1 + 1 = ? Tolong ambilkan kalkulator!

Orang-orang yang kurang senang berpikir sendiri biasanya cenderung menerima begitu saja apa yang orang lain katakan. Mereka memerlukan kalkulator untuk menjawab berapa 1 + 1. Pada waktu-waktu tertentu mereka mudah digerakkan oleh kepentingan politik.

Ging

Semua teman mengatakan 54 terlalu cepat dan saya juga merasa begitu. Saya masih ingin bertukar kabar sampai setua tubuh kita mengizinkan. Tapi kau telanjur pergi dan saya menuliskan ingatan-ingatan ini dengan air mata yang tak terbendung.

Risalah tentang iblis dan orang suci yang terjerumus

Buku itu ditulis oleh Malachi Melech, yang ingin menunjukkan bahwa hal krusial yang membuat orang-orang beriman sering tersesat adalah mereka berpikir sedang mengikuti perintah Tuhan, padahal sesungguhnya mereka mengikuti bisikan Iblis.

Melawan hoaks dengan sastra

Sekarang, sambil menanti lahirnya sastra perlawanan yang benar-benar ampuh, saya pikir agenda terpenting kita adalah menumbuhkan perangai ilmiah atau scientific temper.

Teknik membaca cerita pendek

Orang-orang dari fakultas sastra mungkin bisa menjelaskan hubungan antara bagus sekali ceritanya dan tidak sastra-sastra amat, atau sebuah novel yang “tidak sastra-sastra amat” itu artinya “bagus sekali”.

Membaca ''Love Letters from a Father''

Cerita yang baik membuat pikiran kita nyaman menerimanya; ia seperti perahu Nuh yang sanggup mengangkut semua isi kehidupan—sains, matematika, bahasa, dan sebagainya, selain nilai-nilai—dan menanamkannya ke benak para pembelajar.

Tiga pelajaran dari Ratna Sarumpaet

Ratna sudah meminta maaf untuk kebohongannya, yang ia akui ditujukan kepada anak-anak tetapi kemudian disiarkan luas oleh para politisi. Jika ada kasus lain, biarlah polisi menanganinya tanpa ada tekanan publik.

Tentang misteri dan hal-hal mubazir

Untuk apa kita mengarahkan perhatian pada Jokowi dan Prabowo dan K.H. Ma’ruf Amin? Orang-orang itulah yang seharusnya memberi perhatian pada orang banyak, bukan orang banyak memberikan perhatian kepada mereka.

Alia dari Basra

Sebagian orang di lingkungan tempat tinggalnya memang menganggap Alia juga seorang penjarah, sama dengan banyak orang lain yang mengambil keuntungan dalam situasi perang, hanya saja ia tidak menjarah barang berharga.

Melawan takhayul dengan Scientific Temper

Namun tantangan terbesar bagi para penyeru scientific temperdi negara itu barangkali adalah kemiskinan. Bagi orang-orang yang melaratnya keterlaluan, masalah sehari-hari—apa pun bentuknya—mungkin sudah menjadi terlampau sulit untuk diatasi dengan pikiran.

Sehari dalam kehidupan Orang Baduy

Hidup, bagi orang-orang Baduy, adalah mempertahankan segala sesuatu tetap seperti semula, seperti pada masa Nabi Adam diturunkan, sebab mereka meyakini sebagai keturunan Nabi Adam.

1 dari 3 halaman