Sehari dalam kehidupan Orang Baduy

Hidup, bagi orang-orang Baduy, adalah mempertahankan segala sesuatu tetap seperti semula, seperti pada masa Nabi Adam diturunkan, sebab mereka meyakini sebagai keturunan Nabi Adam.

Toleransi = Nol

Kerukunan antarumat beragama yang dulu pernah menjadi narasi utama kini terdengar sebagai rintihan sayup-sayup dan tampaknya mustahil diwujudkan.

Hoax: menyenangkan dan berguna

Media sosial sama dengan tombak dan pisau dapur. Ia tidak diciptakan sebagai peralatan perang, tetapi manusia menggunakannya sebagai alat perang juga.

Warisan Leluhur

Toleran adalah sikap yang baik dan perlu diajarkan kepada manusia sedini mungkin. Bahkan sekiranya ia bukan warisan leluhur, sikap toleran tetap perlu diajarkan.

Otak manusia penjahat

Sampai sekarang orang masih terus berusaha menemukan ciri-ciri khusus yang membedakan para pelaku kejahatan dan manusia biasa-biasa saja.

Melihat hantu di tahun baru

Karena revolusi mental yang dijanjikan oleh Presiden Jokowi adalah janji yang gagal dipenuhi, kita akan memasuki masa kampanye 2019 dengan mental yang sama.

Orang-orang Finlandia

Saya keluarkan rokok kretek dari saku. Ia melolos sebatang dan mengacungkannya kepada si orang tua di bangku seberang : "Pak Tua! Ini tembakau Indonesia!"

Latar belakang: Kebencian

Para pembenci sesungguhnya tidak peduli fakta. Mereka hanya peduli pada kebencian mereka sendiri dan delusi yang mereka kembangkan.

1 dari 2 halaman