Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto

Perjuangan mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono melawan penyakit kanker darah usai sudah. Pada Sabtu (01/06/2019), istri dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu meninggal dunia di rumah sakit National University Hospital (NUH) Singapura. Ini adalah sejumlah foto kenangan dari perempuan yang memiliki nama lengkap Kristiani Herawati.

Editor Foto :
 Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto
Mast Irham /EPA-EFE

PENDAMPING | Ani Yudhoyono bukan cuma sekadar istri dari mantan Presiden RI Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ia juga disebut sebagai pendamping SBY dalam menjaga keran demokrasi. Di Partai Demokrat ia juga disebut-sebut sebagai 'ibu kandung', yang pemikirannya selalu menjadi landasan dari kebijakan partai yang didirikan sang suami. Foto di atas adalah kegiatan politiknya kala mendampingi sang suami berkampanye di Yogyakarta, April 2009.


 Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto
Joao Relvas /EPA-EFE

TEMAN DISKUSI | Ani Yudhoyono dikenal sangat setia menemani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemana pun pergi. Dalam kegiatan kenegaraan, ia kerap kali tampak mendampingi. Presiden Yudhoyono menganggap sang istri sebagai teman diskusi yang kerap memberikan masukan atas banyaknya kebijakan politik. Tampak Ani Yudhoyono menyaksikan sang suami menandatangani buku tamu di Istana Belem, Portugal, September 2014.


 Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto
Abror /SESPRES/ EPA

MENGHIBUR | Tak cuma gesit dan di panggung politik, Ani Yudhoyono juga aktif mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke pelosok negeri. Puteri mantan Komandan Jenderal RPKAD, Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhi Wibowo itu kerap menyapa masyarakat, termasuk menghibur warga yang terdampak bencana. Dalam foto di atas, Ani Yudhoyono menggendong seorang bayi korban gempa di Yogyakarta, Mei 2006.


 Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto
Koichi Kamoshida /Pool/EPA

JIWA SOSIAL | Ketika turut dalam kunjungan kenegaraan yang dilakukan suaminya, Ani Yudhoyono juga sering menyambangi rumah sakit anak-anak di negara yang didatangi. Dalam foto, Ani Yudhoyono duduk di hadapan seorang anak penyandang disabilitas mental yang tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Tokyo, November 2006.


 Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto
Abror /SESPRES/ EPA

MENGHIBUR | Masyarakat Aceh tak akan melupakan kepedulian dan peran Ani Yudhoyono. Setelah gempa dan tsunami menghantam Aceh, ia turut mendampingi sang suami pergi ke sana. Di kamp-kamp pengungsian ia menyapa dan menghibur warga. Kerap bahunya menjadi tempat bersandar bagi mereka yang terkena dampak bencana. Tampak pada foto, Ani Yudhoyono memeluk pengungsi yang keluarganya hilang dalam peristiwa gempa dan tsunami di Banda Aceh, Desember 2004.


 Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto
Mast Irham /EPA-EFE

SENYUM | Selama 43 tahun, Kristiani Herawati mendampingi Presiden SBY. Kemana pun sang suami pergi, ia selalu ada di sisi, kecuali kala SBY masih berdinas di ketentaraan. Masyarakat di pelosok Indonesia mengenalnya sebagai ibu negara yang murah senyum dan senang bersentuhan dengan rakyatnya. Dalam foto, perempuan yang kerap dipanggil Memo oleh cucu-cucunya melambaikan tangan kepada pengunjung Pasar Tanah Abang pada Juni 2009.


 Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto
Bagus Indahono /EPA-EFE

FOTOGRAFI | Ani Yudhoyono adalah kakak dari mantan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal (Purn) Pramono Edi Wibowo. Ia dikenal pula amat menggemari fotografi. Aktif di Instagram, ia kerap mengundang komunitas fotografi untuk jumpa langsung di Istana Bogor, Jawa Barat. Pada foto, Ani Yudhoyono mengarahkan kameranya saat perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Agustus 2013.


 Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto
Abror /SESPRES/ EPA

SERASI | Kerap tampil berdua, Kristiani Herawati dan Susilo Bambang Yudhoyono dianggap sebagai pasangan yang serasi. Selalu tampak mesra, membuat banyak orang menilai mereka akan tua bersama. Dalam foto, SBY dan istri mengikuti perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Jakarta, Juni 2009.


 Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto
Widodo S Jusuf /Antara Foto

DUKUNG | Semasa hidupnya, Ani Yudhoyono adalah istri yang selalu mendukung kerja suami, terutama saat SBY mengemban tugas sebagai kepala negara. Dukungan itu berupa pemikiran, juga sumbangan semangat yang membuatnya berkontribusi dalam perencanaan pembangunan Indonesia dalam sepuluh tahun kala sang suami memimpin negeri. Dalam foto, Ani Yudhoyono melakukan sungkeman di Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 H di Istana Negara, Jakarta, Agustus 2011.


 Mengenang Ani Yudhoyono dalam foto
Bagus Indahono /EPA-EFE

KEHILANGAN | Takdir mengatakan lain. Angan-angan SBY dan rakyat Indonesia pun pupus sudah. Setelah didiagnosa menderita kanker darah/ leukimia sejak Februari 2019, Ani Yudhoyono meninggal dunia di Singapura. Kepergiannya tak cuma membuat SBY dan keluarga saja yang berduka, segenap rakyat Indonesia pun kehilangan sosoknya yang dikenal murah senyum, perhatian, juga setia hingga akhir hayatnya.


FOTO LAINNYA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR