Kawin silang anjing jagoan

Di selatan Jawa Barat, ternak anjing petarung bisa menghasilkan banyak uang. Mengandalkan teknik kawin silang, lahirlah anjing berjenis terpit pemberani yang harganya mahal. Bukan cuma dijual untuk bertarung, anjing terpit juga kerap dicari sebagai anjing pemburu yang keberaniannya tak perlu diragukan.

Editor Foto :
Kawin silang anjing jagoan
Moch Bustomi

ANJING TERPIT | Sejak 2003, peternakan anjing silangan telah menjadi bisnis menggiurkan di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Menggunakan teknik kawin silang antara anjing pittbull dengan anjing kampung, lahirlah anjing terpit yang nyalinya tak perlu diragukan.


Kawin silang anjing jagoan
Moch Bustomi

INDUK TERPIT | Anjing terpit selalu dicari oleh para penggemar anjing aduan, terutama anjing yang lahir dari induk yang kerap memenangi pertarungan. Untuk mendapatkan anjing terpit yang lahir dari anjing pemberani, para penghobi kerap datang menyambangi peternakan dan menyimpan uang muka agar dapat langsung memiliki anjing jagoan.


Kawin silang anjing jagoan
Moch Bustomi

SEHAT DAN KUAT | Merawat anjing petarung bukan perkara mudah. Seperti petinju, anjing-anjing terpit aduan harus diajak berolahraga dan menghirup udara segar setiap paginya. Demi melakukan itu banyak peternak anjing memakai jasa joki pelari yang bisa menandingi anjing terpit berjalan mencapai 5-10 kilometer jauhnya. Agar anjing-anjing petarung itu sehat dan kuat, para peternak pun memberi asupan gizi yang lumayan mahal harganya.


Kawin silang anjing jagoan
Moch Bustomi

BIAYA TINGGI | Harga anjing terpit dengan usia 2-3 bulan bisa mencapai Rp3 juta. Sedangkan anjing terpit usia dewasa bisa mencapai Rp15 juta per ekornya. Biaya perawatannya pun cukup tinggi. Dalam sehari saja peternak terpit bisa mengeluarkan uang sebesar Rp35 ribu hingga Rp75 ribu per ekornya.


Kawin silang anjing jagoan
Moch Bustomi

PETERNAK | Indera Adhwira sudah dari tahun 2003 beternak anjing terpit. Anjing hasil ternaknya dikenal amat kuat dan berani. Setiap hari ia memberi makan anjing terpitnya nasi ayam tiren (mati kemarin), telur bebek dan obat penambah gizi.


Kawin silang anjing jagoan
Moch Bustomi

PEMBURU BABI | Indera yang dikenal juga dengan panggilan Haji Boim awalnya hanya memelihara hewan pemburu itu untuk menjaga usahanya. Tapi keberadaan adu bagong di Tasik yang kala itu naik daun membuat ia berganti haluan menjadi peternak anjing terpit aduan. Hasil ternaknya kerap dikenal dengan sebutan anjing Tasik. Tak hanya dijual di kota-kota yang berada di selatan Jawa Barat, anjing hasil ternak Indera juga dijual sampai ke Padang, Sumatra Barat. Bukan sebagai anjing aduan , anjing-anjing ternak Indera di sana dijadikan anjing pemburu babi hutan.


Kawin silang anjing jagoan
Moch Bustomi

ANJING PEMBURU | Anjing Tasik sudah sejak lama dikenal sebagai anjing pemberani. Bukan cuma saat bertarung, anjing persilangan itu juga mahir dalam urusan berburu babi di dalam hutan. Karenanya di Padang, harga anjing-anjing asal Tasik ini memiliki nilai jual hingga puluhan juta rupiah harganya.


Kawin silang anjing jagoan
Moch Bustomi

TRADISI LAMA | Bagi masyarakat Nusantara, keberadaan anjing pemburu sudah sejak zaman dulu ada. Dalam perburuan itu, anjing selalu bertarung dengan babi yang dikejarnya. Perburuan memang telah menjadi bagian dari budaya Nusantara, karenanya sebagian orang menyebut perburuan dan adu anjing melawan babi adalah warisan tradisi yang telah lama ada.


Kawin silang anjing jagoan
Moch Bustomi

SEPERTI MANUSIA | Dalam memperlakukan anjing, para peternak dan pemilik anjing mengibaratkan peliharaannya seperti manusia. Ketika akan bertarung di arena, para peternak dan pemilik anjing kerap mengajak anjingnya bicara. Bukan lagi sebuah kebiasaan, hal itu dilakukan karena mereka percaya bahwa anjing peliharaannya paham dengan apa yang diucapkan.


Kawin silang anjing jagoan
Moch Bustomi

BIBIT UNGGUL | Setiap kali melewati sebuah pertarungan, anjing terpit aduan selalu saja keluar arena membawa luka. Jika sudah begitu, para pemilik anjing terpit akan merawat hingga hewan- peliharaannya itu kembali bugar seperti sedia kala. Di setiap adu anjing dengan bagong, anjing-anjing terpit baru kerap muncul menjadi jagoan arena. Dan jika benar, anjing terpit juara akan menjadi primadona dan bibit unggul pada bisnis peternakan.


FOTO LAINNYA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR