satelit milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terdapat 612 titik panas di Provinsi Sumatera Selatan .


Asap yang tak kunjung hilang
Mushaful Iman /Antara Foto

KERTAPATI | Di Desa Kayu Arehh, Kertapati Palembang, Sumatra Selatan, Minggu, (18/8/2019), sejumlah bocah berlarian menghindari kebakaran lahan. Sudah enam helikopter water boombing dikerahkan untuk membantu upaya 1.512 orang personel gabungan yang diterjunkan dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumatera Selatan.


Asap yang tak kunjung hilang
Rony Muharman /Antara Foto

PEKANBARU | Di Pekanbaru,Riau, Kamis (12/9/2019), masyarakat harus beraktifitas dalam kepungan asap. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Provinsi Riau adalah kawasan terparah yang terpapar kabut asap karhutla. Dalam tiga hari belakangan ini kabut asap semakin parah dan amat menggangu kehidupan di sana.


Asap yang tak kunjung hilang
Rendhik Andika /Antara Foto

PALANGKA RAYA | Bukan cuma kta-kota di Pulau Sumatra, sejumlah kota di Pulau Kalimantan pun terkena dampak karhutla. Tampak warga di Palangka Raya, Kalimantan Tengah menggunakan masker saat berolahraga di kawasan Sungai Kahayan, Minggu (15/9/2019).


Asap yang tak kunjung hilang
Wahdi Septiawan /Antara Foto

MUSI BANYUASIN | Helikopter Super Puma milik sebuah perusahaan swasta melakukan "water bombing" di Muara Medak, Bayung Lencir, Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, Rabu (21/8/2019). Di Sumatra selatan, 366 titik api tersebar dan secara terus menerus bertambah.


Asap yang tak kunjung hilang
Feny Selly /Antara Foto

PALEMBANG | Di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatra Selatan, Senin (16/9/2019), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya penurunan jarak pandang di Kota Palembang hingga 600 meter.


Asap yang tak kunjung hilang
Rony Muharman /Antara Foto

PEKANBARU | Masjid Raya An-Nur tampak samar-samar ketika kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau. Pada Senin (16/9/2019) kualitas udara di wilayah Pekanbaru tercatat pada angka 470 AQI US alias berada dalam kondisi berbahaya.


Asap yang tak kunjung hilang
Mushaful Iman /Antara Foto

PALEMBANG | Pemerintah Kota Palembang mengeluarkan surat edaran berisi perubahan jam belajar bagi siswa untuk mengantisipasi asap akibat kebakaran lahan yang dapat membahayakan kesehatan siswa. Tampak Sejumlah siswa menaiki kapal motor menembus kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sungai Ogan, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (16/9/2019).


Asap yang tak kunjung hilang
Bayu Pratama /Antara Foto

BANJARMASIN | Perahu motor melintas di Sungai Martapura yang di selimuti kabut asap pada Kamis (12/9/2019). Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan kembali terancam diselimuti kabut asap pekat akibat titik api yang banyak muncul di sana. BNPB pada Senin (16/9/2019) mencatat bahwa di Kalimantan Selatan terdapat 119 titik api yang dapat menyebar.


Asap yang tak kunjung hilang
Iggoy el Fitra

PADANG | Kebakaran hutan dan lahan di kawasan Sumatra Selatan, Riau dan Jambi mulai berdampak pada kualitas udara di Kota Padang, Sumatra Barat sejak Kamis (12/9/2019). Tampak kabut asap mulai menutup GunungKondisi itu Padang. Kondisi itu membuat pemerintah di sana meminta warganya agar menggunakan masker pelindung udara.


FOTO LAINNYA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR