Semangat pengabar erupsi

Erupsi Gunung Sinabung yang masih kerap berlangsung tak membuat Sarianto Sembiring pergi. Sampai hari ini, pria berusia 44 tahun itu kerap menjadi saksi ketika Sinabung unjuk erupsi. Sarianto sejatinya hanyalah seorang pemilik warung kecil di Tiga Pancur, Karo, Sumatra Utara, letaknya tepat di kaki Gunung Sinabung, namun kini profesinya bertambah satu lagi. Menjadi pengabar erupsi.

Editor Foto :
Semangat pengabar erupsi
Andri Ginting

AKRAB | Sarianto Sembiring sudah sangat akrab dengan Gunung Sinabung, ia pun tahu benar kelakuan gunung itu sampai saat ini. Maklum tempat tinggalnya berhadapan langsung dengan gunung yang pada September 2010 mulai unjuk erupsi. Tak mau berdiam menjadi pengungsi, ia sempat menjadi bagian dari tim evakuasi. Dan saat ini untuk mengisi pundi-pundi rezeki, Sarianto membuka warung kopi.


Semangat pengabar erupsi
Andri Ginting

WARUNG | Sarianto membuka warung kopi dan makanan dirumahnya yang hanya berjarak 6 km dari puncak gunung. Lokasinya yang strategis karena dapat langsung melihat gunung membuat para pewarta yang kebanyakan wartawan foto menjadikan warungnya sebagai tempat memantau erupsi Gunung Sinabung.


Semangat pengabar erupsi
Andri Ginting

RUMAH KEDUA | Pada 2014, warungnya yang hanya berbahan baku kayu sempat ambruk akibat diterjang angin dan debu vulkanik yang datang dari puncak Gunung Sinabung. Padahal di warung itu istri dan anaknya juga bernaung. Beruntung ia tak hanya memiliki tabungan, kawan-kawan pewarta yang tahu bahwa 'rumah kedua' mereka hancur pun akhirnya turut membantu.


Semangat pengabar erupsi
Andri Ginting

ILMU BARU | Hubungan Sarianto dengan para pewarta foto terjalin baik sejak Sinabung meletus.Tidak cuma sekedar berteman, seringnya beinteraksi dengan para kuli gambar membuat Sarianto mendapat ilmu baru. Ia pun kerap membagikan fotonya di grup Whats App yang beranggotakan para pewarta yang peduli akan perkembangan Sinabung.


Semangat pengabar erupsi
Andri Ginting

FOTOGRAFI | Terkesima dengan hasil kerja para pewarta foto yang dikenalnya membuat ia berambisi untuk belajar fotografi. Sarianto cukup cepat dalam mempelajari ilmu barunya itu.


Semangat pengabar erupsi
Andri Ginting

PUBLIKASI | Dengan usahanya, hasil karya foto Sarianto Sembiring yang menggambarkan aktivitas Gunung Sinabung sering menjadi bahan publikasi di sejumlah media. Tak cuma dalam negeri, kantor berita luar negeri pun menjadi kolamnya untuk unjuk eksistensi. Dia mengaku senang karya fotonya kini menjadi lebih baik, dan bermanfaat bagi banyak orang.


Semangat pengabar erupsi
Andri Ginting

SUPIR | Selain menjadi pemilik warung, Sarianto Sembiring juga bekerja sebagai supir Dump Truk. Dia berkeliling dari desa sekitar gunung Sinabung hingga ke kota untuk mengantarkan sejumlah material seperti pasir, batu dan apa saja yang diorder kepadanya. Itu ia lakukan agar dapat menyokong perekonomian keluarga serta menyiapkan tabungan untuk masa depan anak-anaknya.


Semangat pengabar erupsi
Andri Ginting

PEMBAJAKAN | Perjuangan Sarianto sebagai pewarta dadakan yang selalu mengabarkan kondisi Gunung Sinabung mendapatkan banyak cobaan. Pada 2014, fotonya yang dikirimkan ke grup whattApp dipakai tanpa ijin oleh oknum wartawan cetak yang ada di Medan. Akibat pembajakan karya itu ia mendapatkan kamera DSLR sebagai ganti rugi atas pemakaian foto tersebut.


Semangat pengabar erupsi
Andri Ginting

BAWA KAMERA | Kemana-mana Sarianto selalu membawa kamera. Ketika sedang mengendarai truk, ia sering berhenti ketika melihat Gunung Sinabung unjuk diri.


Semangat pengabar erupsi
Andri Ginting

KERJA KERAS | Bagi Sarianto Sembiring, tinggal di lereng Gunung Sinabung saat ini, memang menimbulkan rasa cemas. Tapi laki-laki bermarga Sembiring ini selalu mempunyai pemikiran bahwa aktivitas Gunung Sinabung yang belum berhenti sampai saat ini bukanlah halangan untuk membangun kehidupan yang lebih baik lagi. Baginya, ketakutan berlebihan tidak akan mengubah keadaan. Dan hidup di sekitar kaki Sinabung hanya butuh waspada, peduli, serta kerja keras agar tak mati.


FOTO LAINNYA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR