Teknokrat sejati dalam foto hitam putih

Presiden ke-3 Republik Indonesia Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia kemarin di Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019. Dikenal sebagai pemimpin yang menjunjung tinggi demokrasi, ia juga seorang teknokrat sejati dan sosoknya begitu dikagumi. Ini adalah foto hitam putih untuk mengenang dia yang pergi.

Editor Foto :
Teknokrat sejati dalam foto hitam putih
Gerry Penny /EPA/Pool

PERGI | Teknokrat, negarawan sejati, suami yang begitu mencintai istrinya itu kemarin pergi. Gagal jantung dan usia yang menua membuatnya menyerah, setidaknya itu yang disampaikan oleh sang putra, Thareq Kemal Habibie sesaat setelah mantan Presiden ke-3 RI itu dinyatakan meninggal di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Pada foto, Presiden B.J. Habibie melambaikan tangan pada wartawan dalam pertemuan Asia Europe Meeting (ASEM )di London, Inggris, 3 April 1998.


Teknokrat sejati dalam foto hitam putih
Muhamad Adimaja /Antara Foto

MR CRACK | Warisannya untuk Indonesia yang dicintai melekat pada bangsa ini. Sejarah dirgantara mencatat pesawat CN 235 adalah satu karya terbaiknya. Dan tak cuma itu saja, ia pun menyumbangkan sebuah teori yang dikenal progression crack theory atau teori keretakan yang berpengaruh dalam pengembangan industri pesawat dunia. Pada foto Habibie menunjukkan fotonya di depan CN 235 di pameran foto 'Cinta Sang Inspirator Bangsa Kepada Negeri' di Museum Bank Mandiri, Jakarta, Minggu, 24 Juli 2016.


Teknokrat sejati dalam foto hitam putih
/Antara Foto

DEMOKRASI MAJU | Habibie menghabiskan masa mudanya bersekolah di Jerman. Crack Theory membuat namanya begitu dikenal. Dua tokoh besar dari Partai Sosial Demokrat Jerman yang juga menjadi kanselir di negeri itu , Helmut Schmidt dan Helmut Kohl adalah karibnya. Persahabatan dengan keduanya membuat Habibie menjadi orang yang mengusung perubahan budaya demokrasi yang maju dalam panggung politik indonesia. Dalam foto, Habibie menunjukkan hasil produksi IPTN kepada Menteri Perdagangan dan Industri Finlandia Esko Ollila di Jakarta, 26 Januari 1983.


Teknokrat sejati dalam foto hitam putih
Jaka Sugiyanta /Antara Foto

IPTN | Pada 1976, Habibie memimpin Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN). Ia menggantikan Nurtanio Pringgoadisurjo. Sejak kepemimpinannya, Habibie mengembangkan sejumlah teknologi dan menjalin kerja sama dengan negara lain dalam memproduksi sejumlah pesawat terbang, seperti CN235 (diproduksi massal tahun 1983), N250, dan N2130.


Teknokrat sejati dalam foto hitam putih
Audy Alwi /Antara Foto

KARIR | Sebelum menjadi Presiden ke-3 RI, Habibie terlebih dahulu menjadi Menteri Riset dan Teknologi, jabatan itu ia jalani sejak 1978 hingga 1998. Setelahnya ia ditunjuk sebagai Wakil Presiden ke-7 RI, hingga kemudian ia disumpah menggantikan Presiden Soeharto yang mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Pada foto, Presiden B.J. Habibie tersenyum pada anggota DPR setelah menyampaikan pidatonya tentang RAPBN, di hadapan para anggota MPR/DPR, di Jakarta, Senin, 4 Januari 1999.


Teknokrat sejati dalam foto hitam putih
Ismar Patrizki /Antara Foto

MENOLAK | Suami dari Hasri Ainun Besari melepas jabatan Presiden RI pada 20 Oktober 1999. Dipicu oleh pemberian referendum Timor-Timur, laporan pertanggung jawabannya ditolak DPR. Saat itu, sebelum ia melepaskan jabatannya , Habibie memberikan kesempatan bangsa ini untuk memilih kembali presiden selanjutnya, dan Habibie menolak untuk dicalonkan lagi. Ia beralasaningin fokus merawat keluarganya, terutama sang istri yang disayangi. Pada foto, Habibie ditemani sang istri Ainun memberikan keterangan kepada wartawan usai menjenguk mantan presiden Soeharto di RSPP, Jakarta, Selasa, 15 Januari 2008.


Teknokrat sejati dalam foto hitam putih
Rivan Awal Lingga /Antara Foto

PUSARA ISTRI | Hasri Ainun Besari atau dikenal juga dengan Ainun Habibie adalah istri yang amat ia sayangi. Pada 22 Mei 2010 wanita yang dicintainya itu terlebih dahulu dipanggil Illahi. Kepergian Ainun yang wafat di Jerman karena sakit adalah pukulan. Dan demi wanita yang dicintainya itu, Habibie rela setiap Jumat menyambangi pusara sang istri.


Teknokrat sejati dalam foto hitam putih
Adi Weda /EPA/Pool

DEKAT | Sejak muda Habibie adalah warga dunia, pergaulannya yang luas tetap membuat ia rendah hati. Anwar Ibrahim yang dikenal sebagai tokoh oposisi di Malaysia mengaku amat dekat dengannya. Dan ia berkisah bagaimana jalinan persahabatannya dengan Habibie terbangun di Jerman kala ia baru bebas dari penjara. Ketika Anwar Ibrahim harus menjalani perawatan di Jerman karena sakit, Anwar menyebut Habibie dan Ainun adalah orang yang menjaga dan merawatnya. Dari pertautan itu hubungan keluarga mereka pun dekat layaknya saudara. Tampak Habibie bersama Anwar Ibrahim berpelukan ketika anwar mengunjungi rumahnya di Kuningan Jakarta, 20 Mei 2018.


Teknokrat sejati dalam foto hitam putih
Yudi Mahathma /Antara Foto

UNTUK JOKOWI | Bagi Presiden Joko Widodo, Bacharuddin Jusuf Habibie bukan cuma guru bangsa, ia juga ilmuwan kelas dunia dan bapak teknologi Indonesia. Berkali-kali Habibie diundang ke Istana Negara, dan ia menyarankan agar Jokowi memperhatikan pendidikan dan pembudayaan bagi generasi Indonesia saat ini,juga bagi generasi mendatang. Dalam foto Habibie menjelaskan industri penerbangan nasional kepada Presiden Jokowi pada pameran National Innovation Forum 2015 di Puspiptek, Serpong, Tangerang, Senin, 13 April 2015.


Teknokrat sejati dalam foto hitam putih
Sigid Kurniawan /Antara Foto

DI HATI | Hari ini Presiden ke-3 RI B.J. Habibie memang telah pergi, tapi namanya, warisannya, dan senyumnya tetap melekat di hati. Selamat jalan Sang Teknorat. Selamat menjumpai Cinta Sejati.


FOTO LAINNYA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR