Ketika Indonesia berlebaran

Umat Islam Indonesia pada umumnya merayakan Idulfitri 1440 H pada Rabu (5/6/2019). Ada warna khas yang selalu berulang setiap tahunnya. Menjadi geliat massal, datangnya lebaran selalu disambut meriah di bumi Nusantara.

Editor Foto :
Ketika Indonesia berlebaran
Mohammad Ayudha /Antara Foto

BUAT KUE | Sudah sejak dua minggu menjelang perayaan Idul Fitri 1440 H, kesibukan melanda umat Islam di Nusantara. Membuat kue-kue kering adalah salah satunya. Di rumah produksi kue kering Badran, Solo, Jawa Tengah, para pekerjanya sudah sibuk membuat ragam kue kering yang telah dipesan sejak Kamis (16/05/2019). Menurut pelaku usaha, permintaan kue kering menjelang Lebaran meningkat hingga 200 persen dibandingkan hari biasa, dan 1 toplesnya dijual dengan harga Rp.50 ribu - Rp.70 ribu tergantung jenis kue.


Ketika Indonesia berlebaran
Rivan Awal Lingga /Antara Foto

ARUS PEMUDIK | Di jalan-jalan menuju kota-kota di Pulau Jawa, arus kendaraan meningkat sejak H-4. Terlihat dari pantauan udara, kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat pada Sabtu (01/06/2019).


Ketika Indonesia berlebaran
Seno /Antara Foto

BANJIR PEMUDIK | Sejumlah kota di banyak tempat di Nusantara dibanjiri kaum urban yang kembali ke kampung halaman, menjadi budaya mereka kembali pada keluarga. Di Pelabuhan Feri Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Senin (03/06/2019), pemudik antre memasuki KMP Setya Kencana. Kebanyakan mereka akan pulang menuju Pulau Raas, Pulau Sapudi dan Pelabuhan Kalianget, Sumenep di Madura.


Ketika Indonesia berlebaran
Mohammad Ayudha /Antara Foto

PENITIPAN HEWAN | Tak mungkin ditinggalkan begitu saja, hewan-hewan milik warga yang mudik dititipkan. Tampak sejumlah anjing berada didalam kandang di tempat penitipan hewan yang berada di Kawatan, Solo, Jawa Tengah pada Senin (03/06/2019). Menurut pelaku usaha jasa penitipan hewan menjelang Lebaran mengalami peningkatan hingga 100 persen dengan tarif Rp55 ribu hingga Rp80 ribu per hari tergantung jenis hewan dan ukuran.


Ketika Indonesia berlebaran
Oky Lukmansyah /Antara Foto

LIBUR | Ketika jelang hari raya, sejumlah aktivitas masyarakat di pelosok Indonesia tak dilakukan. Seperti nelayan di Tegal, Jawa Tengah, mereka sudah memarkirkan kapal-kapalnya di pelabuhan sejak Minggu (02/06/2019). Umumnya mereka kembali melaut pada H+3 mendatang.


Ketika Indonesia berlebaran
Irwansyah Putra /Antara Foto

TAKBIRAN | Pada malam akhir Ramadan, pawai takbir dilakukan. Di Banda Aceh, Aceh, masyarakat berbaris berkeliling kota pada Selasa (04/06/2019). Pawai takbir merupakan tradisi untuk merayakan kemenangan setelah usai melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadan dan dilakukan pada malam menjelang 1 Syawal.


Ketika Indonesia berlebaran
Bagus Indahono /Antara Foto

SALAT | Pada 1 Syawal 1440 H, atau Rabu (05/06/2019), umat Islam secara serentak berbondong-bondong datang ke tempat salat Ied di gelar. Tampak warga yang tinggal tak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa menggunakan perahunya untuk pergi salat.


Ketika Indonesia berlebaran
Dhemas Reviyanto /Antara Foto

SERENTAK | Di kawasan Senen, Jakarta, ribuan umat muslim melaksanakan salat Idul Fitri 1440 H Pada tahun ini, organisasi besar Islam, Nadhatul Ulama dan Muhammadiyah secara bersama-sama menetapkan 1 Syawal jatuh pada Rabu (05/06/2019).


Ketika Indonesia berlebaran
Saiful Bahri /Antara Foto

ZIARAH | Sebagai sebuah tradisi yang melekat pada umat Islam di bumi Nusantara, ziarah kubur dilakukan. Tampak, warga melakukan ziarah kubur di pemakaman umun yang ada di Desa Blumbungan, Pamekasan, Jawa Timur, seusai salat dilakukan.


Ketika Indonesia berlebaran
Mohammad Hamzah /Antara Foto

DUKA BALAROA | Pada hari raya Idul Fitri kali ini, duka masih menyelimuti masyarakat Palu, Sulawesi Tengah. Di atas reruntuhan rumah yang hancur di Kelurahan Balaroa, warga memanjatkan doa bagi keluarganya yang menjadi korban bencana pada Rabu (05/06/2019).


Ketika Indonesia berlebaran
David Chang /EPA-EFE

MENANGIS | Idul Fitri bagi banyak orang Indonesia adalah melepas kerinduan pada handai tolan. Namun jika tak bisa pulang ke kampung halaman, kesedihan sudah pasti melanda. Tampak seorang tenaga kerja asal Indonesia tertangkap kamera saat menangis ketika menghubungi keluarganya seusai melakukan salat Ied di Masjid Longgang di Taoyuan City, Taiwan pada Rabu (05/06/2019).


Ketika Indonesia berlebaran
Puspa Perwitasari /Antara Foto

JUMPA PRESIDEN | Perjumpaan dengan Presiden Joko Widodo selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, dan momentum lebaran adalah waktunya. Tampak, seorang warga bersujud di depan Presiden Joko Widodo saat halal bihalal di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (05/06/2019). Setiap tahunnya, presiden bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla selalu menggelar halal bihalal di Istana Negara, dan itu terbuka bagi masyarakat umum maupun pejabat negara.


FOTO LAINNYA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR