Mereka melawan api

Ribuan personil gabungan saat ini masih berupaya memadamkan api dari kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. Tak peduli udara panas karena cuaca dan bara api, mereka terus berjaga dan melakukan pemadaman. Dari lensa Hadly Vavaldi, jerih payah para petugas berjibaku di kawasan yang terbakar terekam, dan itu menjadi gambaran akan sulitnya memadamkan nyala di lahan gambut yang terbakar.

Editor Foto :
Mereka melawan api
Hadly Vavaldi

GABUNGAN | Luas kebakaran hutan dan lahan di Riau hingga hari ini terus bertambah. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau yang dirilis pada Sabtu, 10 Agustus 2019 tercatat lahan seluas 4.924,62 hektar telah dilalap api. Kondisi itu membuat, petugas gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, dan BPBD sibuk berjibaku dibanyak titik api.




Mereka melawan api
Hadly Vavaldi

TUGAS | Sebanyak 1500 personil gabungan diturunkan langsung untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau . Ditugaskan di lahan-lahan yang terbakar di Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Dumai, dan Indragiri Hilir, mereka dilengkapi peralatan yang sederhana untuk memadamkan api.


Mereka melawan api
Hadly Vavaldi

PEMADAMAN | Susah payah mereka berjibaku di tengah bara api. Dengan peralatan yang minim, juga air yang sulit upaya pemadaman sangat amat sukar sekali. Di tengah asap dan nyala yang membara di Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, tampak petugas Manggala Agni berjibaku dalam pekat asap di lahan yang terbakar.


Mereka melawan api
Hadly Vavaldi

PERIH | Api yang berkobar juga asap pekat seringkali memakan korban. Para petugas kerap terganggu pernafasannya, mata pun perih karena asap.


Mereka melawan api
Hadly Vavaldi

ISTIRAHAT | Hampir setiap hari upaya pemadaman dilakukan dibanyak titik. Bagi para pemadam istirahat adalah sesuatu yang mahal dan ketika bara api telah padam, beristirahat sejenak adalah yang patut dilakukan.


Mereka melawan api
Hadly Vavaldi

SULIT PADAM | Pada kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Pekanbaru, api amat sulit untuk dikalahkan. Tidak tampak dipermukaan, api menyala justru dari dalam lahan gambut yang panas. Bahu membahu para pemadam berusaha mematikan satu persatu titik api yang masih menyala.


Mereka melawan api
Hadly Vavaldi

MASUK KOTA | Selama bulan Agustus 2019, Hadly Vavaldi mengikuti upaya petugas gabungan memadamkan api. Sering para petugas pemadam berjibaku hingga malam hari. Saat ini kebakaran lahan tak hanya terjadi di luar kota Riau saja, kini kebakaran sudah masuk hingga ibukota provinsi. Di Jalan Air Hitam, Payung Sekaki, Kota Pekanbaru tampak berusaha memadamkan api agar tak meluas.


Mereka melawan api
Hadly Vavaldi

PANJANG | Musim panas, juga perilaku masyarakat dianggap sebagai penyebab dari kebakaran lahan. Pada foto, seorang polisi beristirahat usai memadamkan api .


Mereka melawan api
Hadly Vavaldi

PEREMPUAN PEMADAM | Masito Hasibuan (32) menjadi anggota pemadam wanita di Manggala Agni. Sudah sejak tahun 2007 ia terjun langsung menjinakkan api. Masito tak pernah takut menjalankan tugasnya sebagai seorang pemadam api, karena ia percaya teman-temannya akan membantu jika ia menghadapi kesulitan saat memadamkan api.


Mereka melawan api
Hadly Vavaldi

TERJEBAK | Bertarung di lahan gambut yang panas dan menyala tak hanya fisik dipertaruhkan. Nyawa para pemadam bahkan sering kali terancam. Kepungan asap yang membuat nafas sesak adalah yang sering kali dirasakan, bahkan para petugas pemadam kerap terjebak di areakebakaran. Pantaslah disebut bahwa upaya pemadaman api dari karhutla merupakan pekerjaan yang amat berbahaya.


FOTO LAINNYA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR